Home » Strategi-bisnis » 6 Tahap Membuat Konten TikTok pada Bisnis Fotografi

6 Tahap Membuat Konten TikTok pada Bisnis Fotografi

6 Tahap Membuat Konten TikTok pada Bisnis Fotografi

Bagaimana cara membuat konten TikTok yang menarik & unik untuk promosi sebuah bisnis fotografi?

TikTok merupakan salah satu media sosial yang sedang banyak masyarakat gandrungi sekarang ini.

Platform media sosial yang pertama kali rilis pada tahun 2016 ini, selain digunakan untuk membuat konten hiburan semata, nyatanya memiliki banyak manfaat lain untuk para penggunanya.

Selain itu, pembuatan konten di TikTok dalam bentuk video ini juga dapat memberikan beragam informasi terkini dari belahan dunia lain, hingga untuk mempromosikan sebuah bisnis.

Untuk bisa maksimal dalam penggunaannya, tentunya kamu harus paham terlebih dahulu perihal cara membuat konten di TikTok.

Namun sebelum itu, kamu perlu ketahui terlebih dahulu konten yang akan kamu buat ini kamu tujukan kepada siapa.

Seperti misalnya dalam bidang bisnis, kamu bisa gunakan platform TikTok untuk pengenalan produk, hingga tahap promosi yang bisnismu tujukan kepada calon konsumen atau klien.

Ini berlaku pada hampir setiap bisnis, loh. Termasuk pada bisnis fotografi yang mungkin sedang kamu rintis.

Bisnis fotografi merupakan bisnis yang tidak termakan usia. Malahan, bisnis ini semakin tahun semakin banyak orang perlukan sebab digitalisasi pada semua aspek kehidupan memerlukan visualisasi yang menarik.

Lebih lengkapnya, artikel ini akan membahas tentang tata cara membuat konten di TikTok untuk bisnis fotografi.


6 Tahap Membuat Konten TikTok pada Bisnis Fotografi

Konten yang bisa kamu buat di platform TikTok merupakan sebuah konten video dengan durasi yang bisa kamu tentukan lamanya.

Dalam bisnis, kamu perlu memutar otak sedemikian rupa agar dapat memanfaatkan platform media sosial ini dengan maksimal.

Pembuatan beragam konten ini perlu kamu lakukan selain agar tidak menampilkan konten yang monoton, juga menghindari kamu untuk membuat konten promosi secara terang-terangan.

Biasanya, konten seperti itu malah akan membuat calon konsumen atau klien yang menonton konten jenuh, dan merasa enggan, kemudian memilih mengabaikan.

Cara dan langkah yang bisa kamu perhatikan ketika hendak membuat konten TikTok untuk kepentingan bisnis, terutama bisnis fotografi adalah sebagai berikut.


1. Membuat akun TikTok

Langkah pertama dalam urutan cara membuat konten di TikTok adalah membuat akun terlebih dahulu.

Supaya bisa membuat konten dan mengunggahnya di platform media sosial TikTok ini, kamu sebaiknya memiliki akun bisnis TikTok sendiri.

Hal yang membedakan akun TikTok untuk content creator, dan akun TikTok bisnis yang para pemilik bisnis gunakan adalah dari fungsi dan beberapa fiturnya.

Akun bisnis di TikTok memiliki fitur untuk melakukan unique engagement solution, performance tracking, serta dapat mengetahui dengan mudah perihal konten yang relevan dan sedang tren.

Fitur tambahan tersebut berguna dan akan menguntungkan bagi para pemilik bisnis untuk mendapatkan jumlah views, komentar, dan likes pada setiap konten, dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness.

Kamu sangat bisa memanfaatkan platform ini untuk memperkenalkan bisnis fotografimu lebih luas lagi.


2. Mempelajari seluk beluk aplikasi TikTok

Setelah membuat akun, maka tahapan selanjutnya agar kamu bisa membuat konten untuk bisnis fotografimu, yaitu mempelajari masing-masing dari fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut.

Ketahui masing-masing fitur, cara menggunakan, hingga tujuan dari fitur tersebut, sehingga ketika nantinya akan digunakan kamu tidak lagi salah langkah.


3. Menentukan jenis konten

Setelah mahir dalam menggunakan aplikasi, maka kamu sudah mulai bisa untuk membuat konten.

Untuk bisnis fotografi, terdapat beberapa rekomendasi konten yang bisa kamu buat agar kontennya tidak monoton, beberapa ide konten yang bisa kamu gunakan, yaitu:

  • Membuat company profile. Pertama, sebagai perkenalan, kamu bisa membuat konten tentang seluk-beluk perusahaan atau bisnis milikmu. Masukkan informasi yang menurutmu konsumen perlu ketahui perihal bisnis fotografimu.
  • Konten katalog. Konten selanjutnya yang bisa kamu buat adalah dengan membuat video dengan durasi secukupnya, yang memberi penjelasan soal beragam jenis layanan yang tersedia di bisnis fotografi milikmu.
  • Konten behind the scene. Konsumen atau klien yang suka akan hasil fotomu tentunya juga akan tertarik untuk mengetahui bagaimana proses pembuatannya. Kamu bisa membuat konten berisikan behind the scene dari pengambilan gambar tersebut.
  • Video tutorial. Kamu juga bisa membuat video tutorial pengambilan gambar agar dapat memikat orang lain untuk menggunakan jasamu.
  • Ulasan atau review. Berikutnya, kamu juga bisa membuat konten yang berisikan kumpulan momen atas ulasan dari para konsumen atau klien yang sudah pernah bekerja sama dengan bisnis fotografimu.
  • Promosi. Kamu pun perlu membuat konten yang berisikan video promosi dan ajakan untuk menggunakan jasa bisnis fotografimu. Masukkan juga informasi penawaran-penawaran menarik yang bisnismu sediakan.

4. Memanfaatkan fitur TikTok

Cara membuat konten di TikTok agar menarik berikutnya, yaitu dengan memanfaatkan beragam fitur yang ada.

Gunakan fitur mulai dari hashtag, musik atau suara yang sedang menjadi tren, serta menggunakan effect yang tersedia.

Hal ini perlu kamu lakukan agar konten yang sudah kamu buat lebih menarik, dan dapat dijangkau dengan lebih mudah oleh calon konsumen atau klienmu.


5. Melakukan kolaborasi dengan influencer

Lakukan kerja sama dengan influencer atau content creator dengan jumlah followers yang banyak pada TikTok, agar bisnis fotografimu bisa menjangkau lebih banyak pengguna TikTok dan kelompok konsumen lainnya.


6. Melakukan promosi dengan TikTok Ads

Tidak hanya Instagram dan Facebook, platform TikTok juga kini memiliki fitur bernama TikTok Ads.

Kamu bisa gunakan fitur iklan berbayar ini sebagai langkah dalam mempromosikan bisnismu lebih luas lagi.


Sudah Paham Cara Membuat Konten TikTok untuk Bisnis Fotografi?

Itulah beberapa tahapan dan cara mudah dalam membuat konten TikTok untuk bisnis fotografi milikmu.

Mulai dari tahapan awal yaitu membuat akun bisnis, hingga tahap akhir yaitu secara berkala menggunakan fitur TikTok Ads.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
6 Tahap Membuat Konten TikTok pada Bisnis Fotografi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​