Home » Strategi-bisnis » Cara Meningkatkan Keahlian Karyawan dalam Bisnis Hijab

Cara Meningkatkan Keahlian Karyawan dalam Bisnis Hijab

Cara Meningkatkan Keahlian Karyawan dalam Bisnis Hijab

Pada saat mengelola bisnis hijab, tentunya kamu memiliki beberapa karyawan untuk membantumu. Kamu juga perlu meningkatkan keahlian dari para karyawan yang ada agar bisnis kamu semakin berkembang dan berkualitas tinggi.

Jika kualitas dan keahlian para karyawan kamu mengalami peningkatan, maka secara tidak langsung kualitas kinerja mereka juga akan meningkat. Sehingga, mampu memberikan dampak positif terhadap bisnis hijab milikmu. 

Misalnya, kamu mampu menghasilkan jenis hijab yang berbeda dan berpotensi laku keras di pasaran, mampu menarik semakin banyak pelanggan, dan lain-lain. Mau tahu cara meningkatkan keahlian karyawan kamu? Simak 5 caranya di bawah ini!

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Karyawan Bisnis Hijab

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan kemampuan khusus karyawan dalam bisnis hijab.

Lakukan Training Awal 

Sebelum memulai berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan karyawan pada bisnis hijabmu, pastikan seluruh karyawanmu telah mengetahui seluk beluk bisnis yang kamu miliki. Hal ini bertujuan untuk menyamakan tujuan antara pemilik bisnis dan karyawan, sehingga akan tertuju pada satu tujuan yang sama. 

Oleh karena itu, penting untuk dilakukan training awal saat seorang karyawan memulai kerja pertamanya. Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan ketika melakukan training awal pada karyawan:

  • Menjelaskan visi misi perusahaan dan memastikan karyawan tersebut memahaminya.
  • Memberi pengetahuan seluk beluk bisnis seperti divisi apa saja yang ada di bisnismu.
  • Memberi training sesuai jobdesc harian karyawan tersebut.
  • Memastikan karyawan memahami jobdescnya secara baik dengan melakukan kontrol secara berkala

Beri Akses untuk Melakukan Pelatihan Kemampuan Online

Apabila kamu sudah memastikan karyawanmu memahami seluk beluk perusahaan, selanjutnya kamu dapat melakukan berbagai macam training yang relate dengan bisnismu. Tidak usah bingung, jaman sekarang sudah tersedia berbagai macam kelas skill training secara online seperti:

Dalam website tersebut, kamu bisa menemukan berbagai macam skill training yang dibutuhkan karyawan. Platform training tersebut memang tidak gratis, namun dapat menjadi investasi besar untuk kemajuan perusahaan. Mulai dari Rp100 ribu, kamu bisa membeli layanan pelatihan secara online. 

Usahakan training yang kamu berikan dapat menunjang performa bisnismu seperti:

  • Online/ digital marketing
  • Copywriting 
  • KOL specialist 
  • Social media planning
  • Finansial dan lain sebagainya.

Undang Trainer Profesional untuk Melakukan Pelatihan

Melakukan pelatihan secara online saja rasanya tidak cukup. Tidak afdol jika tidak melakukan pelatihan secara langsung bersama seluruh karyawan. Ya, kamu sesekali dapat mengundang skill trainer profesional untuk memberikan kelas pelatihan khusus kepada karyawanmu.

Pelatihan secara langsung berupa seminar atau workshop biasanya dilakukan banyak perusahaan untuk meningkatkan performa kinerja karyawan. Walaupun bisnismu belum sebesar perusahaan, tidak ada salahnya untuk mencoba mengadakan workshop dan seminar khusus karyawan.

Untuk melakukan workshop kamu dapat mengundang pakar di bidang yang ingin kamu kuasai. Tidak usah terlalu besar, kamu bisa memulai dengan orang di sekitarmu yang memiliki keahlian khusus seperti:

  • Keluarga 
  • Teman kuliah 
  • Rekan bisnis 

Atau, jika kamu ingin pelatihan yang kamu berikan berjalan lebih maksimal, kamu dapat mengundang seseorang yang expert di bidangnya. Kamu dapat mencari trainer tersebut melalui platform sosial media LinkedIn dengan keyword khusus seperti “Social Media Specialist”, “Marketer”, dan lain sebagainya. 

Untuk biaya, kamu dapat menegosiasikan dengan trainer, umumnya biaya berkisar antara Rp 2 juta hingga puluhan juta, tergantung dengan popularitas trainer.

Tetapkan Target Kerja Sesuai Hasil Training

Tujuan memberikan training khusus pada karyawan bisnis hijab kamu adalah untuk meningkatkan performa bisnis. Jadi, percuma saja jika hasil dari pelatihan atau workshop tidak diterapkan di dalam pekerjaan. Untuk itu, kamu dapat memberi sebuah target tertentu pada karyawan yang telah melaksanakan sebuah workshop.

Target kerja bisa ditetapkan per periode, entah itu perminggu atau perbulan. Berikut adalah salah satu contoh target kerja untuk divisi social media specialist setelah melakukan training tentang pengembangan konten sosial media:

  • Minggu 1: Karyawan membuat kalender konten planning. 
  • Minggu 2: Karyawan mengeksekusi hasil konten planning.
  • Minggu 3: Tetapkan target penambahan followers setiap minggu.
  • Minggu 4: Tetapkan goals pada advertising tools seperti jumlah like, share, dan lain sebagainya.

Untuk divisi-divisi lainnya, target kerja dapat kamu kembangkan sesuai kebutuhan bisnis dan sesuai dengan training yang telah dilaksanakan.

Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Setelah semua upaya untuk meningkatkan kemampuan karyawan telah kamu lakukan, maka tahap selanjutnya adalah tahap evaluasi untuk melihat seberapa efektif usaha yang telah kamu lakukan. Evaluasi bisa dilakukan secara berkala agar tujuan bisnismu bisa tercapai.

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan evaluasi kerja:

  • Tetapkan indikator ketercapaian hasil kerja. 
  • Buat form checklist apakah indikator tersebut tercapai atau tidak.
  • Buat questionnaire atau lakukan wawancara pada karyawan, terkait kesulitan untuk mencapai target kerja.
  • Modifikasi strategi peningkatan kemampuan karyawan apabila diperlukan.

Yuk, Tingkatkan Kemampuan Karyawan Bisnis Hijab?

Demikianlah 5 cara untuk meningkatkan kemampuan khusus bagi karyawan dalam bisnis hijab yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa untuk konsisten dalam melakukannya, agar mendapatkan hasil yang maksimal!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Meningkatkan Keahlian Karyawan dalam Bisnis Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​