Home » Strategi Bisnis » Ide Packaging Produk Menarik untuk Bisnis Kosmetik

Ide Packaging Produk Menarik untuk Bisnis Kosmetik

Kemasan atau packaging memiliki daya tarik tersendiri bagi sebuah produk. Sebagai pebisnis, penting sekali bagimu untuk mencari ide packaging produk yang menarik dan kreatif agar angka penjualan bisa meningkat. Coba posisikan dirimu sebagai konsumen, pasti sering membeli produk karena kemasannya yang menarik, bukan? 

Salah satu cara untuk meningkatkan omset penjualan produk adalah dengan meningkatkan konversi. Konversi bisa meningkat, salah satunya dengan mengubah visual dari produk yang dijual. Kamu bisa mengubah packaging produk lebih menarik lagi supaya semakin banyak orang tertarik dan melakukan transaksi pembelian. 

Rekomendasi Ide Packaging Produk yang Menarik

Bisnis kosmetik punya persaingan yang cukup ketat di pasaran. Salah satu cara untuk menghadapi persaingan tersebut adalah dengan membuat packaging semenarik mungkin sehingga produk lebih unggul saat dilihat konsumen.

Berikut adalah 5 rekomendasi ide packaging yang menarik untuk produk kosmetik:

Pouch

Kamu bisa coba menggunakan pouch. Desain kemasan produk tidak perlu diubah, tapi cukup dilengkapi dengan pouch. Ini akan memberikan daya tarik yang berbeda apalagi jika desain pouch-nya cukup menarik dan fungsional untuk digunakan. 

Pilih bahan pouch yang tepat dan sesuaikan desain ukurannya dengan ukuran produk. Penting untuk memastikan bahwa pouch tersebut dapat dicuci dan digunakan berulang kali. Jangan lupa, desain pouch juga harus sesuai dengan desain produk supaya ada korelasinya. 

Kemasan Asimetris

Bentuk kemasan yang itu-itu saja pasti akan terasa membosankan. Jika dilihat di pasaran, kemasan produk kosmetik biasanya berbentuk kotak dan simetris rapi. Coba untuk membuat inovasi dan lebih kreatif. Kemasan dengan bentuk asimetris bisa jadi pilihan karena memberi kesan modern dan menarik. Ini memberi kesan yang cukup unik karena tidak banyak produk dengan kemasan yang asimetris. 

Agar kemasan asimetris bisa berfungsi secara optimal dan tidak merusak isi produk, maka kemasan produk harus asimetris. Jadi kemasan produk dan box luarnya sama-sama dibuat asimetris dengan bentuk yang presisi. Bentuknya bisa beragam, bisa pula dibuat sama maupun berbeda untuk masing-masing tipe produk.

Visible Packaging

Berikutnya adalah konsep visible packaging yang sangat cocok diterapkan untuk produk kosmetik. Ini bisa jadi ide packaging produk yang menarik karena sangat membantu konsumen dalam membeli produk. Visible packaging adalah kemasan yang dibuat berlubang sehingga konsumen bisa melihat bagian isi dalam produk tanpa harus membuka box luarnya. Kemasan seperti ini dinilai sangat efektif untuk produk kosmetik mengingat jenis produk ini sangat dipengaruhi oleh warna.

Misal untuk produk eyeshadow yang terdiri dari berbagai jenis warna. Jika kemasannya dibuat visible, maka akan lebih mudah untuk melihat warnanya dari luar. Kemasan seperti ini juga akan menguntungkan bagi pebisnis karena produk tidak mudah rusak saat dibuka-buka oleh konsumen.

Kotak Multifungsi

Khusus untuk jenis produk bundling atau paket, kamu bisa menggunakan kemasan kotak multifungsi. Kemasan sejenis ini sangat disukai oleh konsumen karena sangat fungsional. Umumnya kemasan kotak akan digunakan kembali oleh konsumen sebagai tempat penyimpanan, apalagi jika kotaknya cukup besar dan kuat dengan desain yang menarik. 

Ada beberapa brand kosmetik yang sudah mencoba penggunaan kemasan kotak multifungsi ini untuk produk mereka. Kotak multifungsi sangat menarik karena bisa menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen, apalagi jika kotak kemasan tersebut dilengkapi fitur yang fungsional seperti cermin untuk make up

Kemasan Ramah Lingkungan

Coba untuk memberikan nilai lebih terhadap produkmu dengan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Saat ini produk atau brand yang mengedepankan prinsip eco-friendly jauh lebih banyak diminati di pasaran. Misalnya, mengemas produk kosmetik menggunakan kertas daripada plastik. 

Penggunaan bubble wrap dalam kemasan produk saat dikirimkan secara online juga sebaiknya dihindari. Saat ini bubble wrap bisa diganti dengan potongan kertas-kertas daur ulang yang lebih ramah lingkungan. Konsep kemasan semacam ini  bisa menjadi poin lebih yang akan membuat banyak orang merasa tertarik. 

Ciptakan Kemasan Menarik yang Unik dan Kreatif Sekarang Juga!

Desain kemasan yang unik dan menarik secara tak langsung akan membantu kamu dalam meningkatkan angka penjualan. Jika kamu menjalankan bisnis ini secara online, maka kamu juga akan sangat terbantu dengan adanya desain kemasan yang menarik. Visual foto produk akan terlihat jauh lebih cantik dan estetik berkat adanya kemasan yang menarik. Ciptakan daya tarik yang kuat hanya dengan melihat bentuk produk secara sekilas. 

Itulah mengapa sangat penting untuk merencanakan desain kemasan yang bagus dengan sebaik mungkin. Pastikan desain kemasan tersebut bisa menjadi identitas tersendiri untuk bisnismu. Selain itu, kemasan yang digunakan juga harus memiliki keunikan tersendiri sehingga orang bisa mengenali sebuah produk hanya dengan melihat bentuk kemasannya saja.

Pilihlah ide packaging produk yang menarik dan bisa menunjukkan identitas brand-mu dengan baik. Rencanakan bentuk, warna, dan desain yang tepat agar kemasan tersebut bisa diterima oleh target pasar. Perhatikan juga sisi fungsionalnya agar kemasan memungkinkan untuk dipakai kembali oleh konsumen.


Kamu juga bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu. 

Nikmati kemudahan transaksi dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO! Daftar sekarang!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​