Home » Strategi Bisnis » 7 Peran Penting Customer Service Bisnis Hijab

7 Peran Penting Customer Service Bisnis Hijab

Customer service bisnis hijab memiliki peran penting sebagai pendukung kesuksesan bisnis. Selain memenuhi kebutuhan pelanggan, customer service juga berperan untuk menjaga citra brand hijab yang sedang kamu kelola. 

7 Peran Penting Customer Service Bisnis Hijab

Ada tujuh peran penting customer service bisnis hijab yang harus kamu pastikan dimiliki oleh karyawan, yaitu:

Memberikan Informasi Produk Hijab

Peran penting customer service bisnis hijab yang pertama adalah memberikan informasi produk. 

Saat pelanggan ingin membeli hijab, mereka akan mengajukan berbagai pertanyaan terkait produk yang ada. Sehingga, customer service harus mampu memberikan informasi yang lengkap dan akurat.

Sebagai contoh, pelanggan ingin membeli hijab yang cocok untuk acara formal. Namun, dia merasa bingung karena tidak tahu jenis hijab yang sesuai. Lalu, menanyakannya kepada customer service.

Nah, customer service bisa menyarankan jenis hijab dari kain satin. Kain ini memiliki karakteristik mengkilap dan memberikan kesan mewah. Sehingga, sangat cocok untuk digunakan saat acara resmi atau formal.

Menawarkan Produk Hijab

Tidak hanya memberikan informasi produk, namun customer service berperan penting untuk menawarkan produk hijab kepada para pelanggan.

Sebagai pemilik bisnis hijab, kamu harus memberikan pemahaman bahwa saat menawarkan produk dilarang keras untuk menjatuhkan atau menjelek-jelekkan produk kompetitor. Sebab, cara itu akan membuat brand kamu buruk di hadapan pelanggan.

Menawarkan produk pun harus dilakukan dengan cara yang tepat, antara lain menyebutkan keunggulan hijab, tidak memaksa, serta menggunakan intonasi dan pemilihan kata yang baik.

Contohnya, lebaran tahun 2022 kemarin jenis hijab yang paling diburu adalah hijab plisket. Di toko hijab kamu hijab plisket warna coklat habis. Padahal, saat itu banyak pelanggan yang mencari warna tersebut.

Nah, customer service bisa menjalankan perannya dengan menawarkan hijab plisket warna lain. Biasanya, warna coklat akan dipadukan dengan warna abu-abu, putih, atau peach. 

Maka, customer service bisa menyarankan warna coklat bata. Sampaikan kepada pelanggan bahwa warna coklat bata sangat pas untuk dipadukan dengan warna netral seperti warna coklat.

Bisa juga tanyakan terlebih dahulu hijabnya akan dipasangkan dengan baju warna apa. Setelah itu, customer service dapat menyebutkan kelebihan warna coklat bata, yaitu mampu memberikan kesan dewasa, tegas, stylish, dan fashionable

Menerima Keluhan dan Kritik

Berikutnya, customer service juga berperan penting untuk menerima keluhan dan kritik dari pelanggan. Saat menerima keluhan, customer service harus pandai menanganinya.

Cara yang baik ketika menerima kritik atau komplain dari pelanggan, yaitu: 

  • Menunjukkan ekspresi wajah yang ramah. 
  • Sampaikan permintaan maaf. 
  • Dengarkan keluh kesah pelanggan dengan baik. 
  • Catat keluhan yang diberikan. 
  • Tidak menyela. 
  • Segera merespon.

Memberikan Solusi

Setelah menerima keluhan dan kritik, langkah berikutnya yang harus dilakukan customer service bisnis hijab adalah memberikan solusi.

Maka, kamu harus memastikan bahwa customer service memiliki kemampuan mengambil keputusan yang baik. Namun, sangat diperlukan juga sikap teliti dan hati-hati untuk menghindari modus penipuan.

Misalnya, pelanggan mendapati hijab yang dibeli robek, lalu mengajukan ganti rugi. Customer service harus memastikan bahwa barang yang diajukan memang produk hijab dari brand kamu. Supaya jelas, lihatlah label merek hijab apakah sesuai atau tidak. Kemudian, perhatikan juga tata letak label serta bahan hijab yang digunakan.

Apabila hijab dibeli lewat online, maka pastikan pelanggan memiliki bukti berupa video unboxing untuk klaim ganti rugi. Jika memang kesalahan dari pihak toko, customer service harus langsung tanggap untuk memberikan solusi.

Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Customer service bisnis hijab juga berperan penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Sebab, merekalah yang sering berkomunikasi dengan target pasar. Sehingga, kepercayaan dan loyalitas pelanggan harus dibangun dan dijaga dengan baik.

Menerima kritik dan memberikan solusi sudah termasuk bagian dari menjaga hubungan baik dengan calon pelanggan. Maka, pastikan customer service mampu menjaga sikap dengan memberikan pelayanan terbaik.

Pelayanan terbaik bisa dilakukan dengan cara tidak berteriak kepada pelanggan, bersikap ramah, menggunakan kata-kata yang sopan saat berbicara, bersikap sabar, dan memberikan respon cepat saat pelanggan membutuhkan.

Melaporkan Masalah Kepada Atasan

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus mengetahui semua kejadian yang ada di lapangan. Oleh karena itu, customer service berperan untuk melaporkan masalah yang terjadi. Langkah ini dilakukan agar bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk kedepannya.

Misalnya, banyak pelanggan yang menanyakan hijab instan sport. Customer service dapat menyampaikan kondisi tersebut agar kamu bisa menyetok hijab yang sedang banyak dicari. Sehingga, bisnis kamu akan lebih berkembang dan menjawab kebutuhan para pelanggan.

Sebagai Perwakilan Brand

Peran penting customer service bisnis hijab yang terakhir, yaitu sebagai perwakilan brand. Maka, pastikan visi dan misi yang ingin kamu bangun tercermin pada sikap dan kinerja customer service.

Kamu wajib memastikan bahwa customer service memiliki: 

  • Pengetahuan produk hijab 
  • Dapat berkomunikasi dengan baik 
  • Memiliki empati untuk mengetahui kebutuhan pelanggan 
  • Bersikap persuasif untuk menawarkan produk 
  • Mampu menganalisis
  • Memecahkan masalah yang ada

Nah, kamu bisa melatih customer service bisnis hijab agar memiliki kemampuan service orientation. Misalnya, dengan mendaftarkan mereka untuk mengikuti pelatihan customer service profesional di Jakarta International Customer Service Institute (JICSI).

Sudah Punya Customer Service Bisnis Hijab yang Andal?

Demikianlah, tujuh peran penting customer service bisnis hijab yang wajib kamu ketahui. Supaya peran tersebut dapat terlaksana secara maksimal, kamu wajib memiliki customer service yang andal. Maka, pastikan kamu memilih orang yang tepat. Semoga berhasil!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​