Home » Strategi Bisnis » Faktor Pemilihan Lokasi yang Tepat untuk Bisnis Kopi

Faktor Pemilihan Lokasi yang Tepat untuk Bisnis Kopi

Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan ketika ingin memperluas bisnis kopi, salah satunya adalah pemilihan lokasi yang tepat.

Ada beberapa faktor pemilihan lokasi bisnis kopi yang penting untuk kamu ketahui. Apa sajakah itu?

Bisnis kopi menjadi salah satu sektor bisnis yang memiliki peluang cukup besar.

Tidak heran jika keberadaan coffee shop, atau kedai kopi, mudah ditemui di mana-mana. Bahkan, tidak jarang beberapa coffee shop terletak berdekatan, khususnya di lokasi yang terkenal strategis.

Berbicara soal lokasi, ini merupakan pertimbangan paling utama bagi pebisnis kopi untuk memperluas coffee shop miliknya. Lokasi yang strategis tentu menjadi pilihan utama bagi pemilik bisnis kopi.

Lokasi yang strategis dinilai efektif untuk mengembangkan bisnis kopi. Selain itu, lokasi tersebut juga akan menjadi penentu kesuksesan dari coffee shop yang dijalankan.

Simak faktor pemilihan lokasi lainnya di bawah ini!

Faktor Penting Memilih Lokasi Bisnis Kopi

Buat kamu yang memiliki rencana memperluas bisnis kopi di tempat lain agar lebih ramai, dan menguntungkan, ada beberapa faktor pemilihan lokasi bisnis kopi yang penting untuk kamu ketahui.

1. Aksesibilitas

Aksesibilitas, atau accessibility, adalah kemudahan untuk menjangkau atau mencapai sesuatu.

Sebelum menentukan lokasi untuk memperluas bisnis kopi, kamu harus memperhatikan faktor aksesibilitas ini. Karena tidak semua lokasi strategis memiliki aksesibilitas yang cukup baik.

Misalnya, tempat yang kamu pilih berada di pusat kota dan ramai. Namun, untuk menjangkau coffee shop milikmu, pelanggan harus memasuki gang sempit terlebih dahulu.

Bagi pelanggan yang datang menggunakan kendaraan roda dua, mereka masih bisa menjangkau lokasi tersebut. Namun, bagi pelanggan yang datang membawa mobil, tentu saja mereka kesulitan untuk menuju ke coffee shop milikmu.

Jadi, lokasi yang strategis belum tentu memiliki aksesibilitas yang cukup baik bagi pelanggan atau pengunjung.

Agar coffee shop milikmu ramai, otomatis kamu harus memilih lokasi strategis, serta memiliki kemudahan akses bagi para pelanggan yang datang.

Contoh lokasi strategis yang memiliki aksesibilitas yang bagus, antara lain jalan menuju coffee shop cukup lebar dan memadai. Selain itu, tidak berada di tengah pemukiman atau perumahan warga, dan dekat dengan target pasar.

Coffee shop kamu harus dekat dengan target pasar. Misalnya, target pasar coffee shop milikmu adalah anak-anak kuliah dan para pekerja kantoran. Maka pilihlah lokasi dekat dengan kampus, atau perkantoran.

Maksimal jarak yang bisa ditempuh adalah 3-5 km dari target pasar.

2. Visibilitas

Faktor berikutnya adalah visibilitas, yang berarti lokasi atau bangunan dapat dilihat jelas dari tepi jalan.

Yup, bangunan coffee shop harus mudah dilihat oleh pelanggan agar memudahkan mereka menemukan coffee shop milikmu.

Itulah mengapa banyak coffee shop yang berada tepat di tepi jalan raya, atau di akses utama bagi masyarakat. Selain mudah ditemukan, coffee shop yang berada di tepi jalan biasanya juga lebih ramai dibandingkan dengan coffee shop yang berada di tempat lain.

Namun, jika seandainya lokasi coffee shop milikmu berada jauh dari jalan raya atau jalan utama, kamu bisa menyiasatinya dengan beberapa cara. Misalnya, memberikan denah lokasi di media sosial, dan memberikan plang nama coffee shop milikmu di tempat yang mudah terlihat.

Kamu bisa memesan plang nama coffee shop secara online dengan bujet sekitar Rp45.000,00 – Rp80.000,00.

Letakkan plang nama tersebut di tepi jalan masuk menuju coffee shop. Pastikan plang tersebut terlihat jelas oleh pengendara jalanan maupun pejalan kaki, ya.

3. Traffic

Traffic, atau lalu lintas, juga menjadi faktor penting lainnya dalam memilih lokasi bisnis kopi.

Pada faktor ini terdapat dua hal yang perlu kamu pertimbangkan; yaitu jumlah orang yang melewati lokasi coffee shop, serta kepadatan dan kemacetan yang terjadi di lalu lintas sekitar.

Dua faktor tersebut akan mempengaruhi tingkat impulse buying yang terjadi. Biasanya, lokasi lalu lintas yang tidak memiliki hambatan, seperti banjir dan macet, berpeluang besar meningkatkan impulse buying.

Sedangkan untuk lalu lintas yang terlalu padat, banjir, dan macet, justru akan mempengaruhi pelanggan untuk memilih lokasi lainnya.

Selain itu, hambatan tersebut juga bisa berpengaruh terhadap pelayanan ambulans, pemadam kebakaran, hingga kepolisian menjadi lama jika terjadi apa-apa pada coffee shop milikmu.

4. Lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar ini bisa berupa tempat parkir, kondisi lingkungan, hingga persaingan sesama kompetitor.

Ini menjadi faktor lain dalam memilih lokasi bisnis kopi yang perlu kamu pertimbangkan dengan matang.

Calon konsumen biasanya sangat nyaman dengan coffee shop yang menyediakan tempat parkir luas. Jadi, tidak hanya dari segi bangunannya saja, kamu juga harus menyediakan parkiran dengan luas minimal 500 m2, dengan kapasitas 10 mobil.

Memperhatikan lingkungan sekitar seperti rumah sakit, kampus, sekolah, dan perkantoran juga menjadi hal yang patut kamu pertimbangkan.

Apalagi jika coffee shop kamu berada di lokasi yang dekat dengan target pasar, otomatis jumlah pelanggan yang datang pun cukup banyak.

Terakhir adalah mempertimbangkan persaingan sesama kompetitor.

Lokasi strategis memang memiliki persaingan yang cukup ketat. Hal ini tidak bisa dihindari, tetapi bisa kamu siasati dengan memilih tempat yang jauh dari kompetitor sejenis, paling tidak memiliki jarak beberapa puluh meter, antara satu coffee shop dengan coffee shop yang lain.

. . .

Sudah Tahu Apa Saja Faktor Penting dalam Memilih Lokasi Bisnis Kopi?

Itulah beberapa faktor penting ketika ingin memilih lokasi bisnis kopi yang perlu kamu ketahui.

Jadi, meski berada di pusat kota, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor di atas, ya.

Selamat mencoba, dan semoga bisnis kopi milikmu berkembang pesat!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​