Home » Strategi-bisnis » Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Hijab

Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Hijab

Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Hijab

Dalam dunia bisnis, pasar memiliki peran penting dan harus diperhatikan dengan baik. Segmentasi pasar menjadi salah satu hal yang harus dipahami dan dikenali oleh para pebisnis. Cara mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar juga sebenarnya bisa dipelajari dengan mudah. Termasuk untuk para pebisnis hijab yang ingin mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi. 

Segmentasi pasar itu sendiri merupakan target pasar yang nantinya akan menjadi pembeli. Jika pebisnis mengenali segmentasi pasarnya dengan baik, maka proses promosi juga akan lebih efektif. Artinya, penjualan bisa lebih mudah meningkat dan pengembangan bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar

Sangat berbahaya saat sebuah bisnis tidak punya segmentasi pasar yang jelas. Arah bisnis jadi tidak tentu dan mempersulit langkah promosinya. Oleh sebab itu, cobalah kenali dan kembangkan segmentasi pasar dengan menerapkan langkah-langkah berikut pada bisnis hijab kamu:

Pahami Kebutuhan Pasar

Langkah pertama, pahami dulu seperti apa kebutuhan pasar. Kamu harus bisa mengenali kondisi dan kebutuhan konsumen saat ini. Cari tahu produk hijab seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Analisis juga material hijab seperti apa yang paling disukai oleh konsumen dan bisa memberikan rasa nyaman. 

Memang tidak mudah memahami seperti apa kebutuhan pasar. Kamu harus melakukan riset dan evaluasi secara berkala. Jika memungkinkan, kamu juga bisa memanfaatkan platform digital seperti media sosial untuk menggelar survei. Dari sini kamu bisa tahu detail produk hijab seperti apa yang akan memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar.

Kenali Perilaku Konsumen

Cobalah untuk mengenali perilaku konsumen. Setiap individu pasti memiliki karakteristik perilaku yang berbeda-beda. Ini akan memberi pengaruh besar dalam pengembangan bisnismu. Karakteristik perilakunya bisa beragam.

Contoh, ada konsumen yang lebih suka membeli produk lewat e-commerce, tetapi ada juga yang lebih nyaman membeli lewat website. Di kategori lain, ada juga konsumen yang suka membeli produk hijab berdasarkan kualitasnya, tetapi lebih memperhatikan harga.

Perilaku-perilaku konsumen ini harus kamu kenali lebih jauh lagi. Nantinya, kamu bisa menyesuaikan mana segmentasi pasar yang cocok dengan produk dan konsep bisnismu.

Lakukan Analisa Data

Ini menjadi langkah penting yang akan membantu seorang pebisnis berkembang lebih jauh lagi. Analisis data yang dimaksud adalah data konsumen dari berbagai sumber. Kamu bisa mengumpulkan banyak referensi untuk mendapatkan kesimpulan. Seperti apa produk hijab yang disukai, bagaimana metode penjualan yang paling efektif, dan rentang harga berapa yang paling masuk akal. 

Jika bisnismu sudah berjalan cukup lama, coba untuk analisa data dari bisnis sendiri. Kamu bisa mengamati berapa banyak angka penjualan lewat media sosial. Kamu bisa melihat mana jenis produk yang paling disukai. Bahkan kamu juga bisa menganalisis dari mana konsumen yang paling banyak melakukan pembelian.

Cari Referensi dari Kompetitor

Salah satu cara mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar yang efektif adalah dengan berkiblat pada kompetitor. Dalam dunia bisnis, kamu tidak pernah lepas dari kompetitor di sekitarmu. Jangan jadikan ini sebagai beban, melainkan jadikan sebagai peluang untuk belajar lebih jauh lagi.

Cari referensi dari kompetitor bisnis hijab. Amati siapa saja segmentasi pasar mereka. Cari tahu lebih jauh bagaimana mereka mengembangkan segmentasi pasar secara efektif. Ambil nilai-nilai baik yang bisa kamu contoh dari kompetitor agar bisnis semakin berkembang.

Lakukan Inovasi Produk

Jika kamu sudah menemukan segmentasi pasar yang tepat dan ingin mengembangkannya, maka lakukan inovasi. Seorang pebisnis tidak akan bisa memaksa orang untuk menyukai produknya. Namun pebisnis bisa menyesuaikan jenis produk yang dijual dengan selera banyak orang. 

Inovasi produk dilakukan agar bisa menyediakan pilihan hijab yang lengkap sesuai kebutuhan banyak konsumen. Ini akan mendatangkan keuntungan tersendiri karena secara otomatis minat pasar akan bertambah. Jangkauan pasar bertambah luas dan tentu saja penjualan bisa meningkat dengan pesat.

Kembangkan Strategi Marketing yang Tepat

Pebisnis harus tahu strategi marketing apa yang paling cocok dengan bisnis dan target pasarnya. Coba untuk terus mengeksplorasi strategi marketing tersebut. Cari tahu apakah teknik marketing yang dipakai sudah cukup baik atau perlu dikembangkan lagi. Jika memang perlu dikembangkan maka harus ditentukan pengembangan seperti apa yang paling sesuai. 

Saat ini ada teknik digital marketing yang bisa secara efektif menjangkau berbagai segmentasi pasar. Pengembangan target pasar bisnis juga pasti lebih mudah jika kamu menerapkan teknik marketing ini. Beragam metode bisa dilakukan antara lain media sosial, website, email, dan masih banyak lagi.

Kenali Pasar dan Dekat dengan Konsumen

Pebisnis tidak hanya perlu mahir menghadirkan produk yang bagus ke pasar, tetapi pebisnis juga perlu memiliki kemampuan mengenali pasar dan terampil menjalin hubungan dekat dengan konsumen. 

Jika kamu sudah menemukan segmentasi pasar yang tepat maka terus lakukan upaya untuk mengembangkannya. Jalin hubungan positif dengan pelanggan yang sudah ada dan lakukan usaha untuk merangkul pelanggan baru sebanyak mungkin. 

Coba untuk menerapkan berbagai cara mengenali dan mengembangkan segmentasi pasar di atas. Saat ini, bisnis hijab memiliki prospek yang sangat bagus. Tentu akan lebih bagus lagi jika kamu bisa mengembangkan segmentasi pasar secara optimal.


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu. 

Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO! Daftar sekarang!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mengenali dan Mengembangkan Segmentasi Pasar Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​