Home » Strategi-bisnis » 5 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Konveksi

5 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Konveksi

5 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Konveksi

Apa saja faktor penting dalam pemilihan lokasi untuk memperluas bisnis konveksi milikmu?

Salah satu konsep marketing yang sering banyak bisnis gunakan adalah 4P (product, promotion, price, and place).

Dari 4 elemen marketing tersebut, seringkali terlupakan komponen penting, yaitu place atau tempat.

Pada artikel ini, kami akan mengajak kamu untuk mengulas sedikit tentang faktor pemilihan lokasi untuk ekspansi bisnis konveksi, yang sedang kamu rintis.


5 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Konveksi

Banyak bisnis yang sudah membuat produk serta promosi yang luar biasa, dengan harga yang terjangkau dan bersaing dari kompetitor.

Namun, banyak yang melupakan komponen tempat atau lokasi bisnis, sehingga seringkali pemilik bisnis memiliki kesulitan dalam melakukan ekspansi.

Nah, berikut adalah beberapa faktor pemilihan lokasi yang penting untuk kamu ketahui saat akan mengembangkan bisnis konveksi.

Silakan disimak!


1. Jarak lokasi bisnis dengan pemukiman

Faktor pertama pemilihan lokasi untuk ekspansi bisnis konveksi adalah jarak lokasi usaha dengan pemukiman warga.

Biasanya, bisnis konveksi seringkali menimbulkan suara bising dari mesin-mesin, seperti mesin jahit.

Apalagi jika kamu melakukan ekspansi bisnis, maka sudah dipastikan bisnismu menghasilkan kebisingan yang cukup mengganggu.

Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan jarak lokasi usaha dengan pemukiman warga, agar tidak mengganggu warga sekitar.

Kamu bisa pilih lokasi bisnis konveksi yang berjarak setidaknya 300 – 500 meter dari rumah warga.

Jika ingin lebih baik, kamu bisa buat lokasi bisnis konveksi kamu lebih jauh lagi dari pemukiman warga, sehingga tidak ada warga yang merasa terganggu.


2. Jarak lokasi bisnis dengan sumber air

Bisnis konveksi biasanya juga melakukan aktivitas pewarnaan, atau celup kain, sebelum kamu proses menjadi pakaian.

Limbah pewarna baju ini mengandung zat berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, bahkan kematian.

Itulah sebabnya kedekatan dengan sumber air menjadi faktor pemilihan lokasi untuk ekspansi bisnis konveksi yang harus bisnismu pertimbangkan.

Mengingat bahaya yang diakibatkan oleh pewarna pakaian ini, kamu harus memastikan lokasi bisnis konveksi kamu jauh dari sumber air.

Ini penting kamu pastikan & lakukan agar pewarna pakaian tidak meracuni sumber air yang ada di sekitarnya.


3. Luas lokasi bisnis yang cukup

Luas lahan yang akan kamu butuhkan untuk bisnis konveksi sebenarnya bervariasi, tergantung jumlah karyawan dan ukuran bisnis kamu.

Jika bisnismu cukup besar dan memiliki karyawan yang banyak, maka kamu pun akan membutuhkan lahan yang luas.

Seandainya bisnis konveksi kamu melakukan proses pembuatan bahan baku kain hingga menjadi pakaian jadi, maka lahan yang kamu butuhkan setidaknya 10 are, karena kamu perlu memotong kain yang berukuran besar.

Namun, jika bisnis kamu masih tergolong kecil, seperti hanya menjahit kain yang sudah diwarnai dan hanya menjahit saja, maka luas lahan yang kamu butuhkan mungkin hanya 5 are saja.

Jika kamu ingin mengubah bisnis menjadi lebih besar ke depannya hingga menjadi pabrik konveksi, kamu membutuhkan lahan setidaknya seluas 1 hektar.

Faktor pemilihan lokasi untuk ekspansi bisnis konveksi ini sebaiknya kamu bicarakan dengan ahlinya, yaitu ahli teknik sipil atau teknik arsitektur yang biasa menangani pembangunan pabrik besar.


4. Geografis dan iklim

Faktor pemilihan lokasi untuk ekspansi bisnis konveksi juga harus mempertimbangkan aspek geografis dan iklim.

Dalam bisnis konveksi, kamu akan membutuhkan lebih banyak sinar matahari, agar hasil celupan kain bisa kering merata secara alami.

Proses pengeringan kain ini akan membutuhkan banyak sinar matahari karena pengeringan menggunakan alat tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar.

Kamu juga sebaiknya memiliki lahan yang luas untuk bisa menjemur dan mengeringkan semua jenis pakaian yang kamu jual.

Inilah sebabnya pemilihan faktor lokasi usaha sangatlah penting dalam bisnis konveksi.


5. Kemudahan akses

Pastikan bisnis konveksi kamu memiliki kemudahan akses untuk mencapainya, khususnya dari kota.

Meskipun kamu membuat lokasi usaha yang jauh dari pemukiman warga, namun pastikan lokasi bisnis konveksi kamu tetap mudah dijangkau oleh calon konsumen.

Kemudahan akses ini juga membantu meningkatkan penjualan produk bisnis karena jika lokasinya terlalu jauh dari pusat kota, terkadang calon konsumen enggan membeli produk dari kamu, karena kesulitan mengontrol proses produksi.

Selain itu, kemudahan akses atau kedekatan dengan pusat kota memudahkan kamu untuk melakukan kegiatan distribusi barang, terutama jika kamu memanfaatkan pemasaran online.

Hal ini membantu kamu dalam menjangkau jasa pengiriman atau ekspedisi, dan jasa kargo jika ada pembelian dalam jumlah besar.

Maksimal waktu tempuh lokasi bisnis dari pusat kota adalah 45 menit. Jika lebih dari itu, biasanya konsumen lebih memilih bisnis yang lebih dekat lagi, agar tidak mengalami kendala pengambilan atau pengiriman barang.


Pentingnya Pemilihan Lokasi Bisnis Konveksi yang Tepat

Faktor pemilihan lokasi ekspansi bisnis konveksi sangatlah penting, karena tidak hanya menyangkut perihal penjualan & pendapatan bisnis saja, namun juga berimbas pada aspek penting lainnya.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya bisa memilih lokasi bisnis dengan lebih cermat dan tidak sembarangan.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Konveksi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​