Home » Strategi-bisnis » Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik dalam Bisnis Hijab

Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik dalam Bisnis Hijab

Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik dalam Bisnis Hijab

Menciptakan produk yang inovatif dan berkualitas adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis hijab. Itulah kenapa, kamu yang bergelut dalam bisnis tersebut harus mengetahui cara menciptakan kualitas produk terbaik untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Untuk menciptakan produk hijab terbaik, ada banyak aspek yang perlu kamu persiapkan. Untuk mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dan disiapkan, simak artikel ini hingga selesai.

Ciri-Ciri Produk Hijab Berkualitas Terbaik

Sebelum kami jelaskan cara menciptakan kualitas produk terbaik, alangkah baiknya kamu kenali kriterianya terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu mengetahui lebih jelas mengenai produk hijab yang berkualitas.

Tekstur Hijab Lembut dan Sedikit Berbulu

Bahan untuk membuat hijab yang berkualitas premium biasanya memiliki tekstur yang lembut. Selain itu, teksturnya juga cenderung sedikit berbulu. Biasanya bahan yang digunakan yaitu seperti katun dan sejenisnya.

Motif Hijab

Selain kualitas tekstur, motif juga merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Hijab berkualitas umumnya memiliki motif yang unik dan tidak pasaran. Bahkan beberapa di antaranya termasuk ke dalam jenis hijab limited edition.

Ketebalan yang Ideal

Masing-masing hijab premium umumnya memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Ketebalannya mulai dari yang tipis hingga yang tebal. Artinya kamu bebas memilih ketebalan sesuai dengan konsep hijab yang akan dibuat.

Mudah Dibentuk

Umumnya jenis hijab terbaik atau premium adalah hijab yang sangat mudah untuk dibentuk. Hal ini karena hijab premium biasanya menggunakan bahan yang tidak licin sehingga sangat mudah dibentuk.

Dikeluarkan Dalam Jumlah Terbatas

Kebanyakan hijab premium dijual secara limited edition atau terbatas. Hijab ini biasanya dibuat spesial untuk para pembeli. Keistimewaannya tidak hanya sekedar dari bahan dan juga motifnya saja, tetapi juga dari kelangkaan serta keunikannya.

Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik Hijab

Setelah mengenal ciri-cirinya, kini saatnya mulai merencanakan untuk membuatnya. Berikut sudah kami rangkum apa saja hal yang harus kamu perhatikan untuk menghasilkan hijab berkualitas premium.

Sesuai dengan Ketentuan Syar’i

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan ukuran dengan ketentuan syar’i. Pastikan hijab yang kamu buat memiliki ukuran yang bisa menutup aurat sesuai dengan kesepakatan para ulama.

Selain itu hijab juga harus memiliki bahan yang tebal agar tidak menerawang. Atau setidaknya kamu merekomendasikan dalaman kerudung jika bahan yang digunakan tergolong tipis.

Dalam ketentuan syar’i, hijab juga tidak boleh memiliki hiasan yang berlebihan. Buatlah dengan model sederhana namun tetap menegaskan kesan elegan.

Memilih Jenis Kain yang Tepat

Kain untuk hijab berkualitas tentu harus lebih unggul dari standar kain yang ada di pasaran. Saat ini ada banyak jenis kain yang ada di pasaran. Agar tidak bingung, ketahui jenis-jenis kain premium saja untuk kerudung terbaik yang ingin kamu buat.

Dari sekian banyak bahan atau kain yang ada, terdapat 4 jenis bahan yang tergolong berkualitas. Adapun jenis-jenisnya yaitu seperti voal, maxmara, katun shimmer dan wolfis atau woolpeach.

Kamu bisa menggunakan salah satu atau semua. Bahan-bahan tersebut sudah terjamin kualitasnya dan menjadi standar material untuk pembuatan kerudung berkualitas premium.

Melakukan Riset Produk Hijab di Pasaran

Setelah mendapatkan bahan yang ideal, selanjutnya kamu lakukan riset terlebih dahulu sebelum membuatnya. Cari kira-kira model apa yang saat ini sedang populer dan banyak peminatnya.

Salah satu contohnya seperti hijab segi empat yang hingga saat ini masih banyak dicari. Pilih bahan yang tepat untuk membuatnya kemudian pilih beberapa bahan untuk model yang berbeda-beda.

Riset pencarian produk hijab kini semakin mudah dengan adanya marketplace. Silakan gunakan beberapa marketplace untuk mencari hijab apa yang sedang trend dengan cara mengetahui jumlah penjualan produk di setiap lapak.

Menentukan Model Hijab

Setelah melakukan riset, catat beberapa model hijab yang sedang trend saat ini. Kemudian pilih salah satu atau beberapa di antaranya untuk dibuat menjadi produk yang nantinya akan dijual.

Selain model hijab segi empat, ada beberapa model lain yang tak kalah populer seperti hijab sport, instant pashmina, bergo, pashmina, dan lainnya. Pilih model sesuai dengan target pasar.

Kamu tidak hanya bisa memilih satu model saja. Silakan pilih beberapa model dan gunakan beberapa bahan untuk dijual menjadi beberapa jenis hijab.

Mempelajari Masing-Masing Pola Hijab

Setiap model hijab memiliki pola yang berbeda-beda. Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat memulai membuatnya adalah mempelajari setiap pola-pola unik dari hijab yang akan kamu buat sendiri.

Pola untuk masing-masing jenis hijab sebenarnya tidak sulit untuk ditemukan. Kini bahkan pola gambarnya sudah bisa kamu temukan di internet mulai dari yang sederhana hingga pola yang unik.

Jahit Secara Rapi dan Sempurna

Proses menjahit hijab sangat menentukan hasil yang diproduksi kualitasnya baik atau tidak. Pastikan jahitannya rapi dan sempurna. Ketelitian dalam menjahit menjadi aspek yang sangat penting dan menentukan.

Jika kamu memiliki karyawan, pastikan mereka memiliki pengalaman dan andal. Tujuannya agar mereka bisa menghasilkan kualitas jahitan yang sempurna. Setelah itu, jangan lupa juga untuk menentukan motif yang ideal dan kekinian agar produk menjadi lebih sempurna.

 

Cara menciptakan kualitas produk terbaik dalam bisnis hijab di atas sedikit banyak bisa membantu kamu yang ingin menciptakan produk berkualitas premium. Selamat mencoba.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu. 

Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi dan berbagai strategi bisnis hanya di KoinWorks NEO! Daftar sekarang!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik dalam Bisnis Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​