Home » Strategi-bisnis » Manajemen Cashflow Terbaik Bisnis Kosmetik, Begini Caranya

Manajemen Cashflow Terbaik Bisnis Kosmetik, Begini Caranya

Manajemen Cashflow Terbaik Bisnis Kosmetik, Begini Caranya

Menerapkan manajemen cashflow terbaik merupakan salah satu pekerjaan yang harus dilakukan setiap pelaku bisnis. Pasalnya, cashflow termasuk bagian penting dalam manajemen workflow

Manajemen workflow  sendiri merupakan rangkaian pekerjaan yang  berkaitan dengan beberapa pihak untuk mencapai berbagai tujuan bisnis, salah satunya menciptakan manajemen cashflow

Bagi yang belum paham, cashflow atau biasa disebut juga sebagai arus kas ini biasanya digunakan untuk menyebut jumlah uang yang dikeluarkan dan dihasilkan dalam periode waktu tertentu.

Cara Menerapkan Manajemen Cashflow Terbaik Pada Bisnis Kosmetik

Ketika bisnis kosmetik kamu memperoleh pendapatan yang lebih besar daripada pengeluaran, maka akan tercipta cashflow yang positif. Begitu pula sebaliknya. Cashflow yang negatif akan terjadi ketika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan.

Agar kamu bisa mengelola arus kas dengan baik, sebaiknya pelajari dulu beberapa tips berikut ini.

Cermati Arus Kas Masuk dan Keluar dengan Baik

Pertama, kamu harus melakukan evaluasi arus kas secara cermat, baik itu uang masuk maupun uang keluar. Sebenarnya, melakukan evaluasi pada laporan arus kas merupakan hal penting yang harus dilakukan.Sebab, hal tersebut sangat berguna untuk mengetahui seberapa besar pendapatan dan pengeluaranmu.

Dengan mengetahui kedua hal tersebut, kamu bisa menganalisa seberapa besar potensi bisnis kosmetikmu dan menghasilkan arus kas bersih di masa mendatang.

Efisiensikan Belanja Stok Barang

Ketika baru merintis bisnis kosmetik, kondisi keuangan bisnismu pasti belum terlalu stabil. Karena belum sepenuhnya stabil, sebaiknya jangan menggunakan modal untuk hal lainnya, misal untuk membeli keperluan bisnis yang tidak terlalu penting.

Lebih baik fokus membelanjakan modal untuk memperbanyak stok barang. Cari tahu produk kosmetik apa saja yang sedang tren di kalangan masyarakat, lalu perbanyak stok produk tersebut untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Meninjau Ulang Pembayaran Utang

Cara menerapkan manajemen cashflow terbaik berikutnya, yaitu dengan meninjau ulang pembayaran utang. Ketika terlambat membayar utang, kamu akan dibebani dengan biaya keterlambatan utang atau denda yang nilainya bisa menambah angka pengeluaran.

Kamu perlu meninjau ulang semua tanggal pembayaran utang agar bisa membayarnya tepat waktu dan terhindar dari denda keterlambatan. Telat membayar utang biasanya terjadi karena kondisi keuangan bisnis sedang menurun atau bisa juga karena keteledoran pihak keuangan.

Jika masih mengelola keuangan bisnis kosmetikmu sendiri, sebaiknya jangan sampai lupa melunasi utang-utang sesuai tanggal jatuh tempo. 

Buatlah Laporan Arus Kas Secara Rutin 

Membuat laporan arus kas secara berkala merupakan hal wajib yang harus dilakukan supaya kamu bisa mengelola arus kas bisnis dengan baik. 

Dengan membuat laporan keuangan yang berkaitan dengan arus kas secara rutin, kamu akan lebih mudah memperkirakan rincian modal yang dibutuhkan untuk memperluas bisnis.

Tidak hanya itu, dengan membuat laporan keuangan, kamu juga bisa lebih mudah mengendalikan keuangan bisnis sehingga potensi terjadinya negative cashflow pada bisnis kosmetikmu bisa dicegah dari jauh-jauh hari.

Gunakan Rekening yang Terpisah

Cara mengelola arus kas dengan baik berikutnya, yaitu dengan menggunakan rekening yang terpisah. Gunakan rekening terpisah untuk mencatat arus kas masuk dan arus kas keluar pada bisnis kosmetik yang kamu jalankan.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan rekening bank pribadi dan rekening bank khusus bisnis secara terpisah. Supaya uang bisnis tidak bercampur dengan uang pribadi dan tidak terpakai untuk belanja kebutuhan sehari-hari. 

Tekan Angka Pengeluaran

Seperti yang telah dibicarakan sebelumnya, cashflow yang positif adalah arus kas yang memiliki pendapatan lebih besar daripada pengeluaran. Agar angka pengeluaranmu lebih sedikit, sebaiknya sebisa mungkin tekan angka pengeluaran pada bisnis kosmetikmu tersebut.

Gunakan cara-cara yang efisien untuk mengurangi biaya operasional bisnis agar pengeluaran bisa ditekan. Dengan begitu, arus uang keluar tidak akan sampai melebihi pendapatan yang kamu peroleh.

Sebagai contoh, kamu membuka cabang gerai kosmetik baru di beberapa kota dan membutuhkan pengeluaran yang cukup besar. Supaya angka pengeluaran bisa dikendalikan, sebaiknya jangan langsung merekrut karyawan dan mengadakan stok barang dalam jumlah banyak.

Mulai saja dari sedikit demi sedikit terlebih dahulu. Ketika angka penjualan kosmetik di daerah tersebut mulai ramai pembeli, baru kamu bisa menambahkan stok barang dan merekrut beberapa karyawan lagi.

Tingkatkan Pendapatan

Cara mewujudkan arus kas yang sehat bagi bisnis, yaitu dengan meningkatkan pendapatan yang diperoleh. Bagaimana cara meningkatkan pendapatan? Ada banyak strategi promosi yang bisa diterapkan pada bisnis kosmetikmu. 

Jika, kamu berkecimpung di bidang penjualan produk-produk kosmetik, sebaiknya gunakan strategi yang sedang populer saat ini. Misal dengan menerapkan strategi viral marketing.

Strategi viral marketing ini biasanya digunakan oleh para pelaku bisnis kosmetik dan skincare untuk menarik banyak orang. Biasanya mereka akan membuat konten-konten yang related dengan target pasar sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik oleh audiens.

Tidak ada trik khusus dalam membuat konten viral marketing, yang dibutuhkan hanya kreativitas dalam membuat konten yang menarik dan disukai banyak orang.

Jika kamu memiliki cukup banyak modal untuk mengembangkan bisnis, kamu bisa membuat konsep konten viral marketing yang menarik lalu bekerja sama dengan influencer ternama untuk mem-posting-nya di media sosial mereka.

Dengan begitu, bisnis kosmetikmu akan dikenal banyak orang dan potensi memperoleh pendapatan lebih tinggi dari sebelumnya akan semakin besar.

Sudah Siap Menerapkan Manajemen Cashflow di Atas?

Jadi, itu cara menerapkan manajemen cashflow terbaik yang bisa diterapkan pada bisnis kosmetikmu. Agar kondisi keuangan bisnis tetap berjalan baik, sebaiknya kurangi menggunakan pinjaman dan mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang kurang penting.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kosmetik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Manajemen Cashflow Terbaik Bisnis Kosmetik, Begini Caranya

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​