Mengembangkan Cabang Bisnis Kopi, Begini Caranya

Sekarang ini bisnis kopi di Indonesia sangat menjamur, baik di kota-kota besar hingga daerah terpencil.

Namun, apakah banyak juga bisnis kopi yang dapat bertahan dalam waktu lama?

Tentu diperlukan strategi khusus untuk bisa mengembangkan cabang bisnis kopi, agar tetap bertahan meskipun banyak kompetitor.

Jika kamu sedang membangun bisnis kopi dan kemudian ingin mengembangkannya, hal-hal berikut wajib kamu perhatikan agar bisnismu semakin maju.

3 Tips Mengembangkan Bisnis Kopi Bagi Pengusaha

Di dalam pandangan seorang pengusaha kopi, kesuksesan sebuah bisnis kopi tidak hanya sekadar menghasilkan keuntungan saja.

Sebuah bisnis kopi yang sukses perlu berkembang seiring berjalannya waktu, dan tentu saja mampu bersaing dengan kompetitor.

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan sebagai seorang pengusaha bisnis kopi:

1. Riset pasar secara berkala

Jika ini adalah bisnis kopi pertamamu dan kamu ingin mengembangkan cabang, poin penting yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset secara berkala.

Riset ini penting untuk melihat jumlah data di pasar, contohnya seperti siapa target audience, apa tren yang sedang berkembang dalam bisnis kopi, dan bagaimana cara meningkatkan penjualan.

Kemudian ketika kamu memutuskan untuk membuka cabang, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelumnya, seperti konsep bisnis kopi yang akan dibuka, target market, dan lokasi coffee shop saat kamu melakukan riset pasar.

Pertama, untuk konsep coffee shop, kamu bisa memilih antara menerapkan konsep ruangan terbuka dengan tanaman hijau atau minimalis dengan tema industrial. Atau kamu juga bisa memilih konsep yang sederhana dan homey, dengan spot foto yang instagrammable.

Tentu hal ini perlu kamu sesuaikan juga dengan target audience.

Terkait dengan calon konsumen yang akan kamu bidik, kamu bisa apakah orang dewasa atau remaja, apakah profesional muda atau para pelajar.

Jika target pasar kamu adalah profesional muda, ada baiknya tempat kopi kamu menyediakan ruangan yang luas untuk meeting, dan juga sarana bekerja yang memadai.

Apabila target pasarmu anak muda dan pelajar, konsep tempat ngopi yang kekinian dan instagrammable tentu lebih menarik bagi mereka.

Nah, ketika kamu memilih lokasi bisnis kopi, pastikan memilih tempat yang mudah diakses serta memiliki area parkir yang memadai.

Rekomendasi tempat yang cocok adalah dekat kampus, atau gedung perkantoran, karena kedua area tersebut biasanya ramai dengan beragam orang yang sesuai dengan target pasar kamu.

Harga sewa tempat untuk membangun sebuah coffee shop juga bervariasi, mulai dari Rp15.000.000,00 – Rp80.000.000,00 per tahun.

2. Mengembangkan variasi produk dan mempertahankan kualitas

Selain riset saat akan membuka cabang bisnis kopi baru, kamu juga bisa mengembangkan bisnis kopi dengan menambah variasi produk.

Contohnya, membuat menu kopi seasonal, secret recipes, sajian non-coffee, menu nusantara, dan sajian vegan atau organik.

Mengembangkan produk juga bisa kamu lakukan dengan cara menjual biji kopi khas dari tempat bisnis kopi kamu. Sehingga, jika kamu memiliki pelanggan dari tempat yang jauh, mereka tetap bisa membeli kopi dan membuatnya sendiri.

Hal-hal seperti ini bermanfaat untuk mempertahankan konsumen yang sudah ada.

Tak hanya mengembangkan variasi produk, kamu juga perlu mempertahankan kualitas produk dengan memilih pemasok biji kopi berkualitas.

Mencari supplier atau pemasok biji kopi bisa kamu lakukan secara online dari e-commerce. Kamu juga bisa mendapat ide dari berdiskusi dengan sesama penikmat kopi di suatu forum/komunitas.

Selain memilih biji kopi berkualitas, mengecek kadar kafein dalam kopi secara berkala juga penting untuk tetap memenuhi standar.

Perlu diingat, sebagian besar konsumen akan kembali minum kopi di tempat yang sama, tentu karena kualitas biji kopi dan dari rasa minuman kopi tersebut.

Jika kualitas tidak konsisten, para konsumen pasti menyadarinya, dan bukan tidak mungkin mereka malah akan pergi dari bisnismu.

3. Buat berbagai acara atau event

Terakhir, mengembangkan bisnis kopi bisa kamu lakukan dengan mengadakan berbagai event setelah cabang baru buka.

Kegiatan ini akan memberikan manfaat positif bagi bisnis kopi kamu, sekaligus bisa membantu menumbuhkan brand awareness, serta mempertahankan konsumen.

Pada saat awal membuka cabang, kamu bisa mengadakan acara grand opening, dan mengundang influencer dan juga coffee enthusiasts yang relevan agar dapat membantu mempromosikan cabang baru bisnis kopi kamu.

Dan tidak hanya sekadar grand opening lho, kamu juga bisa mengadakan acara lain untuk memperkenalkan brand bisnis kopi kamu.

Misalnya ke komunitas-komunitas lokal sekitar cabang tersebut, dan mengundang mereka untuk mengadakan art day, live music, dan lain sebagainya.

. . .

Pentingnya Membuat Bisnis Kopi Semakin Berkembang

Membangun usaha di bisnis kopi tentu tidak mudah, karena banyak kompetitor yang juga menggeluti bisnis yang sama.

Maka dari itu, sebaiknya kamu jangan terburu-buru menggelontorkan modal untuk membuat cabang. Hal terpenting untuk bisnis kamu saat ini adalah mempertahankan kualitas serta rasa dari menu yang ditawarkan.

Jika nanti kamu sudah punya cukup modal untuk membuka cabang bisnis kopi yang baru, kamu harus segera melakukan riset pasar dan lokasi, dan bergerak cepat sebelum kompetitor mendahului kamu.

Selamat mencoba!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Artikel Terkait

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​