Home » Strategi Bisnis » 5 Kisah Inspiratif Pengusaha Furniture Ini Layak Kamu Tiru

5 Kisah Inspiratif Pengusaha Furniture Ini Layak Kamu Tiru

5 Kisah Inspiratif Pengusaha Furniture Ini Layak Kamu Tiru

Bisnis furniture tidak pernah kehabisan pelanggan. Selama manusia masih membutuhkan peralatan untuk menunjang efektivitas huniannya, maka furniture akan selalu dibutuhkan. Yuk belajar dari lima kisah inspiratif pengusaha furniture di bawah ini agar bisnis furniture kamu cepat meraih kesuksesan!

5 Kisah Inspiratif Pengusaha Furniture

Ada banyak sekali bisnis furniture yang sukses merangkak mulai dari nol hingga bisa menembus pasar mancanegara. Lima brand bisnis furniture di bawah ini bahkan mampu berkembang meski diterpa pandemi. Berikut kisah singkatnya:

PT. Rakabu Sejahtera

Siapa yang tidak kenal dengan bisnis furniture milik orang nomor 1 di Indonesia ini. Sebelum memulai karir di dunia politik, Presiden Jokowi merupakan pengusaha furniture yang sangat sukses.

Tidak hanya ahli dalam bidang perkayuan, Presiden Jokowi juga punya semangat kerja yang tinggi, sehingga bisnisnya mampu berkembang seperti saat ini. Selain kerja keras, PT. Rakabu Sejahtera juga punya strategi lain, yaitu memangkas biaya produksi dengan menghadirkan kawasan sentra industri terpadu.

Kawasan industri terpadu ini juga membantu usahanya bisa lebih dikenal dan menarik perhatian pasar furniture internasional. Tidak heran, bisnis yang kini diwariskan kepada Gilang Rakabuming Raka ini bisa menembus pasar dunia. 

CV. Traders Indonesia

CV. Traders Indonesia merupakan perusahaan mebel asal Jepara. Yuli, pemilik dari perusahaan ini memulai karirnya sebagai seorang satpam. Setelah berhasil naik jabatan hingga memegang jabatan direksi, Yuli pun membuka usaha mebel sendiri dengan nama CV. Traders Indonesia.

Salah satu ciri khas dari perusahaan mebel ini adalah mebel dengan bahan kayu dari pohon mangga. Mebel jenis ini banyak disukai oleh orang-orang Eropa. Kunci sukses dari bisnisnya ini adalah adanya kolaborasi dengan banyak pihak, termasuk orang luar negeri.

Menurut Yuli, berkolaborasi dengan orang luar negeri sangatlah bagus. Karena bisa membawa perspektif baru dalam bisnis dan mampu menghasilkan berbagai ide perihal desain furniture yang sesuai dengan selera target market mancanegara. 

Selain itu, bekerja sama dengan orang luar negeri juga membuka kesempatan untuk kamu memperluas jangkauan target pasar secara global. Sehingga, tingkat profit yang akan kamu dapatkan pun semakin tinggi.

PT. Kharisma Rotan Mandiri

Perusahaan furniture asal Sukoharjo, Jawa Timur ini merupakan usaha kecil yang khusus menjual produk mebel berbahan rotan dan anyaman. Perusahaan ini telah memasarkan produknya hingga ke mancanegara, seperti Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Tiongkok, Inggris, dan beberapa negara di Eropa.

Surpi, selaku pemilik usaha ini mengaku usahanya justru meningkat di masa pandemi. Peningkatan ini pun cukup tajam, yakni sekitar 50%.

Salah satu kunci kesuksesan perusahaan ini adalah keunikan dari produk mebelnya yang disukai oleh banyak orang di luar negeri. Selain itu, Supri juga memiliki 300 karyawan yang sangat baik dalam menciptakan berbagai produk mebel anyaman.

Kesuksesan usaha mebel milik Supri ini membuktikan, kepedulian terhadap karyawan juga menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan usaha. Karyawan yang diberi ruang serta peluang yang baik akan mampu menciptakan berbagai ide dan inovasi baru.

Adhi Darma, Pengusaha Mebel dari Sragen, Jawa Tengah

Pengusaha furniture satu ini juga tidak kalah sukses dengan pengusaha furniture sebelumnya. UMKM satu ini mampu menciptakan berbagai produk furniture berbahan kayu jati yang telah di ekspor ke beberapa negara, seperti China, Taiwan, Jepang, hingga Amerika Serikat.

Adhi Darma mengungkapkan, kunci sukses dari usahanya ini adalah keinginannya untuk terus berkembang dan produktif sebagai salah satu UMKM binaan. Tidak hanya fokus pada skala usaha, tetapi juga berupaya untuk memiliki nilai tambah dan berorientasi pada ekspor.

Adhi Darma juga mengaku pihaknya selama ini sangat terbuka pada binaan dan pelatihan dari pemerintah. Pembinaan dan pelatihan ini sangatlah membantu usahanya untuk bisa bergerak menembus pasar internasional meski di tengah pandemi.

PT. Gading Dampar Kencana

Perusahaan yang dirintis oleh Frans Satrya Perkasa tidak hanya sukses melakukan ekspor ke luar negeri. Tetapi juga berhasil mendapat penghargaan Primaniyarta sebagai eksportir terbaik pada tahun 2012 dan 2013.

Frans memulai bisnisnya sebagai seorang makelar. Melihat peluang bisnis furniture masih cukup dengan banyaknya kayu-kayu berkualitas di Indonesia, Frans pun memulai bisnis furniture-nya sendiri.

Kunci sukses dari usaha Frans adalah jeli melihat peluang yang ada. Selain itu, membangun jaringan bisnis juga sangatlah penting agar pemasaran produk furniture menjadi semakin mudah.

Dalam memasarkan produknya, Frans memanfaatkan berbagai portal usaha, seperti Indonetwork, Alibaba, dan lainnya untuk mempromosikan produk. Langkah yang diambil Frans dalam memasarkan produknya melalui portal usaha cocok diambil oleh para pebisnis milenial yang ingin mencoba peruntungan dalam bisnis furniture.

Pentingnya Belajar dari Pengusaha Furniture Terdahulu

Belajar dari pengusaha terdahulu sangat penting karena dapat membantu kamu memperoleh banyak perspektif serta strategi bisnis baru yang bisa kamu terapkan ke dalam bisnismu sendiri.

Di masa sekarang, kamu sudah bisa memanfaatkan berbagai portal atau platform penjualan untuk menarik pelanggan yang lebih luas. Tetap fokus dan pantang menyerah agar bisnis furniture kamu semakin berkembang.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​