Home » Strategi Bisnis » Ingin Tahu Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Camilan? Cek Di Sini

Ingin Tahu Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Camilan? Cek Di Sini

Membuka cabang baru untuk bisnis cemilan kamu merupakan sebuah pencapaian yang besar. Ini menjadi pertanda bila kamu telah berhasil mengembangkan usaha tersebut, mempunyai basis pelanggan tetap, serta mampu mengelola keuangan dengan baik. Namun, penting untuk diketahui cara mengembangkan cabang bisnis dan menemukan lokasi yang tepat sebelum melangkah.

Melalui ulasan ini, kamu akan mendapatkan langkah-langkahnya. 

Cari Tahu Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Cemilan

Ketika ingin membuka cabang baru dari bisnis cemilan, kamu perlu merencanakan dengan matang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuka lokasi kedua, antara lain: 

Buat Bisnis Plan dengan Hati-hati

Rencana bisnis perlu dibuat dengan detail serta matang. Dalam membuat ini, kamu dapat menggunakan dua metode yaitu Lean Startup dan Perencanaan Tradisional. 

Pilih metode yang dirasa paling tepat untuk bisnis kamu. Kemudian, ikuti alur dari perencanaan yang dipilih tersebut. Dari sini, kamu akan terbantu dalam melihat potensi pertumbuhan bisnis di cabang serta mendeteksi jika ada masalah sejak dini. 

Evaluasi Pasar

Keinginan, niat, dan insting untuk membuka cabang baru bisnis cemilan tidak akan cukup. Kamu juga perlu melakukan riset dan evaluasi pasar. Riset ini harus melingkupi faktor internal serta eksternal yang nantinya bisa mempengaruhi bisnis. 

Faktor internal mencakup modal yang akan dipakai maupun dana persediaannya. Pastikan kamu sudah mempunyai strategi dan perencanaan investasi kedepan yang tepat. 

Faktor eksternal dapat mencakup analisis terhadap persaingan dan mengetahui strategi pemasaran dari para kompetitor di area yang sama. Mengetahui kondisi di sekitar lokasi cabang baru juga masuk dalam faktor ini. 

Gunakan Metode yang sama untuk Memilih Lokasi Kedua 

Bila bisnis kamu yang sekarang berhasil berkembang, tandanya kamu berhasil memilih lokasi yang tepat. Maka, gunakan metode yang dulu digunakan saat memilih lokasi untuk mengembangkan toko utama bisnis kamu. 

Tiap-tiap lokasi bisnis akan memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, kamu perlu membuat daftar dari lokasi-lokasi yang dinilai potensial untuk dijadikan tempat cabang kedua. 

Kemudian, lakukan penelitian pasar untuk mendapatkan tempat yang paling potensial, sempurna, dan terbaik demi kesuksesan dalam mengembangkan cabang baru di bisnis cemilan. Pastikan lokasi tersebut juga sesuai dengan budget yang dimiliki. 

Dalam evaluasi pasar, kamu dapat melakukan wawancara dengan konsumen lokal dan meminta mereka untuk melakukan uji produk dari cemilan kamu. Dari situ, kamu akan memperoleh hasil valid tentang kesesuaian produk dengan pelanggan di sekitar toko. 

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam riset pasar adalah meninjau peraturan zonasi, pajak, perizinan, atau bahkan hal-hal tidak terduga seperti adanya penjaga di wilayah tersebut. 

Siapkan Sistem Akuntansi

Semakin besar usaha yang dibangun, semakin mudah pula dalam membuat kesalahan. Maka, siapkan sistem keuangan yang dapat membantu mengatur kas dan membuat alokasi budget dengan tepat untuk toko utama dan cabang kedua. 

Agar kas keuangan tetap teratur, pisahkan catatan pendapatan dan pengeluaran dari tiap-tiap lokasi toko sehingga kamu dapat mengetahui kinerja dari masing-masing toko. 

Pastikan sistem akuntansi yang digunakan memiliki fitur-fitur untuk melacak transaksi, memberi laporan keuangan yang detail, menampilkan analisis laba rugi, serta terdapat fitur inventarisasi untuk pencatatan barang-barang yang ada di tiap-tiap toko. 

Pastikan sudah ada Modal untuk Lokasi Bisnis Kedua

Untuk menjalankan bisnis, tentu dibutuhkan modal. Begitu pula ketika ingin mengembangkan cabang kedua. Maka, pastikan sudah ada modal yang disiapkan untuk membuka cabang ini. 

Agar lebih mudah dalam mengetahui nominal yang dibutuhkan untuk modal, kamu harus membuat daftar pengeluaran untuk membuka cabang. Mulai dari uang sewa gedung, pembelian perabot yang dibutuhkan, hingga biaya produksi dan pemasaran. 

Periksa kembali semua catatan dan pastikan biaya-biaya tersembunyi atau tidak terduga sudah dimasukkan. Kemudian, cek totalnya dan bandingkan dengan modal yang ada. 

Bila modal tidak mencukupi, mungkin kamu harus mencari modal lagi dari luar, seperti mengajukan pinjaman, crowdfunding, atau hal lainnya. 

Ketika sudah memutuskan untuk membuka cabang baru, pastikan kamu sudah punya rencana yang terperinci hingga ke bagian terkecilnya. 

Sudah Siap Mengembangkan Cabang Baru? 

Bisnis cemilan memang tidak akan ada matinya, sebab produk ini banyak dibutuhkan dan disukai oleh masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, suka dengan makanan ringan. Maka, ketika kamu sudah memiliki perencanaan yang terperinci untuk membuka cabang baru, segera eksekusi. 

Selain kelima cara dalam mengembangkan usaha cemilan tersebut, kamu juga harus memastikan memiliki sumber daya manusia yang cukup untuk mengelola di toko pertama dan kedua. Tanpa itu, cabang akan menjadi berantakan lantaran tidak ada pengelolanya. Pertimbangkan juga untuk bagian pemasaran di toko cabang dengan memanfaatkan segala aspek, baik pemasaran tradisional maupun digital marketing

Jadi, buat kamu yang ingin membuka cabang, gunakan cara mengembangkan cabang bisnis tersebut, ya. Semoga berhasil.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​