Home » Strategi Bisnis » 6 Trik Mendapatkan Konsumen Setia Bisnis Katering

6 Trik Mendapatkan Konsumen Setia Bisnis Katering

6 Trik Mendapatkan Konsumen Setia Bisnis Katering

Indonesia selain kaya akan budaya juga kaya akan makanan. Itulah mengapa banyak orang sekarang ini membuka bisnis katering. Maka dari itu, kamu harus bisa menemukan konsumen yang setia terhadap produk masakanmu untuk dapat memenangkan persaingan bisnis katering. Yuk, simak triknya di bawah ini!

6 Trik Mendapatkan Konsumen Setia Bisnis Katering!

Alasan utama mengapa pelanggan kamu dapat kembali adalah karena mereka merasa menikmati kelezatan makanan yang pas dan puas terhadap pelayanan kamu. Maka dari itu, 6 hal berikut bisa membantumu untuk mendapatkan pelanggan yang setia pada produk katering milikmu:

Memakai Bahan dengan Kualitas Bagus

Bisnis katering sangat identik dengan rasa dan tekstur masakan. Maka dari itu, jika ingin membuat konsumen kamu setia dengan produk masakan yang kamu jual, kamu perlu menjaga kualitas bahan masakan sesuai dengan standar yang berlaku.

Contohnya, pilihlah daging, ikan, dan sayuran yang masih fresh. Tentunya, bahan makanan yang masih fresh akan sedikit lebih mahal. Ciri-ciri daging ayam fresh adalah berwarna merah muda, warnanya masih terlihat bagus dan tidak menghitam, serta tidak berbau busuk.

Daging ayam fresh dan utuh berkisar sekitaran Rp 60 ribu per kg. Sedangkan daging ayam potong yang kualitasnya tidak terjamin memiliki kisaran harga yang lebih murah, yaitu Rp 27,5 ribu per kg.

Meningkatkan Menu dan Harga Terbaik

Banyak konsumen yang tertarik kepada bisnis katering karena bisnis tersebut dapat memberikan menu baru dan spesial dengan harga yang terbaik. Kamu bisa melakukan hal ini dengan cara menambah daftar menu dengan mengikuti tren sekarang ini.

Kamu juga dapat menambah variasi makanan yang ada pada paket kateringmu. Misalnya, kamu menambahkan buah dan puding seharga Rp 2 ribu per kotak sehingga para konsumen menemukan hal yang istimewa darimu dibanding para pebisnis katering lainnya.

Untuk para pebisnis katering yang baru saja merintis, kamu dapat menawarkan harga yang istimewa dengan keuntungan sedikit. Misalnya, kamu bisa menawarkan harga Rp 30 ribu per kotak makanan dengan keuntungan sekitar Rp 7 ribu per kotak.

Cara ini terbukti cepat menarik konsumen dibanding dengan menjual makanan mahal, namun tidak sesuai dengan kualitas rasa.

Tetap Jaga Kualitas Pelayanan

Persaingan bisnis katering termasuk sangat sengit. Maka dari itu, kamu harus dapat meningkatkan kualitas dalam pelayanan. Contoh yang dapat kamu lakukan dalam langkah meningkatkan kualitas pelayanan ini, misalnya dengan mempermudah proses transaksi dan daftar harga yang dapat dipilih oleh para konsumen.

Kamu bisa membuat aplikasi atau website online agar konsumen mudah untuk memesan produk tanpa harus bertemu tatap muka denganmu. Tentu saja, membuat iklan dan mengenalkan produk bisnis katering di media sosial memiliki 2 opsi, yaitu berbayar dan tidak berbayar.

Jika kamu tidak mengerti caranya membuat website atau aplikasi online, kamu dapat menyewa jasa para programming yang sudah terbukti mampu membuat website yang berjalan dengan baik. Kisaran harga untuk menggunakan jasa pembuatan website adalah sekitar Rp 3 juta.

Meminta Feedback

Konsumen atau pembeli pasti akan merasa senang jika kamu bersedia untuk dikomentari. Dalam membuka usaha katering, kamu diharapkan terus belajar dan mengupgrade bisnis.

Kamu dapat membuat kotak suara di dekat mesin kasir atau membuat halaman khusus feedback online menggunakan Google Forms atau platform lain.

Perbaikilah layanan bisnis katering menurut saran dari konsumen. Misalnya, ketika konsumen memberi feedback untuk mengganti kotak bungkus makanan dengan yang lebih kokoh, kamu bisa memilih untuk menggunakan kotak mika seharga Rp 52 ribu per 25 pcs.

Memberikan Penawaran atau Diskon

Trik selanjutnya untuk meningkatkan jumlah konsumen setia pada bisnis kateringmu adalah dengan memberikan penawaran atau diskon kepada para pelanggan dengan ketentuan tertentu.

Dengan cara ini, kamu tidak hanya menarik pelanggan setia. Tetapi kamu juga dapat menarik pelanggan-pelanggan baru untuk mencoba produk makananmu. Contohnya, kamu memberikan diskon sebesar 10% untuk para pelanggan yang memesan lebih dari 500 kotak makanan.

Menjaga Kebersihan Produk Makanan

Kamu juga dapat mengambil hati para konsumenmu dengan cara menjaga kebersihan produk makanan dengan cara menjaga dapur atau restoran tetap bersih. Hindari pertumbuhan jamur pada meja dan dinding, serta dapurmu. Kamu dapat menyimpan bahan makanan yang belum terpakai dan akan dipakai ke dalam lemari bersih.

Menjaga kebersihan untuk produk makanan bukan hanya meningkatkan kualitas masakan, namun juga meningkatkan rasa aman dan nyaman ke setiap konsumen yang ingin memesan darimu.

Jika kamu merasa tidak bisa membersihkan sendiri, kamu dapat menyewa jasa pembersih dari online atau offline yang terbukti akan kualitasnya. Hal ini juga berlaku untuk jamur-jamur yang selalu ada pada kompor kamu.

Memesan jasa pembersih online beragam harganya, yakni sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 1 juta tergantung seberapa jorok spot yang ingin kamu bersihkan.

Manakah Trik yang Sudah Kamu Lakukan?

Itulah 6 trik yang dapat kamu lakukan untuk menarik konsumen agar setia ke bisnis katering milikmu. Nah, dari semua trik tersebut, mana yang sudah dan akan kamu lakukan selanjutnya?


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​