Home » Strategi-bisnis » 3 Cara Jitu Meningkatkan Omzet pada Bisnis Kopi

3 Cara Jitu Meningkatkan Omzet pada Bisnis Kopi

3 Cara Jitu Meningkatkan Omzet pada Bisnis Kopi

Bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan omzet pada sebuah bisnis kopi?

Bagi kamu yang sedang asyik merintis bisnis kopi, pasti lambat laun akan memulai berpikir bagaimana caranya untuk menambah pemasukan.

Pasalnya, kamu mungkin ingin mengembangkan bisnis tersebut, namun kamu membutuhkan modal tambahan untuk melaksanakannya.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan omzet tersebut?


3 Cara Jitu Meningkatkan Omzet pada Bisnis Kopi

Bisnis kopi yang menjamur di kota-kota besar membuktikan bahwa permintaan akan produk minuman kopi selalu ada, dan konsisten.

Jadi, bisnis ini sebenarnya cukup berpotensi dan menguntungkan bagi kamu yang sedang serius menjalaninya.

Nah, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk melipatgandakan omzet pada bisnis kopi milikmu.

Silakan disimak!


1. Beralih ke media digital

Sekarang ini waktunya bisnis kamu juga aktif secara daring.

Pasalnya, sudah banyak bisnis berskala kecil lainnya yang memiliki website atau blog sendiri untuk mempromosikan bisnis mereka di dunia maya.

Bahkan, ada beberapa bisnis yang telah memiliki aplikasi khusus sendiri untuk diakses melalui smartphone.

Kamu pun bisa mulai beralih menggunakan media digital untuk memasarkan produk minuman kopi, serta lebih memperkenalkan bisnismu pada audience yang lebih luas.

Kamu bisa mulai membuat sebuah website atau blog sederhana yang isinya adalah mengenai bisnis kopi & beragam produk minuman yang kamu sediakan.

Tidak usah khawatir, selain membuatnya sendiri, kamu pun bisa menggunakan jasa seorang web builder untuk membuat website sederhana tersebut.


2. Menggunakan media sosial secara optimal

Tidak hanya melalui website dan blog, kamu juga perlu aktif menggunakan media sosial untuk memasarkan produk minuman.

Gunakanlah beragam media sosial (Instagram, Facebook, TikTok, YouTube) untuk berpromosi, beriklan, serta berinteraksi dua arah dengan para konsumen.

Kamu juga bisa menyediakan layanan konsumen seperti layanan chat melalui WhatsApp dan Telegram, serta melalui e-mail.

Untuk lebih memaksimalkan kehadiran online, kamu sebaiknya mendaftarkan bisnis kopi ke Google Business Profile dan Google Maps.

Hal ini agar bisnismu semakin mudah ditemukan oleh orang-orang yang memang ingin memesan minuman kopi.

Jangan lupa, integrasikan semua media sosial dan profil bisnis tersebut ke website yang sudah kamu miliki, ya.


3. Aktif mengikuti public event dan sponsorship

Cara terakhir yang lumayan ampuh membuat bisnismu semakin dikenal dan menambah omzet adalah dengan aktif berpartisipai dalam kegiatan-kegiatan publik, serta menjadi sponsor.

Hal ini juga sering digunakan oleh beberapa bisnis berskala kecil lainnya, loh.

Pasalnya, dengan aktif mengikuti kegiatan publik dan menjadi sponsor, nama bisnismu otomatis akan tercantum pada daftar penyelenggara, dan kamu berkesempatan untuk memasang atribut-atribut brand pada tempat-tempat yang strategis & ramai.

Bagi bisnis yang sudah memiliki nama, hal tersebut mungkin tidak cukup berarti. Namun, bagi bisnis yang sedang dirintis dan masih belum dikenal banyak orang, tentu saja hal tersebut sangatlah menguntungkan.

Perhatikan dan pelajari berbagai kegiatan publik yang sering diadakan di sekitar lokasi bisnismu.

Acara-acara seperti kumpul komunitas, kompetisi memasak, perayaan hari ulang tahun perusahaan, atau acara-acara keluarga besar merupakan target yang perlu kamu dekati.

Kemudian, jika ada kelompok atau komunitas yang meminta kamu menjadi salah satu pengisi stand/booth atau meminta kesediaan bisnismu sebagai sponsor, kamu pun sebaiknya menyanggupi permintaan tersebut.

Namun, kamu tetap harus melakukan riset juga, ya.

Hindari menerima permintaan-permintaan yang tidak sesuai dengan konsep bisnismu, atau tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku pada masyarakat sekitar.


Sudah Paham Cara untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Kopi?

Itulah beberapa cara mudah yang bisa segera kamu terapkan untuk meningkat omzet pada bisnis kopi yang sedang kamu jalankan.

Mulai dari beralih menggunakan media sosial dan website, serta aktif secara daring, dan juga rutin mengikuti kegiatan-kegiatan publik.

Cara-cara tersebut akan semakin memperkenalkan bisnismu ke audience yang lebih luas.

Dengan begitu, semakin banyak dikenal orang, maka akan semakin besar pula kemungkinan orang-orang tersebut membeli produk minuman kopi milikmu.

Kalau sudah seperti itu, bukan tidak mungkin omzet penjualanmu akan mulai naik dari waktu ke waktu.

Ingat, kamu harus selalu konsisten & disiplin dalam menerapkan cara-cara tersebut, ya.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
3 Cara Jitu Meningkatkan Omzet pada Bisnis Kopi

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​