Home » Strategi Bisnis » Mitigasi Risiko dalam Bisnis Camilan, Begini Caranya!

Mitigasi Risiko dalam Bisnis Camilan, Begini Caranya!

Apakah yang dimaksud dengan mitigasi risiko bisnis, dan bagaimana mengatur mitigasi risiko tersebut pada sebuah bisnis camilan?

Apakah kamu pernah membeli jasa asuransi?

Baik itu asuransi kendaraan, asuransi kesehatan, atau asuransi jiwa. Kamu diharuskan membayar iuran sebagai premi, dan jika nanti kamu mengalami kecelakaan, maka pihak asuransi akan membayar semua tagihan yang timbul akibat kecelakaan tersebut.

Kamu membayar iuran asuransi, dan pihak asuransi akan melindungimu dengan membayar semua tagihan dan mengganti kerugian yang timbul.

Nah, itulah adalah suatu bentuk mitigasi risiko.

Lalu, apakah konsep mitigasi risiko tersebut bisa diaplikasikan dalam menjalankan sebuah bisnis, seperti bisnis camilan?

Mitigasi Risiko dalam Menjalankan Bisnis Camilan

Betul, mitigasi risiko pun dapat diaplikasikan untuk menjalankan sebuah bisnis.

Baik pada bisnis skala kecil, maupun yang berskala besar.

Mitigasi risiko dapat melindungi bisnis kamu dari masalah yang berpotensi membuat bisnismu mengalami kerugian yang besar.

Nah, untuk lebih jelasnya, silakan disimak ulasan singkatnya berikut ini.


Apa itu Mitigasi Risiko?

Mitigasi risiko adalah strategi yang didesain khusus untuk mempersiapkan, serta mengurangi dampak dari suatu kejadian yang berpotensi merugikan atau membahayakan pemilik risiko.

Dalam hal ini, pemilik risiko adalah bisnis camilan itu sendiri.

Proses dalam mitigasi risiko umumnya meliputi pembuatan rencana yang matang untuk mengelola, menghilangkan, atau bahkan mengurangi resiko ke tingkat yang dapat diterima.

Selanjutnya, strategi tersebut akan terus dipantau pelaksanaannya, agar bisa segera dijalankan ketika ada hal yang berpotensi merugikan bisnis benar-benar terjadi.

Misalnya, di awal pandemi, hampir semua bisnis berbasis makanan terpaksa tutup, lantaran adanya larangan beroperasi dari pemerintah.

Nah, bila kamu ternyata sudah memiliki strategi mitigasi risiko, kamu dapat segera mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kerugian yang terjadi akibat larangan beroperasi tersebut.

Contohnya, mitigasi risiko milikmu sudah meliputi rencana dan prosedur untuk melaksanakan penjualan dan transaksi secara online, membuka layanan online delivery, dan lainnya.


Mengapa Kita Perlu Memitigasi Risiko?

Kenapa mitigasi risiko penting untuk dimiliki oleh sebuah bisnis?

Mitigasi ini penting untuk dilakukan agar sebuah bisnis dapat memperkirakan potensi masalah yang bisa terjadi, dan telah mempersiapkan solusi untuk mengatasinya.

Mitigasi juga dapat dijadikan sebagai poin penting untuk mendapatkan konsumen dan investor.

Semakin baik bisnismu dalam mengatasi sebuah masalah, akan semakin baik penilaian mereka terhadap bisnismu.

Misalnya, ada masalah kualitas pada produk yang diterima distributor.

Karena kamu sudah memperkirakan terjadinya masalah tersebut, kamu dapat dengan cepat mengirim pengganti produk yang bermasalah.


Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mitigasi risiko bisnis camilan

Dalam mitigasi risiko pada bisnis camilan, berikut adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan:

Rancangan strategi mitigasi risiko

Apa yang akan kamu lakukan untuk bisa bertahan di tengah penurunan atau lonjakan permintaan yang terjadi secara tiba-tiba?

Kamu perlu mempersiapkan rencana yang bisa segera dilaksanakan ketika terjadi hal-hal tersebut.

Diskusikanlah dengan tim yang kamu miliki, dan cari solusi terbaik yang bisa dilakukan.

Buatlah daftar bagian-bagian bisnis yang akan terkena dampak dari penurunan atau lonjakan permintaan tersebut, dan persiapkan juga rencana yang baik.

Dengan begitu, bisnismu sudah bisa lebih siap untuk menghadapi masalah penurunan dan lonjakan permintaan.

Penentuan cara mitigasi risiko

Terdapat empat cara untuk memitigasi sebuah risiko; Acceptance, Avoidance, Limitation, dan Transference.

Acceptance artinya menerima atau membiarkan risiko tersebut terjadi. Hal ini biasanya diterapkan saat risiko tersebut tidak berdampak besar jika terjadi, dan juga kecil kemungkinannya terjadi.

Avoidance berarti risiko tersebut harus dihindari dengan cara apapun. Jika terjadi, maka akan mengakibatkan kerugian yang berdampak besar pada perkembangan suatu bisnis.

Limitation adalah cara menangani risiko dengan menerima terjadinya risiko yang sebenarnya harus dihindari, namun sebisa mungkin bisnismu membuat batasan tertentu, agar dampak kerugiannya tidak terlalu besar.

Transference adalah memilih untuk memindahkan risiko kerugian dan tanggung jawab kepada pihak lain, dan membiarkan mereka yang mengelola risiko tersebut.

Pertimbangkan langkah mitigasi risiko dengan matang sebelum bertindak

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mitigasi risiko bisnis camilan selanjutnya adalah tindakan gegabah yang mungkin diambil pemilik bisnis ketika menghadapi masalah secara berurutan dan tidak terduga.

Sebagian besar usaha camilan pasti akan mengalami risiko yang signifikan.

Mulai dari camilan lama yang tidak terjual & menjadi tidak layak dimakan, manajemen keuangan yang tidak terkelola dengan baik, produk yang kondisinya rusak dalam perjalanan ke distributor, banyaknya keluhan dari konsumen, dan masih banyak lagi lainnya.

Ketika masalah tersebut datang bertubi-tubi, kamu sebagai seorang pimpinan sebaiknya tidak terburu-buru dan terlalu reaktif dalam bertindak.

Pertimbangkan secara matang semua keputusan bisnis yang akan dilaksanakan.

Diskusikan dengan tim terkait terlebih dahulu, dan bahaslah satu per satu apa langkah mitigasi risiko yang bisa dilakukan.


Apakah Bisnis Camilan Milikmu Sudah Memiliki Rencana Mitigasi Risiko?

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun dan melaksanakan mitigasi risiko pada bisnis camilan milikmu.

Mulai dari pemahaman awal, penyusunan mitigasi risiko, hingga ke penentuan klasifikasi risiko.

Perlu kamu ingat, masalah akan selalu ada sepanjang kamu menjalankan bisnis camilan. Namun, dengan adanya mitigasi risiko yang baik, kamu dapat mengatasi semua masalah tersebut dengan lebih mudah.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​