Home » Strategi-bisnis » 7 Rekomendasi Rencana Bisnis Jitu di Bisnis Rendang

7 Rekomendasi Rencana Bisnis Jitu di Bisnis Rendang

7 Rekomendasi Rencana Bisnis Jitu di Bisnis Rendang

Bagaimana membuat rekomendasi rencana bisnis jangka pendek & panjang untuk sebuah bisnis rendang?

Tujuan suatu bisnis biasanya tertuang dalam bentuk perencanaan bisnis untuk memudahkan mencapainya.

Perencanaan bisnis sendiri biasanya terbagi dalam dua bentuk, yaitu rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang.

Jika kamu memiliki sebuah bisnis kuliner, seperti bisnis rendang, dan ingin membuat rencana bisnis yang matang, berikut adalah contohnya!


3 Rekomendasi Rencana Jangka Pendek di Bisnis Rendang

Berikut ini adalah 3 contoh rekomendasi rencana jangka pendek untuk bisnis rendang yang bisa kamu capai dalam estimasi waktu kurang dari 1 tahun:

1. Meningkatkan target penjualan

Rekomendasi rencana jangka pendek pertama yang bisa kamu jalankan untuk bisnis rendang adalah meningkatkan target penjualan rendang saat ini.

Jika saat ini kamu mampu menjual 100 produk rendang dalam satu bulan, maka kamu bisa meningkatkan penjualan menjadi 150 produk rendang untuk bulan berikutnya.

Penentuan jumlah target produk rendang yang akan kamu jual harus kamu lakukan secara realistis. Jangan asal membuat target penjualan, jika kondisi ekonomi sedang tidak memungkinkan. Seperti harga daging sapi dan bahan-bahan lain sedang mahal.

Lakukan analisis terlebih dahulu, produk rendang mana yang paling laris dan kurang laris dari bisnismu. Analisis apa kekurangan produk rendang yang kurang laris tersebut, kemudian perbaiki kualitasnya.

Setelah kamu melakukan perbaikan pada produk rendang yang kurang laris tersebut, buat target penjualan yang realistis, seperti contoh sebelumnya.

Jika target tercapai, maka kamu bisa meningkatkan jumlah target penjualan untuk bulan selanjutnya. Namun, jika target tidak tercapai, maka kamu harus mengevaluasi produk rendang dan target penjualan yang kamu buat.

Apakah sudah realistis atau belum?

2. Mendaftarkan bisnis pada platform online delivery

Saat ini banyak bisnis-bisnis kuliner yang mulai bergabung menjadi merchant di beberapa aplikasi pesan antar makanan online, seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Bergabung dengan aplikasi pesan antar makanan online tersebut akan membuat bisnis rendang kamu semakin luas dan banyak orang kenali.

Selain itu, kamu juga bisa ikut event promo dari berbagai aplikasi pesan antar makanan online tersebut, untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak. Selain murah, cara pendaftarannya juga mudah.

Kamu cukup menyiapkan dokumen identitas, izin usaha, foto tempat usaha, foto menu, dan mengikuti ketentuan biaya dan pembagian komisi dari masing-masing aplikasi pesan antar makanan online tersebut.

3. Meningkatkan promosi dan branding

Kamu juga bisa membuat rencana promosi dan branding untuk memperkuat eksistensi bisnis rendang milikmu.

Gunakan media sosial sebagai salah satu platform untuk mengembangkan promosi dan branding bisnis rendang.

Selain efektif, promosi dan branding melalui media sosial juga bisa kamu lakukan secara mudah, dan tidak memakan biaya yang banyak.

Untuk meningkatkan efektivitas engagement dari pengguna media sosial, gunakan prinsip-prinsip copywriting untuk mendukung promosi dan branding kamu.

Beberapa contoh penerapan copywriting yang cocok untuk bisnis rendang, yaitu “Beli 2 rendang sapi, diskon Rp50.000,00”, “Promo khusus Lebaran! 2 bungkus rendang cuma Rp50.000,00”, dan lain sebagainya.


4 Rekomendasi Rencana Jangka Panjang di Bisnis Rendang

Berikut ini 4 contoh rekomendasi rencana jangka panjang untuk bisnis rendang yang bisa kamu capai dalam estimasi waktu 3 – 5 tahun:

1. Membuka cabang baru

Jika kamu merasa bahwa bisnis rendang kamu saat ini sudah stabil dan berjalan lancar, kamu bisa mulai merencanakan pembukaan cabang baru di tempat lain.

Kamu bisa memilih lokasi dalam satu kota atau di kota lain yang memiliki potensi bisnis yang bagus.

Pembukaan cabang baru ini harus kamu rencanakan secara matang, dan tidak boleh tergesa-gesa.

Kamu perlu melakukan sejumlah riset, seperti riset tempat, jarak cabang dengan supplier, riset konsumen, riset kompetitor, dan lain-lain.

Karena membutuhkan sumber daya dan waktu yang panjang, kamu bisa memasukkan rencana pembukaan cabang baru ini dalam rencana jangka panjang bisnis rendang.

2. Menambah varian menu rendang

Seandainya saat ini kamu hanya memiliki satu varian menu rendang, yaitu rendang daging sapi, maka kamu bisa mempertimbangkan rencana jangka panjang untuk mengembangkan menu varian rendang.

Saat ini, beberapa produk varian rendang selain daging sapi yang juga banyak konsumen minati adalah rendang ayam, rendang jengkol, rendang paru, dan rendang hati.

Kamu bisa melakukan riset dan uji coba terlebih dahulu sebelum mengembangkan produk rendang varian yang baru tersebut.

Pastikan jika produk varian rendang yang kamu buat sudah memiliki kualitas yang setara dengan produk rendang kamu saat ini, agar penjualannya bisa saling bersaing.

3. Membuka toko online di platform marketplaces

Rencana jangka panjang bisnis rendang selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah membuka toko di marketplace.

Pembukaan toko online ini harus kamu pertimbangkan dengan matang, apalagi kamu saat ini menjual produk kuliner rendang, karena produk kuliner memiliki masa kedaluwarsa yang lebih singkat, jika dibandingkan dengan produk non-kuliner.

Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan keawetan dan kualitas produk kamu hingga sampai ke tangan konsumen.

Jangan sampai produk rendang kamu berubah kualitasnya saat sampai ke tangan konsumen!

Beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum membuka toko di marketplace adalah melakukan pengembangan produk rendang, agar bisa lebih awet dan tahan lama, serta memilih kemasan yang kedap udara untuk menjaga kualitas rendang.

4. Membuka pengiriman ke luar kota

Masih berhubungan dengan rencana pembukaan toko online di platform marketplace.

Salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan saat akan melakukan pengiriman ke luar kota, yaitu keamanan dan kualitas produk selama dalam proses pengiriman.

Pengiriman ke luar kota bisa kamu lakukan jika produk rendang yang kamu produksi sudah mampu bertahan dan tidak berubah rasanya dalam waktu lebih dari 1 minggu.

Mengapa? Karena pengiriman ke luar kota biasanya membutuhkan waktu lebih dari 1 hari.

Pilihlah penyedia jasa ekspedisi yang cepat, dan dapat menjamin keamanan & kualitas produk rendang kamu sampai ke tangan konsumen.


Rekomendasi Rencana Bisnis yang Kamu Pilih untuk Bisnis Rendang?

Berbagai rekomendasi rencana bisnis rendang jangka pendek dan jangka panjang tersebut bisa kamu gunakan sebagai referensi dalam membuat perencanaan untuk bisnis rendang.

Jadi tunggu apa lagi? Buat rencana untuk bisnis kamu sekarang juga!

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
7 Rekomendasi Rencana Bisnis Jitu di Bisnis Rendang

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​