Home » Strategi-bisnis » Cara Membuat Konten di Tiktok untuk Bisnis Hijab

Cara Membuat Konten di Tiktok untuk Bisnis Hijab

Cara Membuat Konten di Tiktok untuk Bisnis Hijab

Tren berjualan di Tiktok kini sedang ramai digemari oleh banyak kalangan. Aplikasi ini menghadiri fitur yang membuat penggunanya melakukan kegiatan jual beli. Hal ini tentu dapat mendukung jalannya bisnis hijab kamu. Agar dapat sukses berjualan di Tiktok, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu cara membuat konten di tiktok untuk bisnis yang dapat menarik perhatian penonton.

10 Cara Membuat Konten di Tiktok Untuk Bisnis Hijab

Berikut ini beberapa ide konten menarik yang dapat kamu buat untuk membantu meningkatkan bisnis hijab kamu : 

Tips & Trik

Konten menarik pertama yang dapat kamu coba ialah membuat video tips dan trik yang berkaitan dengan produk yang kamu ingin tawarkan. Contohnya : 

  • Tips dan trik penggunaan hijab berbagai gaya sesuai bentuk wajah
  • Tips memilih bahan hijab yang berkualitas
  • Trik mendapatkan hijab berkualitas dengan harga yang murah
  • Trik memadukan pakaian dengan hijab yang digunakan

Masih banyak lagi ide tips dan trik lain mengenai hijab yang dapat kamu buat, carilah referensi dari Tiktok untuk menambah ide kamu. 

Buatlah video semenarik mungkin, kamu juga dapat memanfaatkan berbagai filter dan latar musik yang banyak tersedia di aplikasi tersebut.

Hashtag Challenge

Pada konten semacam ini, kamu dapat mengajak penonton untuk membuat kreativitas melalui kampanye konten khusus yang kamu buat. Dengan begitu, kamu berpotensi mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak lagi sehingga berpotensi meningkatkan penjualan. 

Dance Challenge

Pada konten sejenis ini, kamu dapat mengajak penonton untuk membuat konten menari dengan cara yang sudah kamu konsepkan dengan menyisipkan tampilan produk hijab milikmu. 

Duplikasi Konten Terpopuler

Cara membuat konten di tiktok untuk bisnis selanjutnya yaitu kamu dapat membuat konten dengan menduplikasi konten apa saja yang sedang populer di aplikasi tiktok, kemudian kamu dapat menyesuaikannya dengan produk milikmu. 

Untuk melihat konten apa saja yang sedang populer, kamu dapat melihatnya di laman pencarian Tiktok, kemudian kamu akan menemukan audio, filter, dan topik tertentu yang sedang populer. 

Dengan mengikuti tren yang sedang berlangsung, secara tidak langsung dapat meningkatkan popularitas bisnis kamu dan membuat brand hijab kamu semakin dikenal banyak orang. 

Edukasi

Jenis konten lainnya yang dapat kamu coba ialah konten edukasi. Buatlah konten yang mengandung unsur edukasi, tentunya yang cukup berkaitan dengan produk milikmu. 

Misalnya kamu dapat membuat konten edukasi mengenai berbagai jenis kain yang dapat digunakan untuk hijab dan perbedaannya, berbagai jenis jahitan pada hijab beserta kegunaan dan perbedaannya, pengetahuan mengenai berbagai jenis hijab yang ada di masyarakat, dan masih banyak lagi. 

Konten a Day In My Life

Konten semacam ini memperlihatkan keseharian seseorang dalam hal ini kamu sebagai pembuat konten, kemudian selipkan info produk yang ingin kamu perkenalkan. Misalnya, kamu memperlihatkan kegiatan kamu mulai dari bangun tidur, kemudian bersiap-siap untuk pergi dengan menggunakan hijab kamu, memperlihatkan kegiatan apa saja yang kamu lakukan seharian, dan di akhir video, saat kamu selesai berkegiatan, sebutkan pula kelebihan dari hijab yang kamu gunakan dalam menunjang kegiatan kamu pada hari tersebut. 

Behind the Scene 

Jika kamu sudah membuat cukup banyak konten, jenis konten satu ini dapat kamu coba. Konten semacam ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pada audiensnya. 

Kamu juga dapat menunjukkan cuplikan proses pembuatan hijab produksimu sebagai bagian dari strategi pemasaran.

Kerjasama dengan Influencer

Pada umumnya setiap influencer memiliki audiensnya masing-masing. Kamu dapat memanfaatkan kondisi seperti ini untuk memperluas target pasar. Selain itu, bekerja sama dengan influencer dapat meningkatkan rasa percaya masyarakat pada produk milikmu. 

Kamu cukup menyerahkan sampel produk dan membayar sejumlah fee atas jasa promosi. Setelah itum serahkan proses pembuatan konten kepada pihak influencer tersebut.

Showcase Produk

Dalam konten jenis ini, kamu perlu menunjukkan berbagai produk yang kamu miliki dengan cara yang kreatif untuk dapat menarik perhatian calon konsumen agar membeli produk milikmu.

Memanfaatkan berbagai efek, filter, maupun audio yang ada di Tiktok untuk menambah kreatifitas konten milik kamu. 

OOTD

Tema konten Outfit Of The Day (OOTD) dapat menjadi ide konten yang cukup menarik untuk memperkenalkan bisnis hijab milikmu. Misalnya, kamu menunjukkan inspirasi OOTD dengan nominal harga tertentu, kemudian beritahukan kepada penonton untuk mendapatkan item yang dibutuhkan di toko milikmu. 

Berikut ini contoh skenario yang dapat kamu gunakan untuk membuat konten OOTD:

  • Memperlihatkan bagian depan toko sambil memegang sejumlah uang, misalnya 150 ribu rupiah
  • Kemudian memperlihatkan berbagai pilihan hijab yang tersedia, baik dari segi warna dan motif
  • Jika kamu juga menjual aksesoris hijab lainnya seperti ciput, ikat rambut atau mungkin pakaian muslim, kamu juga dapat menunjukkan pilihannya dalam video tersebut
  • Memilih hijab dengan aksesoris lainnya, jangan lupa menunjukkan harga dari masing-masing barang tersebut
  • Menunjukkan pilihan mix and match yang eye catching
  • Kemudian sisipkan kalimat ajakan untuk berbelanja di toko milikmu

Bagaimana, sudah paham cara membuat konten di tiktok untuk bisnis hijab yang menarik? Tunggu apalagi, segera buat konten-konten kreatifmu untuk bisnis hijab yang semakin pesat!


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu. 

Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO! Daftar sekarang!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Membuat Konten di Tiktok untuk Bisnis Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​