Home » Strategi Bisnis » 5 Media Sosial yang Bisa Digunakan untuk Mempromosikan Bisnis Hijab

5 Media Sosial yang Bisa Digunakan untuk Mempromosikan Bisnis Hijab

Perkembangan bisnis hijab yang semakin ekspansif membuat persaingan dalam bisnis hijab semakin ketat. Kondisi tersebut menuntut para pelaku bisnis hijab untuk mampu membuat sistem pemasaran yang kreatif dan efektif. 

Salah satu sistem pemasaran yang efektif untuk mempromosikan bisnis hijab adalah melalui media sosial. Lalu, media sosial apa saja yang tepat untuk promosi bisnis hijab? Simak ulasan berikut ini!


Apa Pentingnya Media Sosial untuk Promosi Bisnis Hijab?

Menurut hasil riset DataReportal, total masyarakat Indonesia yang menggunakan media sosial pada Januari 2022 adalah 191,4 juta pengguna. Angka tersebut setara dengan 68,9% dari total jumlah penduduk Indonesia yaitu 277,7 juta jiwa pada Januari 2022. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 21 juta atau 12,6% dari data di tahun 2021. 

Tingginya jumlah pengguna media sosial tersebut, menjadikan sistem pemasaran hijab melalui media sosial merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan engagement pengguna. 

Besarnya jumlah pengguna media sosial juga akan memberikan kesempatan yang besar pula bagi bisnis hijabmu untuk lebih dikenal secara masif.

Ada beberapa brand hijab lokal yang telah sukses melakukan strategi pemasaran kreatif melalui media sosial. Beberapa brand tersebut antara lain Buttonscarves, Lozy Hijab, Heaven Lights, Wearing Klamby, Senja Scarf dan masih banyak lagi. 

Kesuksesan promosi brand hijab tersebut dapat dilihat dari tingginya jumlah pengikut dan interaksi antara brand itu sendiri dengan para pengguna media sosial.

Media Sosial untuk Promosi Bisnis Hijab

Menurut hasil riset DataReportal yang bertajuk Digital: 2022 Indonesia, ada beberapa media sosial yang paling populer dan sering diakses oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Jika kamu ingin menerapkan strategi pemasaran kreatif melalui media sosial, berikut 5 daftar media sosial populer tersebut:

TikTok

Salah satu media sosial yang populer akhir-akhir ini adalah TikTok. Menurut riset dari DataPortal, jumlah pengguna TikTok di Indonesia mencapai 92,07 juta pada tahun 2022. Dari jumlah tersebut, 66% diantaranya merupakan pengguna wanita dan 34% sisanya adalah pengguna pria. 

Berdasarkan jumlah tersebut, dapat diambil kesimpulan jika TikTok merupakan salah satu media sosial yang cocok untuk promosi bisnis hijab. Karena TikTok merupakan media sosial yang sangat diminati akhir-akhir ini. 

Selain itu, jumlah pengguna wanita di TikTok lebih banyak, sehingga dapat menjangkau target pasar dari bisnis hijab, yaitu para wanita.

Instagram

Instagram juga merupakan media sosial yang sangat efektif untuk promosi bisnis hijab. Menurut riset DataReportal pada tahun 2022, jumlah pengguna Instagram di Indonesia adalah 99,15 juta pengguna. Dari jumlah tersebut, 52,3% diantaranya merupakan pengguna wanita dan 47,7% sisanya merupakan pengguna pria.

Berdasarkan data tersebut juga, dapat disimpulkan jika Instagram merupakan media sosial yang cocok untuk promosi bisnis hijab. Karena persentase jumlah pengguna perempuan pada Instagram lebih banyak, sehingga menjadikan platform ini sesuai untuk target pasar dari bisnis hijab, yaitu pengguna wanita.

Instagram juga memiliki fitur Instagram Store, yaitu fitur yang dapat kamu gunakan untuk memasarkan bisnis hijabmu secara langsung layaknya e-commerce pada umumnya. Jadi, selain bisa kamu gunakan sebagai platform aktivasi brand, Instagram juga bisa kamu gunakan secara langsung untuk menjual produk hijabmu.

Facebook

Facebook juga merupakan media sosial dengan jumlah pengguna yang besar. DataReportal menyatakan dalam risetnya bahwa pada tahun 2022 jumlah pengguna Facebook mencapai 129,9 juta dengan 44% pengguna wanita dan sisanya 56% adalah pengguna pria.

Meskipun persentase jumlah pengguna wanita lebih sedikit, namun jumlah dan jangkauannya masih lebih besar daripada 2 media sosial sebelumnya. Facebook juga merupakan salah satu media sosial yang sering digunakan untuk promosi hijab oleh para pemilik bisnis hijab.

YouTube

Jika kamu ingin mencari media sosial untuk promosi hijab dengan model platform yang sedikit berbeda dari beberapa media sosial sebelumnya, kamu bisa menggunakan YouTube. 

Menurut DataReportal, YouTube adalah media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Jumlah pengguna YouTube di Indonesia pada tahun 2022 adalah 139 juta atau setara dengan 50% populasi penduduk Indonesia itu sendiri. 

Dari jumlah tersebut, 46,9% diantaranya merupakan pengguna wanita dan sisanya 53,1% di antaranya adalah pengguna pria.

Jika kamu ingin melakukan promosi bisnis hijab melalui YouTube, kamu bisa memulainya dengan membangun kanal YouTube untuk brand hijabmu dan melakukan aktivasi brand melalui konten-konten video YouTube. 

Ketika membangun interaksi dengan target pasar hijabmu, maka strategi tersebut akan membantumu menumbuhkan brand awareness untuk bisnis hijabmu. 


Tertarik untuk Mempromosikan Bisnis Hijab Kamu di Media Sosial?

Setelah mengetahui apa saja media sosial untuk promosi bisnis hijab, apakah kamu tertarik untuk memulai promosi bisnis melalui platform di atas? Jika iya, kamu bisa memilih beberapa media sosial tersebut sebagai langkah awal untuk mempromosikan bisnis hijabmu. 

Kamu bisa mulai merencanakan tema konten dan branding seperti apa yang kamu mau bangun untuk bisnis hijabmu. Referensi tema konten dapat kamu temukan di internet atau melalui akun media sosial kompetitor. Tapi ingat, jangan sampai mencuri kontennya ya! Selamat mencoba!


Butuh satu aplikasi yang bisa membantu mempermudah bisnis kamu mulai dari gratis biaya transfer, invoice dan laporan keuangan otomatis, sampai dengan akses mudah untuk bertransaksi kapan pun dan dimanapun?

KoinWorks NEO adalah jawaban dari semua kebutuhan kamu!

Cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini.

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​