Home » Strategi-bisnis » 6 Cara Memperoleh Bahan Berkualitas di Bisnis Konveksi

6 Cara Memperoleh Bahan Berkualitas di Bisnis Konveksi

6 Cara Memperoleh Bahan Berkualitas di Bisnis Konveksi

Bagaimana cara memperoleh bahan baku berkualitas untuk sebuah bisnis konveksi?

Bahan baku berkualitas menjadi poin utama dalam menjalankan sebuah bisnis konveksi.

Sebagai seorang pemilik bisnis, kamu harus bisa mendapatkan bahan baku berkualitas untuk bisnis milikmu, supaya produk yang bisnismu hasilkan pun juga berkualitas.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk memperoleh bahan baku tersebut?


6 Cara Memperoleh Bahan Berkualitas di Bisnis Konveksi

Mendapatkan bahan baku berkualitas untuk bisnis konveksi memang tidak mudah.

Namun, ini bukan menjadi penghalang buat kamu untuk mendapatkan bahan baku yang memiliki kualitas baik, demi menghasilkan produk-produk yang terbaik pula.

Nah, berikut adalah beberapa mendapatkan bahan baku berkualitas yang bisa kamu coba.

Silakan disimak!


1. Memanfaatkan relasi bisnis

Strategi pertama adalah memanfaatkan relasi bisnis konveksi milikmu.

Kamu bisa meminta rekomendasi secara langsung kepada relasi bisnis mengenai supplier bahan baku yang berkualitas.

Bahan baku konveksi tentu tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Misalnya, untuk bisnis konveksi pakaian, tentu saja kamu membutuhkan bahan baku berupa kain, benang jahit, dan lainnya.

Semakin banyak bahan baku yang kamu butuhkan, maka semakin banyak pula relasi bisnis yang sudah kamu ajak untuk bekerja sama.

Nah, relasi-relasi inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan bahan baku lainnya yang berkualitas.

Misalnya, kamu memiliki relasi bisnis yang bertugas mengelola sablon pakaian. Tanyakanlah kepada mereka mengenai toko atau supplier kain yang berkualitas dan awet, sehingga hasil sablon pun juga lebih bagus.

Biasanya, relasi bisnis konveksi milikmu akan merekomendasikan supplier atau toko yang menjual bahan baku yang memiliki track record yang bagus.

Jadi, kamu tidak perlu lagi repot-repot mencari tahu kinerja dari supplier tersebut.


2. Memanfaatkan media online

Strategi mendapatkan bahan baku berkualitas untuk bisnis konveksi berikutnya adalah memanfaatkan media online, seperti Instagram, Twitter, Facebook, hingga mesin pencarian Google.

Selain bisa kamu gunakan untuk mencari toko atau supplier bahan baku, media online ini juga bisa kamu manfaatkan untuk melihat track record dari supplier tersebut, loh.

Misalnya, kamu bisa menilai reputasi mereka melalui komentar atau ulasan yang sesama pembeli berikan sebelumnya.

Selain mencari tahu reputasi supplier melalui akun media sosial mereka, kamu juga bisa melihat baik atau buruknya reputasi mereka melalui toko online yang mereka miliki.

Cara ini bisa kamu lakukan melalui platform online marketplace, seperti Shopee maupun Tokopedia.

Bahkan, melalui toko online tersebut kamu bisa melihat detail bahan baku, harga, penilaian, dan ulasan dari pembeli pada masing-masing produk yang mereka jual.

Penilaian ini bisa jadi acuan kamu untuk bekerja sama dengan supplier tersebut, atau tidak.


3. Memilih lokasi supplier terdekat

Ketika sudah menemukan beberapa rekomendasi supplier yang menjual bahan baku berkualitas, strategi berikutnya adalah memilih yang paling dekat jangkauannya, supaya kamu bisa mengurangi biaya pengeluaran untuk transportasi.

Selain memangkas biaya pengeluaran, memilih supplier terdekat juga tidak akan mengganggu proses produksi bisnis konveksi milikmu.

Sebaliknya, jika kamu memilih supplier yang lokasinya jauh seperti di luar pulau atau bahkan luar negeri, maka proses pengiriman bahan baku tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama.

Pengiriman bahan baku yang lama tentu saja berpotensi mengganggu proses produksi.

Dampaknya, omzet bisnis konveksi milikmu bisa menurun, karena tidak ada produk yang akan kamu jual, sementara biaya pengeluaran seperti gaji karyawan harus tetap berjalan.


4. Melakukan pertemuan langsung

Salah satu cara mendapatkan bahan baku bisnis konveksi berkualitas adalah menemui supplier secara langsung.

Maka dari itu, melakukan pertemuan langsung dengan supplier juga menjadi strategi yang harus kamu lakukan. Melakukan pertemuan langsung dengan supplier bisa menimbulkan dampak yang baik.

Misalnya, kamu bisa melihat secara langsung bahan baku yang mereka jual, atau bahkan menjalin kerja sama dengan supplier bahan baku tersebut dengan baik.

Perlu kamu ingat, semakin baik jalinan relasi yang kamu bangun, maka semakin banyak pula hal-hal yang menguntungkan untuk bisnis konveksi milikmu. Contoh, supplier akan mengutamakan bisnis konveksi milikmu ketika mendapatkan bahan baku berkualitas yang baru.


5. Memperhatikan kualitas bahan baku dengan cermat

Memperhatikan kualitas bahan baku sudah menjadi strategi penting yang tidak boleh kamu lewatkan.

Jangan terlena dengan tampilan foto atau bahan baku yang dipajang di etalase toko saja. Demi melihat kualitas bahan baku yang akan kamu beli, tidak ada salahnya untuk meminta sampel kepada para supplier.

Misalnya, kamu akan membeli kain. Maka mintalah sampel berupa potongan kain yang kamu inginkan.

Setelah mendapatkan sampel yang diberikan, amatilah bahan baku tersebut dengan cermat. Mulai dari teksturnya, serat-serat kainnya, kekuatan benang jahitnya, hingga warnanya.


6. Memilih supplier yang menyediakan garansi

Strategi mendapatkan bahan baku bisnis konveksi yang terakhir adalah memilih supplier yang memberikan garansi pengiriman.

Hal ini bertujuan agar kamu tidak mengalami kerugian ketika bahan baku yang kamu terima rusak, karena faktor pengiriman atau kelalaian bagian quality control.

Biasanya supplier yang memiliki track record bagus akan memberikan garansi pengembalian bahan baku yang rusak.

Namun, untuk memastikan ada atau tidaknya garansi yang ditawarkan, kamu perlu menanyakan terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga harus menanyakan apa saja yang mereka tanggung di dalam garansi tersebut.

Misalnya, batas waktu pengembalian, jenis kerusakan yang mereka tanggung, hingga pilihan garansi, seperti mengganti bahan baku dengan yang baru, atau mengembalikan uang yang sudah kamu bayar (refund).


Terapkan Strategi Memperoleh Bahan Baku Berkualitas di Bisnis Konveksi!

Itulah informasi seputar cara atau strategi mendapatkan bahan baku berkualitas untuk bisnis konveksi yang bisa kamu terapkan.

Jadi, tunggu apalagi? Terapkan 6 cara di atas sekarang juga, yuk!

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
6 Cara Memperoleh Bahan Berkualitas di Bisnis Konveksi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​