Home » Strategi Bisnis » Hal yang Harus Dipelajari Oleh Pemilik Bisnis Kosmetik Agar Sukses

Hal yang Harus Dipelajari Oleh Pemilik Bisnis Kosmetik Agar Sukses

Menjadi seorang pemilik bisnis kosmetik tidak hanya membutuhkan modal yang banyak, tetapi juga ada beberapa hal yang perlu dipelajari agar bisnis berjalan dengan lancar dan meraup keuntungan dalam waktu cepat.

Bisnis kosmetik memiliki karakter berbeda dari bisnis ritel seperti pakaian atau sepatu sehingga cara menjalankannya pun sedikit berbeda. Sayangnya, tidak semua pemilik bisnis kosmetik sadar akan hal ini sehingga kesulitan mengelola bisnisnya.

Nah, buat kamu yang sedang menjalankan bisnis kosmetik, baik itu bisnis kecil maupun besar. Simak apa saja hal penting yang harus dipelajari oleh pemilik bisnis kosmetik yang akan dirangkum di artikel ini!

Hal Penting dalam Menjalankan Bisnis Kosmetik

Berikut rangkuman hal penting apa saja yang perlu dipelajari sebagai pemilik bisnis kosmetik supaya mimpi menjadi pemilik bisnis kosmetik sukses terwujud:

1. Kemampuan Analisis yang Akurat

Kemampuan analisis yang akurat sangat diperlukan bagi seorang pebisnis. Hal ini bertujuan agar kamu bisa memilih produk kosmetik apa saja yang dibutuhkan oleh target pasar dan berpeluang mendatangkan keuntungan besar.

Agar bisa menganalisis dengan akurat, kamu harus bersedia melakukan penelitian atau observasi langsung pada target pasar. Misalnya, target bisnis kosmetik kamu adalah anak-anak remaja, maka cari tahu tren kosmetik apa yang sedang diperbincangkan.

Contoh produk kosmetik yang saat ini menjadi tren adalah body lotion dan krim wajah yang berfungsi mencerahkan. Jika ingin melihat tren kosmetik lainnya, kamu juga bisa memantau media sosial seperti TikTok atau Instagram yang sering menyajikan konten-konten viral.

Setelah menemukan target dan kebutuhan pasar, kamu juga perlu jeli melihat peluang. Pada hal ini, analisis kamu juga diperlukan untuk menentukan momen seperti apa yang akan membuat bisnis kosmetik kamu berkembang pesat.

Analisis peluang yang bisa kamu lakukan seperti menjual produk yang dibutuhkan oleh target pasar dan harganya sesuai dengan kemampuan finansial mereka.

Jika target pasar kamu adalah anak-anak remaja yang masih bersekolah atau masih berkuliah, maka jangan menjual produk dengan harga mahal karena terbatasnya kemampuan finansial mereka.

Pasarkan produk body lotion atau krim wajah yang berfungsi mencerahkan dengan harga yang relatif murah. Contoh, produk yang dijual murah seperti Nivea Extra White Body Serum Night Nourish ukuran 180 ml dengan harga Rp 38 ribu.

Selain itu, produk krim wajah yang berfungsi mencerahkan dan dijual dengan harga murah. Ada Garnier Light Complete White Speed Serum Day Cream berukuran 50 ml yang dijual dengan harga Rp 30 ribu.

Keberhasilan dalam menentukan target pasar, memilih kebutuhan, dan jeli melihat peluang ini ditentukan oleh seberapa akurat analisis yang kamu miliki. Jadi, untuk menjadi pemilik bisnis kosmetik sukses, kamu harus meningkatkan skill analisis dengan banyak observasi pasar.

2. Kreativitas

Kreativitas juga menjadi hal penting berikutnya yang perlu kamu lakukan sebagai pebisnis kosmetik. Mengembangkan produk kosmetik juga perlu dibalut dengan inovasi terbaru agar semakin menarik.

Inovasi yang bisa kamu lakukan adalah merubah packaging menjadi simpel dan travel friendly. Hadirkan pula perubahan pada ingredients di dalam kosmetik yang kamu jual. Misalnya selain mencerahkan kulit, juga membantu melembabkan karena adanya kandungan hyaluronic acid.

Selain dalam membuat gebrakan baru pada produk kosmetik, kreativitas kamu juga dibutuhkan saat menjalin hubungan dengan relasi atau partner bisnis. Misalnya  memilih relasi yang sesuai dengan visi dan misi bisnis milikmu.

Contoh relasi kosmetik yang bisa kamu tiru, antara lain Dear Me Beauty x Snoopy & Friend, Dear Me Beauty x Nissin, hingga Dear Me Beauty x KFC. Kolaborasi ini cenderung unik tapi cukup menjanjikan, lho.

3. Problem Solving

Hal penting yang terakhir adalah problem solving atau cara mengidentifikasi serta menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi pada bisnis kosmetik milikmu.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kosmetik adalah lini bisnis yang berbeda. Produk-produk kosmetik ini langsung bersentuhan dengan kulit sehingga efek sampingnya lebih berbahaya dan membuat pelanggan ketakutan.

Jika ingin produk kosmetik milikmu laku terjual, maka gunakanlah bahan-bahan berkualitas dan hindari menggunakan zat-zat kimia berbahaya, seperti pemutih, pengawet, dan lainnya.

Pilih bahan berkualitas seperti vitamin C, niacinamide, hyaluronic acid, aloe vera, alpha arbutin, dan bahan aman lainnya. Jika menggunakan bahan berkualitas dan aman ini, maka akan membuat produk-produk kamu tidak menimbulkan efek samping dan pelanggan pun merasa aman.

Kamu bisa menemukan bahan baku kosmetik berkualitas melalui supplier terpercaya di Indonesia. Misalnya, PT Suryana, P.T. Narda Tita, PT. Sarana Mitra Inti Global, atau Cortico Mulia Sejahtera.

Tak hanya perihal kualitas produk, masalah dalam bisnis kosmetik juga bisa muncul dari human error. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan software khusus bisnis kosmetik untuk membantu proses administrasi bisnis seperti Lekotik atau Turboly.

Sudah Siap Menjadi Pemilik Bisnis Kosmetik yang Sukses?

Itulah tiga hal penting yang harus dipelajari oleh pemilik bisnis kosmetik saat ini. Jadi, tunggu apalagi? Jika ingin menjadi pemilik bisnis kosmetik sukses, jangan lupa menerapkan tiga hal penting di atas, ya!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​