Home » Strategi Bisnis » Meningkatkan Omset dalam Bisnis Hijab

Meningkatkan Omset dalam Bisnis Hijab

Semua pelaku bisnis pasti mengharapkan nilai omset yang terus meroket. Begitu juga pemilik bisnis hijab, pasti ingin produknya laku keras di pasaran dan mencapai omset yang memuaskan. Ada strategi meningkatkan omset yang bisa diterapkan oleh para pebisnis. Strategi ini tentu akan membantu para pebisnis mencapai tujuan secara optimal. 

Bisnis memang perlu dikembangkan dari waktu ke waktu. Nilai omset yang sudah berhasil dicapai harus terus ditingkatkan agar bisnis bisa terus bertahan dan berkembang. Itulah mengapa dibutuhkan langkah tepat untuk membuat omset penjualan terus berlipat. 

Strategi Meningkatkan Omset secara Efektif

Penjualan dan peningkatan omset memang menjadi tantangan besar bagi para pebisnis. Jika tidak menerapkan strategi yang tepat, maka hal tersebut tak akan bisa berkembang lebih jauh. Berikut akan dibahas beberapa strategi untuk meingkatkan omset bisnis secara efektif:

Meningkatkan Konversi

Langkah pertama agar omset bertambah adalah meningkatkan konversi. Jika brand atau bisnis yang dikelola sudah cukup banyak dikenal oleh masyarakat, maka harus ada strategi untuk meningkatkan angka konversi. Konversi merupakan tindakan yang diinginkan oleh pebisnis untuk dilakukan oleh target pasar. Dalam hal ini tentu saja tindakan membeli produk hijab. 

Lalu, apa yang bisa dilakukan agar konversi meningkat? Kuncinya terletak pada promosi. Lakukan promosi yang efektif dan menarik sesuai target pasar. Berikan penawaran yang menarik sehingga target audiens tertarik untuk melakukan transaksi dan menyelesaikan pembelian. 

Selain itu, tingkatkan juga penampilan bisnis dan produk yang ditawarkan. Buatlah display yang menarik, unggah foto produk yang bagus, tampilkan ulasan dari pembeli sebelumnya. Ini semua akan berkontribusi dalam peningkatan angka konversi.

Memperluas Jangkauan Pasar

Untuk meningkatkan omset, maka kamu harus bisa meningkatkan angka penjualan. Ini bisa tercapai jika kamu memperluas jangkauan pasar. Semakin luas jangkauan pasar bisnismu, maka semakin tinggi juga peluang peningkatan angka penjualan. Oleh sebab itu mulailah melakukan ekspansi dan perluas jangkauan pasarmu. 

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan supaya jangkauan pasar meluas. Misal dengan mengembangkan bisnis ke berbagai platform online. Jika sebelumnya hanya lewat media sosial, kamu bisa merambah e-commerce dan website. Bisa juga dengan menambah banyak varian produk sehingga masuk ke selera berbagai kalangan konsumen.

Melakukan Scale Up

Strategi meningkatkan omset berikutnya adalah dengan melakukan scale up. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan daya ungkit pelanggan yang sudah ada baik itu pelanggan lama maupun baru. Cari strategi bagaimana agar pelanggan mau melakukan pembelian dalam jumlah yang lebih besar lagi. Misal, memberi penawaran promo untuk pembelian skala besar. 

Scale up juga dilakukan dengan cara mengaktifkan kembali pembeli yang sudah lama tidak melakukan transaksi. Contoh kasus, ada pelanggan yang dulu loyal melakukan pembelian, tetapi tidak melakukan transaksi dalam jangka waktu lama. Coba beri penawaran khusus dan menggunakan call-to-action yang mengajak pembeli loyal kamu untuk melakukan transaksi lagi. 

Kunci dari strategi scale up ini adalah database. Kamu harus memiliki database pelanggan lama dan baru. Jadi kamu lebih mudah untuk memberikan penawaran khusus agar bisa mengungkit kembali angka penjualan.

Meningkatkan Inovasi

Omset juga bisa meningkat tajam jika kamu terus melakukan inovasi. Inovasi sangat penting dalam sebuah pengelolaan bisnis. Saat ini, persaingan bisnis semakin ketat, jadi kamu harus terus kreatif menghadirkan inovasi-inovasi baru yang menarik para konsumen. Inovasi yang kamu tawarkan tidak hanya efektif untuk menjaring calon konsumen baru, namun juga bisa membangkitkan minat para konsumen lama. 

Untuk produk hijab, coba buat inovasi desain hijab yang berbeda dan unik. Kamu juga bisa melakukan inovasi dengan berkreasi melalui material hijab yang digunakan. Contoh, menggunakan material ramah lingkungan yang belum pernah diproduksi sebagai hijab.

Melakukan Evaluasi Berkala

Pastikan selalu ada waktu untuk melakukan evaluasi. Evaluasi bisnis secara berkala sangat penting agar omset penjualan bisa terus meningkat. Jika tidak ada evaluasi, bagaimana pebisnis bisa mengetahui apa yang kurang dan apa yang harus ditingkatkan? Pada dasarnya peningkatan omset hanya bisa dicapai jika bisnismu terus berkembang semakin baik, bukan? 

Lakukan evaluasi sejauh apa pencapaian yang sudah dicapai. Analisa terhadap target penjualan yang berhasil dicapai sejauh ini. Kamu juga bisa membuat strategi yang lebih efektif supaya angka penjualan bisa meningkat pesat. Tentu evaluasi ini hanya bisa dilakukan jika kamu membuat catatan atau jurnal yang lengkap mengenai pengembangan bisnis.

Tingkatkan Omset dan Kembangkan Bisnis Lebih Jauh

Strategi yang kamu lakukan untuk meningkatkan omset harus diimbangi dengan pengelolaan yang tepat. Artinya, jika kamu sudah berhasil mencapai omset penjualan lebih tinggi, maka kelola sebaik mungkin. Jadikan ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan bisnis lebih jauh. 

Semua brand besar yang berkembang di Indonesia saat ini pasti memulai dari nol. Pencapaian tersebut didapatkan karena pengelolaan omset yang optimal. Oleh sebab itu, kamu harus bisa memanfaatkan keuntungan sebaik mungkin untuk memperoleh hasil yang lebih tinggi lagi. 

Terapkan semua strategi meningkatkan omset tersebut dalam pengelolaan bisnis hijab. Dalam pelaksanaannya, pasti kamu akan menemui banyak tantangan. Namun tak perlu takut dan ragu karena setiap tantangan tersebut justru akan membuat bisnismu semakin kuat.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis hijab kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! Pakai KoinWorks NEO sekarang!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​