Home » Strategi Bisnis » Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Kosmetik Jika Ingin Buka Cabang

Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Kosmetik Jika Ingin Buka Cabang

Apabila ingin membuka cabang usaha kosmetik, kamu perlu memperhatikan berbagai faktor dalam pemilihan lokasi. Khususnya jika menilik prospek pasar industri kecantikan di tanah air yang semakin tinggi, menetapkan lokasi yang strategis mungkin bisa membantu menaikkan profit yang dihasilkan.

Harding, dalam bukunya yang berjudul Manajemen Produksi, menyebutkan beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi bisnis. Mulai dari lingkungan masyarakat, SDA, tenaga kerja, kedekatan dengan target pasar, fasilitas dan biaya transportasi, tanah untuk ekspansi, dan pembangkit listrik.

Faktor Pemilihan Lokasi Cabang Usaha Kosmetik

Faktor-faktor berikut ini bisa kamu pertimbangkan untuk menetapkan lokasi cabang bisnis kosmetik, yaitu:

1. Demografi

Faktor pemilihan lokasi usaha kosmetik yang pertama berkaitan dengan demografi. Apabila bisnis yang kamu bangun sudah cukup dikenal masyarakat, persoalan demografi nampaknya bukan kendala besar untuk bisnismu.

Artinya, bisnis kosmetikmu ini sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan menjadi kebutuhan mereka.

Selanjutnya, hal yang perlu kamu prioritaskan, yaitu memilih lokasi usaha dengan permintaan pasar yang tinggi. Kamu bisa menggunakan fitur polling di Instagram untuk meminta saran nama kota yang potensial untuk ekspansi bisnis.

Setelah menerima respon dari followers, kamu bisa mengkategorikan kota mana saja yang mendapatkan polling tertinggi. Melalui cara ini juga, kamu bisa mendapatkan gambaran tingginya minat pasar terhadap bisnis kosmetik tersebut sehingga berpotensi meningkatkan profit bisnis.

2. Kompetitor

Selanjutnya, pemilihan lokasi yang minim kompetitor atau bahkan tidak ada kompetitor di bidang yang sama juga perlu kamu pertimbangkan. Kamu bisa melakukan survei langsung ke target lokasi, kemudian amatilah apakah ada kompetitor lain yang jaraknya dekat dengan lokasi tersebut.

Karena, tidak dapat dipungkiri bahwa memilih lokasi yang berdekatan dengan kompetitor memang perlu menyiapkan strategi lagi untuk mempertahankan pelanggan dan menarik konsumen baru.

Oleh sebab itu, kamu perlu jeli dalam melakukan riset ini. Pasalnya, memilih lokasi dengan permintaan pasar yang tinggi dan banyak kompetitor justru berisiko kalah dalam berkompetisi. Maka, minimal pilihlah lokasi yang jaraknya 1 km dari lokasi toko milik kompetitor.

3. Bisnis Terdekat

Faktor pemilihan lokasi bisnis kosmetik selanjutnya, yaitu adanya bisnis terdekat di sekitar target lokasi. Kamu bisa menggunakan Google Places API, yaitu layanan Google Maps yang menyediakan informasi seputar lokasi atau event tertentu di seluruh dunia.

Menurut Location-Based Services Account Manager for Google Maps Platform, Phill Stephens menegaskan bahwa layanan ini menyediakan informasi akurat sesuai kebutuhan konsumen. Misalnya, alamat, denah lokasi, jam operasional dan jam sibuk, review, rating, hingga kontak informasi.

Kamu bisa melakukan riset tentang bisnis apa saja yang beroperasi di sekitar target lokasi. Apakah bisnis-bisnis tersebut nantinya bisa mendukung perkembangan bisnis kosmetikmu? Apakah bisnis tersebut “berhubungan” dengan bisnis yang akan kamu bangun?

Misalnya, kamu mungkin bisa menargetkan lokasi yang berdekatan dengan salon, toko pakaian, dan minimarket yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Pada akhirnya, konsumen mereka juga berpotensi menjadi konsumenmu lantaran memiliki kebutuhan yang sama atau berkaitan, yakni kecantikan atau perawatan diri.

Sebuah penelitian dari JETIR Research Journal juga menyebutkan cara ini cocok untuk ekspansi bisnis, namun lebih direkomendasikan untuk bisnis baru.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Carilah pusat perbelanjaan yang paling terkenal di wilayah tersebut.
  • Temukan bisnis yang beroperasi di sekitar lokasi itu, setidaknya dalam radius 500 m dari titik target lokasi. Tujuannya, yakni untuk menemukan korelasi variasi bisnis di wilayah terkait.
  • Temukan setidaknya 5 bisnis yang saling berkorelasi (berhubungan) dan masuk dalam 1 kategori yang sama. Pada hal ini, misalnya masih berkaitan dengan kecantikan atau perawatan  diri.
  • Wilayah dengan frekuensi tertinggi akan mendapatkan korelasi yang tinggi.

Jika menerapkan cara ini, nantinya algoritma Google Maps akan menampilkan rekomendasi tempat sesuai lokasi dan rating. Nah, apabila kamu membuka cabang kosmetik di daerah yang memiliki rating tinggi dan sering dikunjungi, ini berpotensi menarik banyak konsumen baru untuk bisnismu.

4. Akses yang Mudah

Faktor pemilihan lokasi bisnis kosmetik yang terakhir, yaitu memperhatikan akses ke lokasi tersebut. 

Menurut Utami dalam sebuah penelitian dari IRJ Innovation Research Journal, akses lokasi yang mudah dan menjadi pusat untuk kegiatan tertentu menjadi daya tarik bagi konsumen. Kenyamanan konsumen untuk masuk dan keluar dari lokasi tersebut bisa berpengaruh pada frekuensi kunjungan selanjutnya.

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika riset tentang aksesibilitas target lokasi cabang:

  • Adanya akses keluar masuk yang mudah untuk konsumen.
  • Kondisi jalan yang tidak menyulitkan konsumen.
  • Perhatikan arus lalu lintas, tempat parkir, keramaian, serta titik lokasi masuk dan keluar.

Setelah melakukan riset aksesibilitas lokasi, langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan biaya sewa ruko.

Harga sewa ruko di pusat perbelanjaan pada umumnya cenderung lebih tinggi ketimbang menyewa ruko sendiri di pinggir jalan. Misalnya, ruko di kawasan bisnis Kota Cirebon 3 lantai dengan luas bangunan 236 m2, biaya sewanya Rp 54.000.000 per tahun.

Nah, dalam hal ini kamu perlu koordinasi dengan tim finansial bisnismu untuk menentukan apakah ekspansi bisnis kosmetik di lokasi tersebut bisa dilakukan atau tidak.

Sudah Siap Membuka Cabang Usaha Kosmetik?

Itulah 4 faktor pemilihan lokasi cabang usaha kosmetik yang perlu kamu perhatikan sebelum membuka cabang bisnis. Selain memperhatikan semua faktor di atas, pastikan juga modal kamu memadai agar proses perluasan bisnis kamu aman dan tanpa kendala finansial.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​