Home » Strategi Bisnis » 6 Ide Inovasi dan Kreatifitas dalam Bisnis Hijab

6 Ide Inovasi dan Kreatifitas dalam Bisnis Hijab

Bisnis hijab merupakan salah satu bidang usaha yang tergolong banyak kompetitor. Di sinilah para pelaku bisnis di bidang tersebut perlu berbagai macam ide inovasi dan kreatifitas dalam bisnis hijab agar bisa unggul dari para kompetitor.

Di sisi lain, inovasi dan kreatifitas sangat penting di dalam sebuah bisnis untuk terus memenuhi kebutuhan konsumen. Terlebih Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas muslim dimana hijab menjadi salah satu produk yang sangat dibutuhkan.

Kenapa Inovasi dan Kreatif Penting dalam Bisnis Hijab?

Ide inovasi dan kreatifitas dalam bisnis hijab akan membantu bisnismu agar lebih mudah melakukan penyesuaian terhadap permintaan pasar. Inovasi juga akan membantu perusahaan kamu agar bisa menghasilkan produk yang berkualitas.

Inovasi tidak hanya pada kualitas produk saja, ini juga meliputi layanan yang kamu berikan kepada pelanggan. Dengan mengembangkan kualitas pelayanan maka bisnis milikmu juga akan semakin berkembang baik karena mendapatkan feedback yang bagus dari konsumen.

Sedangkan di sisi lain, kreatifitas memiliki peran penting juga untuk memenangkan persaingan pasar. Kreatifitas akan mendorong kamu untuk membuat ide-ide produk hijab yang lebih baru dan unik.

Dengan kreatifitas yang tinggi, maka tidak sulit bagi siapa saja untuk bisa menghasilkan produk premium yang lebih unggul dibandingkan kompetitor. Bahkan dengan kreatifitas kamu bisa lebih siap dalam melawan segala perubahan tren bisnis yang terjadi.

Berbagai Ide Inovasi dan Kreatif dalam Bisnis Hijab

Dengan mengaplikasikan ide yang inovatif dan kreatif maka peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar pun bisa terwujud sesuai harapan. Berikut kami paparkan langkah-langkahnya.

Memilih Bahan Berkualitas

Setiap pebisnis hijab wajib mengetahui secara mendetail terkait bahan-bahan berkualitas untuk hijab yang dijualnya. Berbekal pengetahuan ini, kamu bisa mendapatkan bahan terbaik untuk hijab yang akan dibuat atau dijual.

Pilihlah bahan yang tidak mudah kusut, halus namun tetap mudah dibentuk. Kriteria bahan seperti ini sangat disukai. Silakan pilih jenis bahan yang sesuai dengan kriteria tersebut untuk memuaskan dan memenuhi selera konsumen.

Inovasi Bahan Kain Hijab Stretch

Terkadang, beberapa pelaku bisnis hijab memilih jenis bahan yang kaku agar mudah dibentuk. Namun pada kenyataannya, bahan yang terlalu kaku terkadang tidak nyaman saat digunakan.

Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, kamu bisa menggunakan inovasi bahan stretch untuk hijab. Bahan yang satu ini tidak kaku sehingga mudah dibentuk dan konsumen bisa mengubahnya ke dalam model apa saja.

Selain mudah dibentuk, orang yang menggunakannya akan lebih nyaman karena bentuknya yang tidak kaku. Teksturnya juga dingin dan lentur sehingga mudah dirapikan kembali.

Kreatif dalam Membuat Jahitan yang Rapi dan Menarik

Kreatif dalam segi jahitan juga merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Kualitas jahitan juga menjadi bahan pertimbangan konsumen saat membeli produk hijab yang akan mereka gunakan.

Kamu bisa sedikit berinovasi dengan menggunakan jenis benang berbeda pada beberapa bagian jahitannya. Contohnya seperti untuk jahitan yang berada di bagian tepi hijab, kamu bisa menggunakan warna benang yang lebih terang/bahkan lebih gelap dari bagian yang lainnya.

Kamu juga bisa menambahkan motif agar lebih unik. Selain itu, motif akan membantu mempercantik hijab tersebut dari yang tadinya hanya warna polos saja. Silakan berkreasi sendiri untuk pemilihan motifnya.

Membuat Label dengan Desain yang Unik

Inovasi lain yang bisa coba kamu aplikasikan adalah dengan mendesain label unik dan sekreatif mungkin. Tujuannya yaitu untuk menegaskan ciri khas toko atau desainer hijab yang kamu jual. Selain itu, cara ini juga untuk menarik banyak pembeli.

Salah satu contohnya adalah dengan memasang label berupa plat logam. Label ini biasanya digunakan pada produk-produk hijab premium agar terkesan lebih elegan dan memiliki kesan mewah pada produk.

Selain itu kamu juga bisa mencantumkan label yang lebih informatif. Contohnya seperti label wash care tentang cara perawatannya.

Ide Packing Hijab yang Menarik

Jangan pernah meremehkan sebuah packing produk hijab. Cari ide yang kreatif dan inovatif dalam mengemas hijab yang kamu jual kepada konsumen. Saat ini marak sekali produk hijab yang dikemas ke dalam packaging yang tidak biasa.

Ada beberapa ide packaging yang bisa coba kamu aplikasikan. Beberapa di antaranya seperti packaging menggunakan tabung plastik premium, paper bag, box makanan, dan zipper lock. Silakan kamu pilih sesuai dengan keinginan.

Sebelum menentukan jenis packaging yang tepat,  lakukan riset lebih dahulu. Cari tahu packaging seperti apa yang saat ini banyak disukai oleh konsumen. Setelah itu baru buat packaging tersebut untuk mengemas produk hijab yang kamu pasarkan.

Menggunakan Shading Warna yang Beragam

Seperti yang banyak diketahui, saat ini variasi warna hijab semakin banyak. Selain jenis warna-warna polos, ada juga yang bermotif dan menggunakan hiasan tertentu. Jika kamu tidak suka dengan hiasan, maka berinovasilah dari segi warna.

Salah satu inovasi yang bisa coba kamu aplikasikan yaitu dengan shading warna hijab. Metode atau teknik ini akan menambah kesan colorful pada hijab yang kamu jual ke konsumen. Namun kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana teknik shading warna yang baik dan benar.

Ide inovasi dan kreatifitas dalam bisnis hijab akan membantu kamu untuk meraup untung yang lebih besar. Karena tujuannya yaitu untuk menjaring lebih banyak konsumen. Selamat mencoba.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis hijab kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! Pakai KoinWorks NEO sekarang!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​