Home » Strategi-bisnis » 6 Ide Inovasi dan Kreatifitas dalam Bisnis Kosmetik

6 Ide Inovasi dan Kreatifitas dalam Bisnis Kosmetik

6 Ide Inovasi dan Kreatifitas dalam Bisnis Kosmetik

Sampai saat ini, bisnis di bidang kecantikan seperti kosmetik masih sangat menjanjikan. Ide inovasi dan kreatifitas dalam bisnis kosmetik juga bisa membantu meningkatkan peluang penjualan menjadi lebih tinggi.

Inovasi dan kreatifitas bisa membantu brand kamu agar tetap eksis di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Lalu inovasi seperti apakah yang ideal untuk membangun branding sebuah brand kosmetik? Berikut akan kami paparkan penjelasannya di artikel ini.

Apa Itu Ide Inovasi dan Kreatifitas dalam Bisnis Kosmetik?

Inovasi dan kreatifitas dalam bisnis saling berkaitan. Kreatifitas merupakan kemampuan untuk mengembangkan berbagai ide dan cara baru dalam melihat peluang usaha. Sementara inovasi lahir dari hasil kreatifitas itu sendiri.

Kreatifitas juga bisa menghasilkan sudut pandang baru. Biasanya orang yang memiliki kreatifitas tinggi bisa berpikir secara luas atau yang biasa disebut dengan out of the box. Inilah yang menjadi dasar dari membangun sebuah kreatifitas dan inovasi di dalam berbisnis.

Tahapan Membangun Ide Inovasi dan Kreatifitas

Ada beberapa tahapan untuk membangun ide kreatifitas maupun inovasi dalam berbisnis, khususnya bisnis kosmetik. Berikut kami paparkan tahapan-tahapannya di bawah ini.

Persiapan

Yang kami maksud persiapan di sini yaitu meliputi berbagai aspek. Contohnya persiapan dalam mengumpulkan data untuk memecahkan masalah, mempelajari pola pikir konsumen, dan persiapan lainnya.

Mengolah Informasi/Data

Setelah persiapan selesai, kumpulkan berbagai informasi untuk membangun ide inovasi dan kreatifitas. Contohnya melakukan observasi atau riset terhadap produk kosmetik milik kompetitor. Kemudian kamu olah untuk bahan pertimbangan ide. 

Eksekusi

Sampai sini kamu sudah ‘mengantongi’ banyak data yang siap membantu membangun ide dan kreatifitas. Hasil riset dan data yang kamu dapatkan bisa menjadi inspirasi untuk membangun ide baru yang lebih unik dan ‘fresh’.

Ide Inovasi dan Kreatifitas dalam Bisnis Kosmetik Kekinian

Tampil cantik merupakan dambaan dan impian bagi setiap wanita. Menggunakan kosmetik adalah salah satu solusi tampil cantik bagi setiap perempuan. Itulah kenapa produk ini banyak dibutuhkan.

Akan tetapi, banyaknya brand kosmetik yang ada saat ini membuat persaingan bisnis menjadi lebih ketat. Itulah kenapa, ide inovasi dan kreatifitas sangat diperlukan. Berikut beberapa cara-caranya.

Inovasi Produk yang Beragam

Inovasi pertama yang bisa kamu coba implementasikan adalah dengan menawarkan berbagai pilihan produk kosmetik. Contoh ketikaF kamu hanya menjual masker saja, lengkapilah dengan beberapa produk seperti lulur, eye shadow dan lainnya.

Banyak ketersediaan produk juga memungkinkan kamu untuk menjual lebih banyak barang. Di sisi lain, customer pun menjadi punya banyak alternatif pilihan produk kosmetik ketika membeli produk yang kamu tawarkan.

Mendaftarkan Hak Paten Merek

Khusus untuk yang baru terjun bisnis kosmetik. Jika kamu sudah memiliki merek sendiri, sebaiknya daftarkan hak paten merek kamu. Tujuannya agar membantu perusahaan kamu tumbuh menjadi pemain utama dalam pasar.

Hak paten juga bisa meminimalisir persaingan usaha. Di sisi lain, pemilik hak paten juga berpotensi memperoleh bayaran atau royalti dari produknya.

Pemasaran Melalui Jejaring Sosial

Saat ini, pemasaran melalui media sosial adalah strategi yang ideal untuk meraup untung yang lebih banyak. Karena pengguna media sosial di Indonesia sudah semakin besar.

Beberapa media sosial juga sudah menyediakan fitur khusus untuk membantu promosi maupun pemasaran. Bahkan media sosial sekelas Instagram dan Facebook sudah menyediakan toko atau marketplace khusus untuk berjualan.

Kamu bisa memilih salah satu atau beberapa media sosial sekaligus. Namun, kami merekomendasikan memilih salah satu agar bisa fokus.

Menciptakan Nama Produk yang Unik dan Menarik

Membangun sebuah bisnis atau brand kosmetik tidaklah mudah. Kamu harus memperhatikan berbagai hal, salah satunya mulai dari yang paling dasar yaitu membuat nama yang unik.

Kamu harus pandai berinovasi, salah satunya dalam membuat sebuah nama yang unik dan ‘menjual’. Sebisa mungkin nama brand kamu harus memiliki ciri khas suatu produk.

Nama juga harus mudah diingat. Pastikan namanya singkat dan tidak ribet pada saat diucapkan. Nama brand bisa membantu membentuk ciri khas bagi perusahaan kamu. Itulah kenapa, memilih nama tidak boleh dilakukan secara terburu-buru dan sembarangan.

Ide Inovatif dan Kreatif Pada Kemasan

Inovasi tidak hanya sebatas pada jenis atau variasi produk dan nama saja. Inovasi dan kreatifitas bisa kamu tunjukan juga pada kemasannya. Selain bersifat fungsional, kemasan juga harus memiliki desain unik dan menarik.

Saat ini pengemasan produk kosmetik sudah semakin inovatif. Kamu juga tidak boleh ketinggalan dari brand kompetitor dalam memperhitungkan fungsionalitas dan juga nilai estetikanya agar tampak lebih menarik.

Mencantumkan Keterdaftaran di BPOM dan Dinkes

Produk kosmetik yang kamu miliki harus sudah terdaftar di BPOM dan Dinkes. Daftarkan terlebih dahulu agar produk kosmetik milikmu lulus uji laboratorium. Logo BPOM pada produk kosmetik juga bisa membantu meningkatkan kredibilitas usaha.

Di sisi lain, perusahaan kosmetik sangat diwajibkan untuk mendaftarkan produknya ke BPOM maupun Dinkes. Tujuannya agar produk tersebut mendapatkan izin untuk pemasaran produk untuk menjamin keamanan pelanggan.  

Itulah beberapa poin penting yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan ide inovasi dan kreatifitas dalam bisnis kosmetik. Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan?


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untukmu. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
6 Ide Inovasi dan Kreatifitas dalam Bisnis Kosmetik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​