Home » Strategi-bisnis » 6 Cara Jitu Mengembangkan Cabang di Bisnis Konveksi

6 Cara Jitu Mengembangkan Cabang di Bisnis Konveksi

6 Cara Jitu Mengembangkan Cabang di Bisnis Konveksi

Bagaimana cara mengembangkan cabang pada sebuah bisnis konveksi?

Semua industri bisnis tentu punya potensi untuk membangun cabang sebagai wujud ekspansi bisnis mereka, tidak terkecuali bagi para pemilik bisnis konveksi.

Namun, mengembangkan cabang bisnis konveksi juga membutuhkan strategi yang tepat.

Lantas, bagaimana cara mengembangkan cabang bisnis yang tepat tersebut?


6 Cara Jitu Mengembangkan Cabang di Bisnis Konveksi

Berikut adalah beberapa cara atau strategi untuk mengembangkan cabang bisnis konveksi yang bisa kamu terapkan, agar bisnis tersebut semakin maju dan sukses.

Silakan disimak!


1. Memanfaatkan pasar yang tersedia

Strategi pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengoptimalkan pasar yang ada.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan konsumen loyal untuk mengenalkan cabang bisnis yang kamu bangun tersebut.

Dibandingkan fokus untuk mencari konsumen baru dari awal, tentu lebih baik bagimu menggaet konsumen lama untuk mempromosikan cabang bisnis.

Khususnya bagi konsumen yang memang tinggal di daerah tempat cabang bisnismu berdiri.

Beberapa contoh optimalisasi pasar yang bisa kamu lakukan sebagai pemilik bisnis konveksi, antara lain menggunakan Facebook Ads dan Instagram Ads.

Kemudian, mengikuti acara publik atau pameran, hingga bergabung ke komunitas pemilik bisnis konveksi.


2. Memastikan kestabilan cabang utama

Dalam membangun dan mengembangkan cabang bisnis konveksi, terlebih dulu kamu harus memastikan jika pengelolaan pada bisnis utama sudah baik dan stabil.

Pasalnya, fokusmu nanti akan terpecah ketika harus mengurus cabang utama dan cabang yang baru.

Oleh karena itu, kamu wajib memastikan cabang utamamu sudah stabil, dan memiliki omzet yang tetap.

Adapun contoh bisnis yang stabil adalah memiliki omzet dan profit yang stagnan atau bahkan terus meningkat, mempunyai konsumen tetap, hingga memiliki supplier bahan baku yang tetap.

Dengan memastikan jika bisnis utama sudah stabil, maka kamu bisa lebih fokus membangun cabang bisnis yang pengelolaannya masih belum stabil, dan membutuhkan perhatian lebih.


3. Melakukan analisis lokasi

Menganalisis lokasi baru menjadi hal penting lain yang tak boleh ketinggalan dalam penetapan strategi untuk mengembangkan cabang dalam bisnis konveksi.

Hal ini perlu kamu lakukan untuk membantu kamu dalam menentukan ekspektasi bisnis, hingga target omzet dan profit dalam cabang bisnis konveksi.

Adapun yang mencakup proses analisis lokasi baru, antara lain tingkat strategis dari lokasi yang kamu pilih dan data terkait target pasar yang ada di sekitar lokasi.

Selain itu, kamu juga perlu menganalisis perizinan toko atau tempat sewa yang jelas, dan sebagainya.


4. Memiliki tenaga kerja yang kompeten

Agar cabang bisnis konveksi milikmu bisa sesukses bisnis utamanya, maka kamu perlu merekrut SDM atau karyawan yang kompeten.

Sangat disarankan untuk merekrut karyawan yang sudah punya pengalaman di bidang konveksi.

Sebab, karyawan yang punya pengalaman kerja di bidang yang sama akan lebih mudah dalam menyesuaikan diri dengan ritme kerja di tempat kamu.

Selain itu, kamu juga tidak perlu memberikan pelatihan dasar kepada para karyawan, karena mereka sudah punya pengalaman serupa.

Kamu juga bisa mengambil satu orang karyawan dari bisnis utama untuk membantu mengawasi dan melakukan training terhadap karyawan yang bisnismu tempatkan di cabang baru.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir apakah operasional cabang bisnis konveksi milikmu berjalan lancar atau tidak.


5. Melakukan promosi & pemasaran

Promosi menjadi bagian dari strategi untuk mengembangkan cabang bisnis konveksi yang tidak boleh ketinggalan untuk kamu lakukan.

Apalagi dalam cabang bisnis, belum banyak orang yang mengetahui bisnis kamu.

Berkaitan dengan promosi ini juga bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Mulai dari promosi dari mulut ke mulut (word of mouth), menyebarkan brosur, memasang banner di sejumlah tempat yang strategis.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memanfaatkan media sosial sebagai platform promosi yang kini dianggap paling efektif.

Dengan akun media sosial yang kamu miliki, kamu bisa menyampaikan informasi terkait dengan cabang baru yang bisa konsumen datangi.


6. Mengelola keuangan dengan cermat

Dalam proses ekspansi bisnis, keuangan menjadi salah satu bagian yang paling krusial.

Makanya, kamu sebagai pemilik bisnis konveksi harus bisa mengelola keuangan cabang bisnis dengan baik. Mulai dari alokasi pendapatan hingga pengeluaran, wajib kamu tentukan strateginya dengan baik.

Agar proses pengelolaan keuangan bisa tertata rapi dan tepat, kamu bisa merekrut karyawan khusus untuk bagian keuangan yang sudah berpengalaman dalam bidang akuntansi dan pembukuan keuangan.

Lalu, jika cabang bisnis konveksi milikmu juga menerima metode pembayaran non-tunai, maka bisa menggunakan dompet digital untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis.


Siap Mengembangkan Cabang Bisnis Konveksi Milikmu?

Itulah beberapa cara atau strategi untuk mengembangkan cabang dalam bisnis konveksi yang bisa kamu terapkan.

Jika kamu serius melakukannya, maka kemungkinan cabang bisnis konveksi milikmu bisa sesukses cabang utama akan lebih besar.

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
6 Cara Jitu Mengembangkan Cabang di Bisnis Konveksi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​