Home » Strategi-bisnis » Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan dalam Bisnis Hijab

Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan dalam Bisnis Hijab

Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan dalam Bisnis Hijab

Mengelola bisnis hijab bukanlah hal yang mudah. Pasang surut menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis tersebut. Akan tetapi, jika mengetahui strategi mengatasi penurunan penjualan, sedikit banyak kamu bisa menekan angka kerugian. Selain itu juga diperlukan motivasi agar pada saat terjadi penurunan penjualan bisnis hijab agar kamu tidak patah semangat dalam berbisnis.

Untuk membantu mengatasi penurunan penjualan, berikut kami jelaskan beberapa strategi khusus dan praktis yang bisa kamu aplikasikan.  

Analisis Penyebab Penurunan Penjualan Bisnis Hijab

Sebelum kami bahas strategi mengatasi penurunan penjualan, alangkah baiknya kami paparkan analisis terkait penyebab-penyebabnya. Tujuannya agar kamu bisa mengimplementasikan strategi yang ideal sesuai permasalahan. Berikut apa saja penyebab-penyebabnya.

  • Tidak memanfaatkan media sosial untuk pemasaran maupun promosi.
  • Kualitas produk hijab mengalami penurunan sehingga konsumen merasa tidak puas. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya sejumlah keluhan dari konsumen.
  • Harga yang ditetapkan tidak terjangkau dan jauh berbeda dengan produk hijab lain yang setara.
  • Kurangnya inovasi dalam menciptakan produk hijab yang baru.
  • Ketersediaan atau stok barang selalu kosong.
  • Pelayanan kurang memuaskan sehingga konsumen kurang puas berbelanja di tempatmu.
  • Lokasi bisnis kurang strategis dan sulit dijangkau oleh konsumen maupun calon konsumen .
  • Menurunnya kegiatan sales promotion sehingga produk kamu kurang populer dibandingkan kompetitor.
  • Terjadinya perubahan selera konsumen.
  • Strategi promosi maupun pemasaran kompetitor jauh lebih efektif sehingga membuatmu mengalami ketertinggalan dalam pemasaran.

Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan Bisnis Hijab

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, sedikit banyak kamu telah mengetahui langkah apa yang harus dilakukan. Lebih lanjut, berikut kami sudah merangkum beberapa strategi yang bisa kamu aplikasikan untuk mengatasinya.

Analisa dan Evaluasi Terhadap Tren Pasar

Tinjau dan evaluasi secara berkala pada laporan penjualan dan tren terbaru. Hal ini merupakan langkah pertama yang penting. Pantau riwayat penjualan dan temukan faktor yang mengakibatkan penjualan bisnis hijab menjadi anjlok.

Dari data yang ditemukan melalui analisa dan evaluasi, maka kamu bisa menentukan produk mana saja yang tidak laku. Di sisi lain kamu juga akan menemukan data produk yang banyak peminatnya.

Berdasarkan dari data tersebut, maka kamu bisa memperoleh ide baru dalam menerapkan strategi pemasaran. Contohnya yaitu mengurangi atau menghentikan produk hijab yang tidak laku dan meningkatkan produksi hijab yang banyak peminatnya.

Mempromosikan dan Memasarkan Bisnis Hijab di Media Sosial

Memiliki akun bisnis di media sosial sangat penting. Jika tidak melakukannya, maka pemasaran dan promosi kamu akan tertinggal dari kompetitor.

Platform media sosial juga merupakan tempat yang tepat untuk promosi maupun pemasaran. Selain bisa menjangkau banyak orang, kamu bisa memanfaatkannya secara gratis maupun berbayar sesuai dengan budget promosi yang sudah ditentukan.

Jika promosi dilakukan secara rutin, maka potensi penjualan produk hijab kamu akan meningkat secara perlahan. Saat ini media sosial telah menjadi solusi promosi yang efektif untuk para pebisnis di seluruh dunia.

Membuat Strategi Promosi Bisnis Hijab yang Ideal

Strategi promosi terbukti ampuh untuk meningkatkan minat pembeli. Susunlah strategi promosi yang ideal untuk bisnis kamu. Salah satu contoh membuat promo paket bundling gabungan produk yang banyak peminatnya dengan produk lain.

Kamu bisa menggabungkan produk hijab terbaik dan banyak peminatnya dengan hijab yang tidak atau kurang laku. Atau bisa juga dengan menggabungkan produk terbaik dengan stok yang lama.

Paket promo ini akan meningkatkan potensi jual barang lama sehingga tidak ada stok yang mengendap di gudang. Selain itu cara ini juga menjadi strategi untuk mengatasi penurunan penjualan yang diakibatkan oleh barang-barang yang tidak laku.

Meningkatkan Kualitas Layanan

Mengatasi penurunan penjualan tidak hanya berfokus pada kualitas produk. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kualitas pelayanan yang dinilai tidak baik oleh konsumen pun harus menjadi bahan perbaikan dalam bisnis.

Pelayanan usaha berkaitan dengan tingkat kepuasan para pelanggan. Maka dari itu kamu harus selalu memastikan setiap pelanggan terlayani dengan baik. Cara ini terbukti ampuh untuk mempertahankan pelanggan lama.

Kreatif dan Inovatif

Lakukan survei produk hijab yang saat ini sedang populer di pasaran. Jika ada hijab yang populer namun belum dijual di tempatmu, mulailah untuk merancang model baru yang akan kamu pasarkan berdasarkan survei tadi.

Buatlah produk sekreatif mungkin. Dengan hadirnya produk baru ini, maka kamu bisa menjangkau konsumen baru yang sedang mencari produk tersebut. Selain itu, inovasi kamu ini juga menjadi sebuah produk yang ‘fresh’ bagi para pelanggan lama.

Ketersediaan produk yang lengkap juga memberikan solusi alternatif bagi para konsumen untuk memilih jenis hijab yang mereka inginkan.

Menghindari Potongan Harga di Masa Sulit

Strategi promosi bundling tetap bisa kamu aplikasikan pada masa-masa sulit atau saat bisnis sedang mengalami penurunan penjualan. Namun pastikan kamu tidak menawarkan diskon atau potongan harga.

Diskon bisa kamu berikan ketika kondisi bisnis sedang dalam keadaan baik. Sedangkan ketika di masa sulit, diskon akan berdampak buruk pada bisnis milikmu.

 

Itulah beberapa strategi mengatasi penurunan penjualan dalam bisnis hijab yang saat ini sedang kamu jalankan. Semoga informasi ini berguna untuk bisnis yang sedang kamu jalankan


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Mengatasi Penurunan Penjualan dalam Bisnis Hijab

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​