Home » Strategi Bisnis » 5 Tips Memilih Alat yang Berkualitas untuk Bisnis Furniture

5 Tips Memilih Alat yang Berkualitas untuk Bisnis Furniture

5 Tips Memilih Alat yang Berkualitas untuk Bisnis Furniture

Perkakas atau alat yang berkualitas sangat berpengaruh dalam bisnis furniture. Faktanya, alat dapat memudahkan pekerjaan agar berjalan lancar serta menghasilkan produk sesuai harapan.

Maka dari itu, kamu wajib memilih alat dengan kualitas terbaik agar bisnis tidak terhambat, karena perlu mengganti kerusakan alat. Yuk, simak tips untuk mendapatkan peralatan bisnis furniture yang berkualitas di bawah ini!

5 Tips Memilih Alat yang Berkualitas untuk Bisnis Furniture

Berikut ini lima tips memilih alat yang berkualitas untuk bisnis furniture yang bisa kamu coba, yaitu:

Ketahui Jenis Alat Furniture

Tips yang pertama, yaitu kamu wajib memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis alat furniture. Apa jadinya jika kamu tidak mengetahuinya? Bisa-bisa kamu akan memilih alat yang salah dan kena tipu oleh penjual alat tersebut.

Misalnya, untuk furniture berbahan kayu saja ada beragam jenis peralatan dengan fungsi yang berbeda-beda. Sebut saja mesin serut, mesin gergaji, mesin bor, catut, dan lainnya.

Mesin serut berfungsi untuk meratakan permukaan kayu yang bergelombang atau tidak rata. Mesin gergaji untuk memotong dan membelah kayu balok. Kemudian, mesin bor untuk membuat lubang pada kayu. Sedangkan catut berfungsi untuk mencabut dan memotong paku.

Jika kamu mengetahui berbagai jenis alat-alat furniture dengan baik, kamu akan memilihnya sesuai kebutuhan. Sehingga, tidak salah beli atau salah pilih dan mengakibatkan cidera atau kinerja kurang maksimal.

Pahami Fungsi Alat Furniture

Setelah mengetahui jenis alat-alat furniture, tips kedua yaitu kamu wajib memahami fungsi dari alat tersebut. Alat pembuatan furniture antara lain meteran, pengukur sudut, gergaji, dongcheng circular saw, wood planer, dan sebagainya.

Apabila kamu mengetahui fungsi alat furniture dengan baik, kamu mampu memilih alat-alat dengan kegunaan yang memang diperlukan. 

Misalnya, meteran berfungsi untuk mengukur panjang atau jarak tertentu. Biasanya, bahan yang dipakai untuk material roll meteran adalah plat baja tipis atau plastik. Meteran ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 5 meter sampai 50 meter atau satuan cm dan inchi.

Pengukur sudut berfungsi untuk mengukur kemiringan pada sudut tertentu dengan akurat. Siku putar dalam alat ini sangat membantu pekerjaan yang berkaitan tentang sudut. Jadi, saat membelinya pastikan siku putar dapat diputar sesuai kemiringan sudut yang dikehendaki.

Kemudian alat dongcheng circular saw memiliki fungsi untuk memotong kayu yang memiliki ketebalan. Alat ini memiliki pisau berbentuk lingkaran. Maka dari itu, pastikan pisau tersebut tajam dan berfungsi dengan baik.

Sedangkan alat wood planer, yaitu alat pahat yang memiliki pemotong bolak-balik. Alat tersebut berfungsi untuk menghasilkan permukaan kayu yang rata dan halus.

Pilih yang Menawarkan Garansi

Kamu harus mempertimbangkan frekuensi pemakaian alat yang akan kamu gunakan. Sehingga, kamu wajib memilih perkakas untuk kebutuhan bisnis furniture yang menawarkan garansi pemakaian.

Pilihlah brand atau merek dagang penjual alat furniture yang memberikan garansi minimal satu atau dua tahun pemakaian. Cara ini dilakukan agar kamu tidak mengalami kerugian jika terjadi kerusakan setelah pemakaian beberapa minggu.

Misalnya, toko Mitra Perkakas 88 menjual Mesin Bor 13mm Besi Tembok Beton Kayu di Lazada dan menawarkan garansi 1 tahun pemakaian.

Brand dengan Reputasi Baik

Tips keempat dalam memilih alat yang berkualitas untuk bisnis furniture adalah memilih brand atau merek yang menjual alat-alat dengan reputasi yang baik.

Mungkin kamu pernah mendengar PT Stanley Black & Decker, yaitu produsen alat industri yang berpusat di New Britain.

Contoh alat dari merek tersebut, yaitu Stanley STST1825 Table Saw 10” yang merupakan mesin gergaji meja yang  dapat digunakan untuk memotong dengan posisi miring sampai 45 derajat.

Meski mesin gergaji ini berbentuk meja, kamu tidak perlu khawatir saat memindahkannya. Mesin tersebut sudah dilengkapi roda, sehingga memudahkan saat terjadi pemindahan.

Lakukan Pengecekan Alat

Tips terakhir memilih alat yang berkualitas untuk bisnis furniture, yaitu kamu wajib melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Kamu perlu memperhatikan dan memeriksa semua tanda pada alat furniture atau label yang ada. Jika kamu membelinya secara online, pastikan deskripsi produk yang ada di e-commerce sama dengan yang kamu terima.

Jangan lupa untuk melakukan video unboxing agar memudahkan kamu saat mengajukan pengembalian jika barang yang diterima tidak sesuai.

Misalnya, pada produk mesin bor 13 mm tertulis daya listrik sebesar 550 W, kecepatan antara  0 – 2.700 rpm, panjang sebesar 262 mm dan lebar 253 mm. Kemudian, chuck 1,5 mm hingga 13 mm.

Nah, setelah menerima produk tersebut kamu wajib mengecek semua yang ada pada deskripsi postingan produk, sudah sesuai atau belum? Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan alat yang berkualitas untuk bisnis furniture.

Kamu Sudah Punya Alat Berkualitas untuk Bisnis Furniture?

Lima tips memilih alat yang berkualitas untuk bisnis furniture agar awet di atas bisa langsung kamu terapkan. Agar dapat segera mendapatkan berbagai peralatan dengan kualitas yang tidak mengecewakan. 

Karena, apabila kamu memiliki alat yang berkualitas dan awet, kamu bisa meminimalisir kerugian saat menjalankan bisnis furniture. Selain itu, kamu juga meminimalisir pengeluaran untuk memperbaiki atau membeli ulang peralatan tersebut.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​