Home » Strategi Bisnis » 6 Strategi Mendapatkan Bahan Baku Katering yang Berkualitas

6 Strategi Mendapatkan Bahan Baku Katering yang Berkualitas

6 Strategi Mendapatkan Bahan Baku Katering yang Berkualitas

Sejak dahulu, katering menjadi bisnis rumahan yang memiliki banyak peminat. Namun, usaha ini juga harus memperhatikan beberapa aspek, salah satunya adalah bahan baku. Jadi, kamu harus memahami strategi mendapatkan bahan baku berkualitas untuk bisnis katering.

6 Tips Menentukan Bahan Baku Katering Berkualitas

Berikut ini enam tips untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas:

Menentukan Kriteria Bahan Baku

Sebelum memilih supplier untuk bahan baku, kamu bisa mencatat kriteria apa saja yang kamu inginkan. Strategi mendapatkan bahan baku berkualitas untuk bisnis katering ini sangatlah membantu.

Ada beberapa aspek yang bisa dijadikan sebagai penilaian kriteria, antara lain seperti bahan makanan, harga, jenis pelayanan, kecepatan, kemudahan dalam membayar, dan ketepatan pengiriman sesuai perjanjian awal. 

Misalnya, jika supplier tidak mengirim bahan baku dengan tepat waktu, maka sebaiknya pertimbangkan kembali untuk menggunakan jasanya. Ini juga berlaku pada bahan makanan yang ternyata tidak sesuai kriteria kamu.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan anggaran modal. Pertimbangkan kemungkinan berapa banyak total anggaran yang kamu keluarkan untuk membeli bahan baku yang berkualitas. 

Misalnya, harga ayam potong segar dengan kualitas bagus berada pada kisaran harga Rp 41 ribu per kg. Kemudian, wortel segar dengan kualitas terbaik, harganya sekitar Rp 40 ribu. 

Maka, sebaiknya hindari memilih bahan dengan harga di bawah standar. Karena kualitasnya tidak terjamin. Kamu bisa melihat referensi harga bahan baku berkualitas melalui mesin pencarian Google.

Meminta Sampel Produk

Sampel produk sangatlah penting untuk kamu minta. Sebab, kamu bisa memeriksa seberapa berkualitasnya bahan baku dengan menggunakan sampel produk tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa memilih bahan baku mana yang paling cocok untuk bisnis katering milikmu. Bahan baku dengan kualitas yang tinggi akan memberikan kepuasan untuk para konsumen.

Pastikan Bahan Baku Memiliki Keamanan yang Baik

Keamanan makanan menjadi strategi mendapatkan bahan baku berkualitas untuk bisnis katering yang perlu diperhatikan. Kebanyakan konsumen akan peduli tentang seberapa higienisnya makanan, karena berhubungan dengan kesehatan.

Oleh sebab itu, cari tahu langkah-langkah apa yang supplier lakukan untuk membuat bahan baku menjadi aman dari serangan penyakit. Pastikan juga bahwa supplier memiliki sertifikasi keamanan, sertifikat halal, dan lain sebagainya.

Cari Tahu Pengalaman Supplier

Strategi ini bisa kamu lakukan cara mencari tahu siapa saja klien yang pernah bekerja sama dengan supplier. Cara paling awam untuk mengetahui pengalaman supplier adalah melihat sosial media mereka atau bertanya dengan klien yang pernah bekerja sama.

Jika supplier melakukan memasok bahan baku ke klien besar seperti supermarket, maka ada kemungkinan bahwa kualitas mereka memang sudah terjamin.

Itu berarti kesibukan supplier juga akan lebih dari perkiraan. Nah, jika kamu ingin pelayanan yang lebih personal, maka kamu bisa menggunakan supplier yang bekerja untuk bisnis kecil. Misalnya, seperti UMKM.

Jika nantinya ada jumlah pesanan katering yang besar dan pasokan bahan baku tidak menjamin, maka cara ini bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan. Tentukan supplier yang memang sesuai kebutuhan bisnis katering milikmu, ya!

Kebijakan Pengembalian Bahan Baku

Ketika bekerja sama, tentunya tidak bisa dipungkiri bahwa ada saja masalah yang dapat terjadi. Misalnya, pengiriman bahan baku yang salah, kualitasnya tidak sesuai kriteria, kerusakan bahan baku, dan lain sebagainya. 

Dengan strategi mendapatkan bahan baku berkualitas untuk bisnis katering yang satu ini, kamu bisa melakukan pengajuan untuk mengembalikan bahan baku.

Untuk meminimalisir kesalahpahaman, sebaiknya kamu bertanya tentang kebijakan pengembalian bahan baku kepada supplier. Misalnya, seperti waktu pengembalian, biaya ongkos pengiriman, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa mencegah terjadinya kerugian bahan baku.

Ketepatan Pengiriman

Ketika berhasil memilih supplier, hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah ketepatan pengiriman bahan baku. Pastikan bahwa kamu tahu tentang aspek-aspek pengirimannya. Misalnya, jadwal pengiriman sesuai supplier maupun kebutuhan klien.

Pertimbangkan juga apakah supplier mampu mengirimkan bahan baku berkualitas secara tepat waktu. Hal-hal tersebut dapat menjadi pertimbangan kamu dalam menjaga bahan baku. Agar bahan baku tetap dalam kondisi yang segar, kamu bisa menggunakan jasa pengiriman instan, seperti gojek, grab, dan lain sebagainya.

Ciri Bahan Baku Katering yang Berkualitas

Berikut beberapa ciri bahan baku berkualitas yang perlu kamu perhatikan:

Warna

Misalnya, pada sayuran, pastikan bahwa kamu memilih warna yang rata tanpa adanya jamur dan bintik hitam. Sehingga, sayuran tidak akan mudah layu. 

Untuk buah-buahan, ada beberapa buah yang memiliki warna tidak terlalu pekat dan tingkat warna yang berubah-ubah. Misalnya pisang, jika pisang memiliki titik-titik coklat. Maka buah tersebut sudah mencapai kematangan secara maksimal.

Tips menentukan warna daging cukup bervariasi. Pilih daging sapi yang memiliki warna cherry yang cerah, ini membuktikan bahwa daging tersebut fresh. Untuk daging unggas, sebaiknya pilih yang berwarna pink. Sementara daging kambing, pilihlah warna soft pink atau merah dengan lemak putih. 

Aroma

Secara umum, bahan baku dengan kualitas kesegaran yang baik akan beraroma segar. Namun, ada juga beberapa bahan baku yang akan memiliki bau cukup menyengat. Misalnya kubis, bubuk cabe, jinten, ikan, dan lain sebagainya.

Tekstur

Ada beberapa bahan baku yang tingkat kesegarannya ditentukan oleh tekstur. Salah satunya adalah buah melon. Dengan tekstur kenyalnya yang dominan, buah melon sudah siap untuk disantap. 

Ada juga tomat dan jamur yang bertekstur sedikit kenyal saat sudah matang. Selain itu, tekstur padat pada kentang juga menandakan kesegaran dan kematangannya. 

Sudah Siap Mendapatkan Bahan Baku Berkualitas?

Jika kamu ingin memiliki bahan baku yang berkualitas, maka lakukan strategi mendapatkan bahan baku berkualitas untuk bisnis katering di atas. Bahan baku berkualitas membuat kesuksesan bisnis katering semakin dekat di depan mata!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​