Home » Strategi Bisnis » Tips Merinci Catatan Keuangan dalam Bisnis Kosmetik

Tips Merinci Catatan Keuangan dalam Bisnis Kosmetik

Pembuatan catatan keuangan menjadi sebuah poin penting dalam pengembangan sebuah bisnis kosmetik. Kamu butuh tips merinci catatan keuangan yang efektif agar laporan pembukuan bisa rapi dan mempermudah pengelolaan bisnis. Mengelola pembukuan atau catatan keuangan ini cukup penting dan harus dilakukan sejak kamu memulai bisnis. 

Dari bisnis skala kecil, kamu bisa lebih mudah mengembangkannya jika ada catatan keuangan yang jelas. Seperti diketahui bahwa pengembangan bisnis butuh modal yang memadai. Jika kamu mengelola dana dengan bijak dan rinci, maka modal pengembangan bisnis akan lebih mudah tercapai. 

Tips Merinci Catatan Keuangan Bisnis

Sebenarnya membuat rincian catatan keuangan dalam bisnis tidaklah sulit. Bagi para pemula, memang dibutuhkan konsistensi dan pemahaman yang tepat mengenai pembuatan catatan keuangan tersebut. Berikut adalah 5 tips efektif yang bisa diterapkan dalam menyusun rincian catatan keuangan bisnis kosmetik.

Pisahkan Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Langkah pertama yang menjadi prinsip penting dalam pengelolaan dana bisnis adalah memisahkan catatan pemasukan dan pengeluaran. Ini penting untuk dilakukan karena akan membantu kamu mengetahui berapa banyak uang yang masuk dan keluar. Rincian semacam ini tidak boleh diabaikan apalagi untuk kepentingan bisnis. 

Sama halnya ketika kamu mengatur dana pribadi. Secara otomatis, kamu harus mengetahui berapa banyak uang yang masuk dan uang yang dikeluarkan. Dari sini kamu bisa tahu apakah pengeluaran yang dilakukan selama ini sudah sesuai dengan kapasitas atau tidak. Pastikan untuk membuat catatan pemasukan dan pengeluaran serinci mungkin, disertai keterangan dan bukti transaksi. 

Buatlah Buku Kas Utama

Tips merinci catatan keuangan selanjutnya membuat buku kas utama. Ini akan menjadi catatan penting yang mendasari laporan keuangan bisnis kosmetik secara menyeluruh. Buku kas utama dibuat dengan menggabungkan data dari uang pemasukan dan pengeluaran. Penggabungan ini dilakukan agar kamu bisa mengetahui apakah ada keuntungan bisnis atau malah bisnis mengalami kerugian. 

Buku kas utama juga akan digunakan untuk menentukan berapa besar anggaran perusahaan terkait dana masuk dan keluar. Nantinya buku kas utama juga akan menjadi acuan dalam membuat perencanaan keuangan bisnis. Pastikan buku kas utama ini disusun secara konsisten dan teliti. 

Susun Buku Laba Rugi

Salah satu komponen penting dalam pembukuan keuangan bisnis adalah buku laba rugi. Ini adalah data yang akan merekam pendapatan dan beban dari sebuah bisnis dalam periode waktu tertentu. Pencatatan ini akan membantu Anda mengetahui kondisi bisnis terbaru, apakah rugi atau untung. 

Buku laba rugi bisa membantu kamu untuk mengevaluasi strategi bisnis yang sudah dilakukan. Kamu bisa menyimpulkan apakah strategi yang dijalankan sudah cukup baik dan menguntungkan atau belum. Jika dari buku laba rugi ini didapatkan hasil bahwa perusahaan merugi, maka kamu bisa cari strategi lain yang dapat menghasilkan keuntungan. 

Buat Neraca Keuangan

Jangan lupa, kamu juga perlu membuat neraca keuangan. Ini juga menjadi bagian penting dalam proses pembukuan keuangan sebuah bisnis. Neraca keuangan berfungsi untuk mengetahui posisi keuangan dari perusahaan yang kamu jalankan. Data ini memuat banyak aspek mulai dari harta tetap, harta lancar, juga harta tidak berwujud seperti merek dagang dan hak paten produk. 

Di buku neraca keuangan, kamu juga harus mencantumkan data kewajiban keuangan. kewajiban ini meliputi utang jangka panjang dan utang lancar. Selain itu perlu dicatat juga modal yang merupakan selisih antara total harta yang sudah dikurangi dengan beban utang. 

Siapkan Laporan Perubahan Ekuitas

Pebisnis juga perlu membuat laporan perubahan ekuitas dalam rincian keuangannya. Ekuitas adalah modal atau kekayaan entitas. Ekuitas akan diperoleh dari selisih jumlah aset dengan kewajiban dana yang harus dikeluarkan. Meskipun bisnismu masih terbilang kecil, laporan perubahan ekuitas ini tetap penting untuk dibuat. 

Laporan satu ini akan memuat perubahan ekuitas dalam satu periode tertentu. Jadi kamu juga bisa mengetahui berapa total aset yang dimiliki dari periode ke periode. Ini bisa menjadi bahan acuan untuk melihat apakah bisnis dan perkembangan asetmu meningkat atau tidak. 

Semua laporan ini akan masuk ke dalam bagian evaluasi berkala untuk bisnis kosmetik yang kamu jalankan. Oleh sebab itu pastikan untuk menyusunnya dengan sebaik mungkin. Semua laporan harus lengkap sehingga kamu bisa melakukan analisis dan evaluasi secara menyeluruh. 

Pilih Platform yang Bisa Membantu Merinci Keuangan

Salah satu tips merinci catatan untuk keuangan yang paling efektif adalah gunakan fasilitas yang bisa membantu. Sekarang sudah ada banyak platform atau media yang bisa dipakai untuk membuat laporan keuangan secara rinci. Kamu sebaiknya menggunakan platform tersebut supaya tidak perlu lagi membuat catatan keuangan secara manual. 

Kamu bisa dengan mudah menemukan aplikasi yang bisa mengelola keuangan bisnismu dengan rinci dan akurat. Pilih platform yang tepat dan menawarkan fitur lengkap sehingga benar-benar efektif membantu proses pembukuan keuangan. Namun pastikan untuk tetap mengontrol secara manual dan pastikan bahwa rincian keuangan sudah tepat. 

Terapkan berbagai tips merinci catatan keuangan secara optimal. Kamu juga harus konsisten dalam membuat catatan finansial bisnis. Jangan setengah-setengah dan harus menyeluruh sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat optimal serta mampu mengembangkan bisnis dengan lancar.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​