Ini Dia, Kunci Sukses Memulai Bisnis Kopi!

Membuka bisnis membutuhkan perencanaan yang matang, khususnya ketika ingin membuka bisnis kopi.

Agar cepat berkembang, kamu perlu menerapkan kunci sukses dalam menjalankan bisnis kopi.

Bisnis kopi termasuk sektor bisnis yang berkembang lumayan pesat di Indonesia. Hal ini ditandai dengan maraknya gerai kopi yang bermunculan beberapa tahun belakangan.

Nah, sama seperti bisnis lainnya, untuk mengembangkan bisnis kopi, kamu harus memiliki strategi & perencanaan yang matang.

Agar tidak bingung, mari kita simak ulasannya di bawah ini!

Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Kopi

Persaingan sesama kompetitor yang cukup sengit tentu peluang untuk sukses pun tidak mudah.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa kunci sukses menjalankan bisnis kopi yang bisa kamu tiru.

Apa saja? Berikut rangkumannya:

1. Memilih lokasi yang strategis

Sebelum membuka bisnis, tentu saja kamu harus memiliki bangunan berupa toko atau gerai yang terletak di lokasi yang cukup strategis.

Lokasi tersebut harus memiliki akses jalan yang ramai dan mudah ditemukan.

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih lokasi strategis adalah target konsumen yang ingin dijangkau. Umumnya, penggemar kopi adalah anak-anak sekolah, mahasiswa, dan para pekerja kantoran.

Supaya gerai kopi yang kamu buka selalu ramai & cepat berkembang, pilihlah lokasi yang dekat dengan area sekolah, kampus, perkantoran, atau pusat perbelanjaan.

Harga setiap ruko atau tempat sewa pun cukup bervariatif. Umumnya untuk daerah perkotaan, harga tanah seluas 80 m2, dengan luas bangunan 40 m2, dibanderol seharga Rp80.000.000,00 per tahun.

Sedangkan untuk luas tanah 400 m2 dengan luas bangunan 1.000 m2, harga sewanya mencapai Rp700.000.000,00 per tahun.

Khusus ukuran sedang, seperti coffee shop pada umumnya, yaitu luas tanah 100 m2 dengan luas bangunan 400 m2, dipatok dengan harga Rp200.000.000,00 per tahun.

Jadi, menentukan lokasi gerai kopi tidak hanya mempertimbangkan letak yang dekat dengan target konsumen, tetapi kamu juga harus mempertimbangkan harga sewa yang sesuai dengan modal dan bujet kamu.

2. Membuat konsep toko yang menarik

Kunci sukses bisnis kopi selanjutnya adalah membuat konsep toko atau gerai yang menarik.

Hal ini bertujuan untuk menarik lebih banyak pelanggan untuk berdatangan ke gerai kopi milikmu.

Apalagi saat ini sudah banyak gerai kopi yang tidak hanya sekadar dijadikan tempat untuk menikmati kopi, tetapi juga sebagai tempat untuk berkumpul, berdiskusi, hingga untuk meeting.

Supaya pelanggan betah, kamu perlu menciptakan suasana gerai kopi yang nyaman & menarik. Ada banyak konsep desain yang layak untuk kamu coba, contohnya seperti konsep industrial, elegan, atau minimalis.

Kamu perlu menyesuaikan konsep desain tersebut dengan target konsumen bisnis kopi milikmu. Contoh desain yang cocok untuk kalangan anak remaja, mahasiswa, dan para pekerja adalah konsep yang minimalis.

Contoh konsep minimalis yang bisa kamu terapkan, antara lain menambahkan kaca, memilih furnitur yang warnanya natural, seluruh ruangan berwarna putih, menambahkan tanaman di beberapa sudut ruangan, dan ornamen lampu gantung dengan harga sekitar Rp700.000,00 – Rp2.000.000,00.

Konsep-konsep yang cozy dan Instagrammable ini selain bisa menarik banyak pengunjung, juga bisa dijadikan sebagai spot foto. Sehingga, secara tidak langsung pelanggan berperan dalam mempromosikan gerai kopi milikmu di media sosial.

3. Rajin berinovasi

Inovasi dalam sebuah bisnis harus dilakukan untuk menghindari kejenuhan para pelanggan bisnis kopi milikmu.

Inovasi ini bisa kamu lakukan dengan mengubah konsep atau menghadirkan varian menu baru.

Biasanya kopi identik dengan menu americano dan espresso. Selain dua varian rasa ini, kamu juga bisa menghadirkan menu-menu baru, seperti:

  • Affogato: Jenis kopi yang terbuat dari campuran espresso dan es krim rasa vanilla. Perpaduan rasa pekat dan manis menghasilkan rasa unik di lidah.
  • Flat White: Varian kopi yang terbuat dari campuran kopi dan susu. Biasanya, sang barista akan menambahkan arts di atasnya.
  • Macchiato: Ini adalah varian favorit pecinta kopi selain americano dan espresso. Varian satu ini terbuat dari campuran double shot espresso dan susu.

Inovasi tidak hanya kamu hadirkan pada menu kopi saja, tetapi juga pada menu lain. Sebab, tidak semua pelanggan yang datang menyukai kopi, atau bahkan tidak bisa mengonsumsi kopi karena memiliki riwayat penyakit, seperti vertigo.

Sebagai solusinya, hadirkan varian menu minuman non coffee, seperti matcha, lemon tea, dan minuman jenis mocktail yang menyegarkan.

Tambahkan juga menu pada camilan, seperti roti bakar, kentang goreng, nugget, dan camilan lainnya.

4. Kerja sama dengan ojek online

Mengajak kerja sama ojek online juga menjadi salah satu kunci sukses bisnis kopi yang perlu kamu coba.

Lewat kerja sama ini, para pelanggan tidak perlu mengunjungi gerai kopi. Mereka hanya tinggal memesan menu yang diinginkan, dan kemudian menikmatinya di rumah, kampus, atau kantor.

Supaya gerai kopimu banyak diminati & disukai, kamu bisa menawarkan paket bundling spesial untuk menu-menu tertentu, memberikan potongan harga untuk menu best seller, dan penawaran menarik lainnya.

. . .

Sudah Siap Memiliki Bisnis Kopi yang Sukses?

Nah, itulah empat kunci sukses bisnis kopi yang bisa kamu coba.

Ingat, kamu harus sabar menjalankan bisnis kopi di tengah ketatnya persaingan kompetitor, dari yang masih berskala kecil, maupun yang sudah berskala besar.

Jadi, tunggu apalagi? Terapkan empat cara di atas pada gerai kopi milikmu sekarang juga.

Selamat mencoba!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Artikel Terkait

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​