Home » Strategi Bisnis » Cara Membuat Foto Produk Hijab yang Menarik

Cara Membuat Foto Produk Hijab yang Menarik

Dewasa ini, persaingan bisnis hijab semakin ketat karena banyaknya produsen hijab yang bermunculan. Salah satu strategi untuk mengatasinya adalah dengan memperhatikan cara membuat foto produk yang menarik

Membuat foto produk yang menarik merupakan salah satu strategi penjualan untuk menarik minat beli dari konsumen. Ingin tau caranya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

7 Cara Membuat Foto Produk yang Menarik

Agar bisnis kamu dapat menarik konsumen dan diterima dengan feedback yang baik, kamu harus mengunggulkan suatu hal unik dari produk milikmu. Salah satu yang harus kamu perhatikan adalah foto produk. Berikut cara membuat foto produk yang menarik.

Menyusun Konsep Foto

Pertama, kamu perlu menyusun konsep atau tema seperti apa yang ingin ditampilkan pada calon konsumen. Kamu dapat mencari inspirasi tema foto hijab dari berbagai platform seperti Google, Instagram, atau Pinterest.

Siapkan Produk yang Rapi dan Bersih

Untuk menghasilkan foto produk yang menarik, produk yang akan difoto harus dalam keadaan bersih dan rapi. Jangan sampai hijab yang akan dijadikan objek foto terlihat kusut atau bahkan kotor.

Kamu juga perlu mengetahui cara menyetrika hijab yang benar berdasarkan jenis kainnya karena teknik yang digunakan berbeda. 

Siapkan Properti Tambahan

Maksimalkan tampilan foto produk kamu dengan menambahkan properti lain untuk menambah keindahan hasil foto tersebut. Jika kamu ingin melakukannya sendiri, siapkan secara detail perlengkapan apa saja yang sekiranya kamu butuhkan. 

Berikut ini saran beberapa properti yang perlu kamu siapkan:

  • Ruangan atau spot khusus untuk mengambil foto dengan ukuran dan kondisi yang memadai
  • Background foto yang dapat berupa kain berukuran lebar, tirai, atau sprei dan usahakan berwarna polos
  • Aksesoris lain seperti vas bunga, bunga kering atau properti kecil yang terbuat dari kayu
  • Reflektor yang digunakan untuk menghilangkan bayangan pada hasil foto

Jika kamu menggunakan jasa foto produk professional, biasanya mereka sudah menyiapkan propertinya sendiri menyesuaikan dengan produk yang akan difoto.

Untuk membuat foto lebih realistis, kamu juga dapat menggunakan model wanita agar menjadi gambaran bagi calon konsumen.

Perhatikan Warna Background & Sistem Pencahayaan

Memilih warna background yang tepat memang sedikit tricky. Pemilihan warna yang tidak tepat mampu menghancurkan foto produk tersebut. Perlu kamu ketahui, setiap warna memberi pesan dan kesan tersendiri yang dapat semakin menguatkan citra  produk hijab yang ingin kamu perkenalkan kepada konsumen. 

Berikut beberapa contoh warna serta kesan yang dimilikinya :

Putih

Warna netral akan membuat produk tampak menonjol.

Abu-abu

Memberi kesan tegas namun tetap terlihat eye catching.

Pink

Identik dengan wanita, warna satu ini juga cocok digunakan sebagai background untuk produk dengan warna yang lebih gelap.

Hitam

Warna yang memberi kesan elegan dan menyimpan sisi misterius.

Kuning

Memberi kesan kebahagiaan dan keceriaan bagi siapa saja yang melihatnya.

Hijau

Warna yang mampu memberikan kesan nyaman dan sejuk.

Setelah mengetahui warna background yang cocok dengan produk kamu, perhatikan pula sistem pencahayaan yang dibutuhkan saat pengambilan foto. Kamu dapat memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber penerangan, namun kurang optimal karena ada saatnya cuaca mendung. Agar lebih optimal, kamu perlu memiliki alat pencahayaan yang memadai.  

Perlihatkan Detail Produk

Cara membuat foto produk yang menarik selanjutnya adalah dengan memperlihatkan detail produk lebih jelas. Agar calon konsumen semakin yakin untuk membeli produk hijab kamu, perlihatkan detail hijab seperti serat kain, detail jahitan, pola atau motif produk, dan hal-hal sejenis lainnya.

Semakin jelas detail produk yang mampu perlihatkan, konsumen akan semakin tertarik untuk membeli produk kamu, apalagi jika didukung dengan kualitas yang baik pula. Ingatlah, untuk membuka suatu bisnis, kejujuran perlu kamu utamakan.

Buat Foto dari Beberapa Angle

Untuk memberikan gambaran lebih jelas mengenai pemakaian produk hijab, kamu dapat menampilkan foto produk dari berbagai sisi atau angle. 

Misalnya jika kamu menggunakan model, kamu dapat mengambil foto bagian belakang untuk memperlihatkan panjang hijab di bagian belakang, bagian depan, dan bagian sisi kanan maupun kiri. 

Dengan mengambil foto dari berbagai sudut semacam ini, akan memudahkan kamu menemukan angle mana yang menghasilkan foto terbaik untuk kamu tampilkan kepada konsumen.

Perhatikan Pengaturan Pada Kamera

Saat hendak melakukan pengambilan foto, perhatikan setiap pengaturan pada kamera agar menghasilkan foto yang bagus. Kenali fitur apa saja yang ada pada kamera kemudian sesuaikan dengan kondisi di area pengambilan foto. 

Ada beberapa tips ketika mengambil foto produk hijab:

Pakai Fitur HDR

Fitur High Dynamic Range (HDR) berfungsi untuk membantu kamu menghasilkan tampilan foto dengan tampilan yang lebih baik. Foto yang dihasilkan akan lebih hidup dan memiliki detail warna yang indah. 

Fitur HDR ini akan menangkap tiga gambar sekaligus dengan tingkat eksposur yang berbeda-beda, kemudian akan memilih secara otomatis satu foto dengan kualitas terbaik.

Jangan Gunakan Fitur Zoom

Hindari menggunakan fitur zoom karena akan membuat resolusi foto menjadi buruk. Lebih baik dekatkanlah jarak kamera dengan objek untuk menghasilkan foto yang tajam dan jelas.

Itulah 7 cara membuat foto produk yang menarik untuk menunjang strategi promosi bisnis hijab kamu. Jadi tunggu apalagi? Buat foto produk hijabmu yang paling menarik ya!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis hijab kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! Pakai KoinWorks NEO sekarang!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​