Home » Strategi Bisnis » Tips Membuat Slogan untuk Bisnis Ayam Geprek

Tips Membuat Slogan untuk Bisnis Ayam Geprek

Slogan merupakan elemen yang sama pentingnya seperti logo. Karena sama seperti logo, slogan juga merupakan elemen yang nantinya akan ‘berinteraksi’ langsung dengan pembeli. Untuk yang sedang mencari slogan bisnis ayam geprek, di sini kami akan coba paparkan tips membuat slogan yang kreatif.

Membuat slogan tidak boleh asal-asalan. Kamu harus memperhatikan aspek keunikan dan sentuhan kreatif dari slogan yang akan kamu buat. Itulah kenapa, kamu harus mengetahui tips membuatnya agar slogan bisnis ayam geprek kamu menarik dan mudah diingat.

Mengapa Slogan Penting untuk Bisnis Ayam Geprek?

Pertama-tama kami akan membahas hal fundamental terlebih dahulu, yaitu fungsi dari slogan itu sendiri. Tujuannya yaitu agar kamu benar-benar mengenal apa saja fungsi-fungsinya sehingga bisa lebih aware terhadap elemen tersebut.

Berikut sudah kami rangkum apa saja fungsi-fungsinya yang juga menjadi kelebihan dari slogan untuk bisnis ayam geprek milikmu.

Sebagai Identitas Brand Ayam Geprek Kamu

Identitas tidak hanya ditunjukkan oleh logo perusahaan saja. Keberadaan slogan pada suatu usaha juga menjadi identitas untuk bisnis yang sedang kamu jalankan. Slogan yang menarik akan diingat oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan.

Selain harus menarik, pembuatan slogan juga harus bersifat jujur dan juga relevan dengan usaha yang kamu jalankan.

Memuat Visi dan Misi Perusahaan

Slogan tidak hanya sebagai bentuk identitas bisnis yang kamu jalankan, tapi juga memiliki informasi tentang misi dan visi perusahaan. Artinya, slogan kamu bisa dijadikan sebagai informasi untuk memberitahu visi misi yang sedang kamu jalankan.

Meski memuat informasi visi dan misi, bukan berarti slogan yang kamu buat harus panjang. Kamu tetap harus membuatnya seringkas mungkin.

Menunjukkan Komitmen dan Keunggulan Produk

Slogan bisa membantu bisnis kamu lebih unggul dengan membuat kata-kata yang menarik. Slogan juga bisa kamu manfaatkan sebagai media untuk menunjukkan komitmen dan keunggulan produk.

Tips Membuat Slogan untuk Bisnis Ayam Geprek

Setelah mengenal fungsinya, kami jelaskan tips agar slogan yang kamu buat lebih kreatif dan menarik. Berikut rangkuman informasinya.

Buat Slogan yang Terdengar Berirama dan Menarik

Salah satu kunci membuat slogan unik dan mudah diingat yaitu membuatnya terdengar menarik dan berirama. Contohnya jenis slogan yang menggunakan nama brand lalu diikuti dengan kata yang senada.

Contoh slogan yang kami maksud disini yaitu seperti slogan lama milik Motorola yang berbunyi “Hello Moto”. Meskipun singkat, jika kita perhatikan secara seksama memiliki makna yang cukup luas.

Kata “Hello” merupakan kata sapaan ketika kita melakukan panggilan menggunakan telepon. Di sisi lain, Motorola adalah sebuah brand telepon seluler yang populer pada masanya. Sedangkan “Moto” menggambarkan Motorola sebagai brand itu sendiri.

Menekankan Keunggulan Produk

Sebagai pemilik bisnis, pasti kamu tahu apa yang menjadi keunggulan produk ayam geprek yang kamu pasarkan. Coba perhatikan secara seksama apa yang menjadi keunggulan bisnis kamu. Jika perlu, buatlah catatan tentang apa saja yang menjadi keunggulan bisnis milikmu.

Menonjolkan keunggulan produk pada slogan akan membuat calon customer terkesan. Selain itu, hanya dari membaca slogan saja, mereka sudah tahu apa yang kamu tawarkan dan keunggulannya.

Sebagai contoh, coba kamu perhatikan slogan dari Mercedes Benz berikut, “Engineered like no other car di the world”. Slogannya mampu menggambarkan keunggulan produk pabrikan mobil asal Jerman tersebut.

Membuat Slogan Berdasarkan Komitmen Perusahaan

Tips membuat slogan berikutnya yaitu dengan mengedepankan komitmen perusahaan kepada pelanggan. Contoh komitmen yang kami maksud seperti layanan pelanggan, jaminan produk yang terjamin kelezatannya, dan sebagainya.

Saat ini ada banyak perusahaan ayam geprek di tanah air. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena slogan bisa memberitahu customer keunggulan produk kamu yang tidak dimiliki oleh produk ayam geprek yang lain.

Buat Slogan yang Merefleksikan Kepribadian Produk

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, slogan juga harus memuat informasi yang jujur. Contohnya membuat slogan yang merefleksikan kepribadian produk kamu secara jujur kepada pelanggan.

Jangan terlalu berlebihan dalam membuat slogan. Yang terpenting yaitu kejujuran yang kamu informasikan di dalamnya. Contoh slogan yang berlebihan seperti “Ayam Geprek Kami yang Terbaik”, atau “Kami adalah Nomor 1”, dan sejenisnya.

Produk kamu memang mungkin sudah menjadi yang terbaik. Namun sebaiknya hindari membuat slogan yang berlebihan semacam ini. Buatlah slogan yang realistis namun tetap menonjolkan keunggulan produk milikmu.

Buat Slogan Singkat dan Mudah Diingat

Semakin singkat slogan yang kamu buat, maka akan semakin mudah untuk diingat oleh banyak orang. Hindari kalimat panjang dan juga membingungkan. Buat slogan pendek yang langsung bisa orang ‘tangkap’ maksudnya.

Beberapa slogan yang populer sudah kami paparkan sebelumnya. Untuk menambah contoh lainnya, kamu bisa menggunakan slogan singkat dan padat milik Sony yaitu “It’s a Sony” atau “Think Different” dari Apple. Singkat dan mudah dipahami bukan?

Meskipun singkat, namun bisa kita perhatikan bahwa maknanya cukup luas. Contohnya “Think Different” milik Apple yang selaras dengan keunggulan produk-produknya yang selalu beda dan inovatif.

Silakan kamu aplikasikan salah satu atau beberapa tips membuat slogan di atas agar bisa menemukan kata yang paling tepat. Selamat mencoba.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​