Cara Menghasilkan Uang dari Aplikasi Tik Tok

·
4 menit
cara menghasilkan uang di tiktok

TikTok menjadi semakin populer. Kini tidak hanya anak-anak dan remaja, tetapi juga orang dewasa hingga lansia turut menggunakan TikTok.

Hasil monetisasi kontennya dengan berbagai cara. Tak heran jika banyak orang yang penasaran dengan bagaimana caranya mendapatkan uang dari tiktok.

Pengamat media sosial memperkirakan bahwa beberapa “selebriti” TikTok dengan pengikut yang banyak dapat memperoleh hingga $ 1 juta (13,9 miliar) hanya dalam sekali posting.

Melihat penghasilan besar yang bisa didapat pengguna Tik Tok, bagaimana TikTok bisa benar-benar menghasilkan uang? Kamu harus ketahui beberapa hal terlebih dahulu.

Namun, ada banyak langkah yang harus diperhatikan sebelum mencoba menghasilkan uang dengan TikTok. Pertama, buat brand Kamu. Kamu perlu memahami jenis video yang ingin Kamu upload dan konsisten.

Lalu kamu publikasikan apa yang ingin ditonton orang. Menjadi orang yang berpengaruh di Instagram, Twitter atau TikTok membutuhkan banyak usaha.

Konten Kamu harus segar, menarik, unik, dan diperbarui. Artinya ada banyak video baru setiap hari. Intinya kamu harus menjadi kreatif.

Dalam hal ini, kamu perlu mendapatkan pengikut. Hal ini mungkin langkah yang paling penting.

Cara untuk menarik pengikut adalah dengan memahami apa yang ingin dilihat pasar dan mengunggah konten berkualitas tinggi beberapa kali sehari.

Setelah Kamu mendapatkan popularitas luas di TikTok, Kamu dapat mulai menghasilkan uang. Berikut beberapa cara untuk memperoleh penghasilan tersebut.

Menjadi influencer marketing

Kamu mungkin pernah mendengar sebelumnya dan ini serupa di semua platform sosial. Perusahaan mempekerjakan orang-orang berpengaruh/ influencer untuk menggunakan video mereka dalam mempromosikan produk, layanan, atau merek mereka dengan harapan menghasilkan penjualan.

Branded merchandise

Setelah Kamu menjadi bintang TikTok yang sangat populer, Kamu dapat membuat lini produk riasan Kamu sendiri.

Hal ini tentu saja menguntungkan kamu mengingat kamu sudah mendapatkan banyak pengikut. Sehingga banyak dari mereka mengikuti dan menonton konten video tik tok kamu.

Loren Grey menghasilkan $ 2,6 juta tahun lalu dan memiliki lebih dari 45 juta pengikut. Dia membuat kesepakatan besar dengan Revlon.

Gray membuat konten untuk akun TikTok-nya dan disponsori oleh Revlon. Hal ini menimbulkan penjualan besar karena dia berhasil menarik para pengikutnya untuk membeli produk tersebut.

Menjadi TikTok consultant

Jika Kamu mahir dalam menggunakan aplikasi TikTok, maka banyak orang membutuhkan bimbingan Kamu.

Pada platform sosial yang relatif baru ini, orang akan membayar untuk mempekerjakan Kamu sebagai konsultan untuk membantu mengembangkan strategi, membangun merek, dan meningkatkan pengikut mereka.

Menumbuhkan akun TikTok dan menjualnya

Hal lain untuk menghasilkan uang dari Tik Tok adalah dengan membuat akun dan kemudian menjualnya/ Mirip dengan Instagram, Kamu mungkin bisa membuat konten menarik yang idealnya harus viral untuk menarik orang yang akan menjadi pengikut Kamu.

Setelah berhasil memiliki jumlah pengikut yang banyak, Kamu dapat menemukan merek yang sesuai dengan karakteristik akun Kamu dan menjual profil TikTok Kamu kepada merek atau orang tersebut.

Saling menyumbang koin

Mirip dengan situs Twitch, di situs ini orang dapat menghasilkan uang melalui streaming real-time, meskipun Kamu memiliki jumlah pengikut yang sedikit, Kamu juga dapat menghasilkan uang melalui TikTok.

Alur prosesnya, biasanya penonton akan memberikan beberapa hadiah (animasi katak, bunga, gitar, boneka, dll) yang dibeli dengan koin TikTok. Kamu bisa mendapatkannya dengan membeli koin dengan uang sungguhan.

Jika kamu menerima hadiah tersebut dari pengikut kamu, maka Kamu dapat menggunakan proses pembayaran untuk mengubahnya menjadi uang sungguhan.

Jumlah minimum yang dapat dibayarkan di aplikasi TikTok per hari adalah 100 USD dan maksimum 1.000 USD.

Kelola kampanye influencer TikTok

Kamu dapat mengelola kampanye para influencer. Hal ini bukanlah ide baru, karena banyak organisasi telah didirikan untuk memenuhi kebutuhan banyak orang berpengaruh di media sosial.

Konsep yang sama berlaku untuk TikTok. Kamu dapat menjadi perantara antara pembuat konten di TikTok dan merek yang ingin bekerja sama dengan para influencer tersebut.

Mulai dari mencapai kesepakatan, menghubungkan kedua pihak dan menjadi koordinator dan lainnya dengan memungut biaya layanan.

Maka kamu bisa menghasilkan pendapatan sesuai dengan usaha atau layanan yang kamu berikan. Tentu saja mendapatkan uang dari tiktok membutuhkan usaha.

Gunakan platform iklan

Cara lain adalah dengan menggunakan platform periklanan mereka. Sama seperti iklan Facebook dan Instagram, Kamu dapat menelusuri “iklan TikTok” dan mendaftarnya untuk mengakses platform iklan mereka.

Kamu bisa membuat beberapa konten iklan, tentukan anggaran untuk untuk beriklan, dan lihat apa yang terjadi.

Mungkin Kamu bisa menjual lebih banyak produk dengan memasang iklan di TikTok dan akhirnya mendapatkan penghasilan lebih besar.

Tawarkan layanan manajemen

Cobalah untuk memberikan layanan manajemen diskon untuk pembuat konten di aplikasi ini.

Beberapa pembuat konten di TikTok memiliki jutaan pengikut, dan terkadang hal tersebut bisa terjadi dengan cepat.

Kamu dapat turun tangan dan memberikan layanan untuk membantu mereka mengembangkan strategi konten, strategi kreatif, dan mengelola penawaran yang datang.

Oleh karena itu, jika Kamu memiliki latar belakang produksi, Kamu pasti dapat menerapkannya untuk memberikan layanan manajemen bagi pembuat konten di TikTok. Cara satu ini tentunya membutuhkan pengalaman di bidang tersebut.

Ragam cara diatas adalah tips untuk meningkatkan keterampilan dan membantu orang-orang yang ingin menjadi pengguna TikTok terkenal, karena penting untuk mengembangkan strategi agar mereka bisa mendapatkan ribuan bahkan jutaan orang menonton video tiktok mereka.

Tentu saja, Kamu harus memiliki latar belakang pengetahuan dan pengalaman tertentu untuk dapat menyediakannya sebagai layanan. Mereka tidak akan ragu dalam membayar kemampuan tersebut.

Algoritma TikTok diprogram untuk menilai video yang Kamu sukai dan bagikan di masa lalu. Setelah video tersebut diunggah, TikTok menayangkan video tersebut ke beberapa pengguna. Kemudian, algoritma menghitung waktu menonton, jumlah suka, dan berbagi.

Algoritma tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga jika partisipasi pengguna dalam video meningkat, video tersebut akan didistribusikan ke lebih banyak orang.

Dibandingkan dengan akun media sosial lainnya, hal ini bisa meningkatkan peluang video Kamu untuk mendapatkan lebih banyak share dan like karena ada lebih dari 1 miliar pengguna di TikTok.

Ada banyak konten di TikTok. Jika ingin menarik perhatian penonton, Kamu harus tampil beda. Pilih tempat khusus untuk konten video kamu, pastikan belum ada influencer lain yang mencobanya.

Namun, meskipun konten video Kamu tidak unik, itu bisa menjadi gaya penyajian Kamu. Orang ingin melihat sesuatu yang berbeda dari biasanya. Jika Kamu memberikan sesuatu yang baru, maka akan lebih menarik perhatian.

Cobalah untuk melacak tren terbaru dalam pemasaran influencer untuk memahami kebutuhan audiens Kamu. Di tahun 2021 adalah tahun kreativitas TikTok.

Banyak orang kreatif dan berpengaruh telah membuat beberapa video keren, yang sangat populer. Beberapa diantaranya bahkan mendapatkan uang dari tiktok dengan jumlah besar.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih