Home » Strategi Bisnis » 5 Trik Mengubah Konsumen Menjadi Pelanggan Setia Bisnis Furniture

5 Trik Mengubah Konsumen Menjadi Pelanggan Setia Bisnis Furniture

5 Trik Mengubah Konsumen Menjadi Pelanggan Setia Bisnis Furniture

Upaya untuk menarik pelanggan setia merupakan trik yang gampang-gampang susah untuk dilakukan di bidang bisnis furniture. Karena pelanggan tidak setiap hari membutuhkan furniture baru. Lalu, bagaimana cara efektif untuk mengubah konsumen bisnis furniture kamu pelanggan setia?

5 Trik Mengubah Konsumen Menjadi Pelanggan Setia Bisnis Furniture

Berikut ini ada lima trik yang bisa kamu lakukan untuk mengubah konsumen bisnis furniture milikmu hingga menjadi pelanggan yang loyal:

Tetapkan Diskon Pada Pembelian Ulang

Menentukan diskon merupakan cara paling ampuh untuk menarik pelanggan. Namun, jika kamu memberi diskon seperti hari-hari biasanya tidak akan membuat konsumen bisnismu menjadi pelanggan setia. Oleh sebab itu, tentukan diskon pada pembelian skala tertentu yang dapat membuat konsumen kembali lagi.

Berikut beberapa cara menetapkan diskon harga yang bisa membuat konsumen kamu kembali lagi:

  • Buat diskon pada pembelian tertentu. Contohnya, pelanggan akan mendapatkan diskon spesial apabila telah datang ke toko furniture sebanyak 3 kali.
  • Untuk menandainya, buat kartu dengan 3 kolom kosong menggunakan stempel setiap transaksi pembelian selesai.
  • Pelanggan wajib menunjukkan kartu tersebut apabila ingin mendapatkan diskon spesial.
  • Kamu juga perlu menetapkan diskon berdasarkan nominal harga barang yang konsumen beli. Misalnya, pelanggan akan mendapatkan diskon khusus apabila telah membeli barang dengan total Rp 30 juta dalam kurun waktu 6 bulan.

Intinya, kamu harus memberi batasan berupa waktu, nominal, atau jumlah kunjungan. Agar pelanggan merasa rugi, apabila tidak memanfaatkan kesempatan tersebut bila ingin mendapatkan diskon.

Buat Member Card dengan Tawaran Menarik

Cara kedua adalah membuat member card atau kartu keanggotaan. Cara ini telah banyak diterapkan diberbagai cabang bisnis. Dengan menggunakan member card, selain kamu bisa membuat konsumen menjadi pelanggan setia, kamu juga berkesempatan memiliki kontak pelanggan yang dapat dihubungi.

Untuk membuat dan mengimplementasikan sistem member card, kamu bisa mengikuti tips berikut ini:

  • Buat desain dan cetak member card. Untuk tahap ini, kamu bisa menggunakan jasa percetakan terdekat. Jika ingin membuat kartu member tebal, umumnya memerlukan biaya Rp 3 ribu/ pcs.
  • Selanjutnya, tetapkan kategori member card untuk pelanggan. Contohnya, member silver minimal 2 kali pembelian, member gold minimal 5 kali pembelian, dan member diamond minimal 10 kali pembelian.
  • Tetapkan benefit yang akan didapat bagi pemilik member card. Contohnya, member silver mendapatkan 10% diskon, member gold mendapatkan 15% diskon, dan member diamond mendapatkan 20% diskon.
  • Bagi pemilik member silver berkesempatan melakukan upgrade membership apabila melakukan pembelian berikutnya.

Aktif Berkomunikasi dengan Pelanggan

Aktif berkomunikasi dengan pelanggan adalah salah satu cara sebuah bisnis untuk membangun kedekatan emosional dengan pelanggan. Saat ini, untuk berkomunikasi dengan pelanggan tidak lagi sulit. 

Kamu bisa memanfaatkan layanan media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Twitter, Facebook, TikTok, dan lain sebagainya. Kamu bisa berkomunikasi dengan membuat konten yang menarik serta memanfaatkan fitur Q&A dan direct message untuk komunikasi yang bersifat privasi. 

Selain membangun komunikasi secara online, kamu juga dapat membangun komunikasi secara offline dengan cara memberikan pelayanan maksimal ketika pelanggan datang mengunjungi tokomu.

Beri Apresiasi pada Pelanggan Setia Berupa Hadiah

Memberi apresiasi berupa hadiah pada pelanggan adalah salah satu cara untuk membuat pelanggan memiliki kesan yang baik pada bisnis yang kamu jalankan. 

Tidak semerta merta diberikan hadiah, berikan event khusus ataupun syarat khusus pagi pelanggan, sehingga mereka dapat memenangkan hadiah yang kamu rencanakan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti:

  • Lakukan sistem kupon berhadiah. Setiap pelanggan yang membeli furniture di tempatmu, akan mendapatkan satu kupon dengan nomor seri tertentu. Setiap satu bulan atau enam bulan sekali, kupon tersebut akan diundi dan dipilih satu orang yang mendapatkan hadiah.
  • Berikan sebuah hadiah bagi pembeli yang telah melakukan pembelian tertentu. Misalnya, pembeli yang telah melakukan lebih dari 5 kali pembelian furniture bisa mendapatkan seperangkat alat memasak.

Berikan Pelayanan Maksimal pada Calon Pembeli

Langkah terakhir dan yang paling penting untuk membuat pembeli menjadi pelanggan setia adalah memberikan pelayanan maksimal pada pembeli dan calon pembeli. Pelayanan yang dilakukan termasuk secara online maupun offline.

Untuk pelayanan offline ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Sambut pelanggan yang masuk ke toko. Contoh, “Selamat Pagi, Selamat datang di Toko X”.
  • Pastikan pelayan menampakkan wajah yang menyenangkan. 
  • Gunakan kosa kata yang sopan.
  • Layani konsumen sesuai SOP.

Sedangkan pada pelayanan online, beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu:

  • Gunakan salam pembuka dan bahasa yang santun pada pelanggan. Misalnya, “Selamat Siang, terima kasih telah menghubungi Toko X, ada yang bisa kami bantu?”.
  • Jangan balas chat pelanggan terlalu lama.
  • Tambahkan emoticon yang mencerminkan keramahtamahan pada saat mengirim chat.

Sudah Siap Mengubah Konsumen Menjadi Pelanggan Setia? 

Berikut tadi merupakan penjelasan tentang upaya mengubah pembeli menjadi pelanggan setia pada bisnis furniture. Mengembangkan bisnis furniture merupakan hal yang menantang. Perlu banyak usaha yang kamu lakukan, salah satunya adalah mengubah pembeli menjadi pelanggan setia.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis furniture kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​