Home » Strategi Bisnis » Tips Video Marketing Produk Kosmetik dan Jenis-jenisnya

Tips Video Marketing Produk Kosmetik dan Jenis-jenisnya

Promosi melalui tayangan visual makin banyak diterapkan oleh berbagai brand kosmetik. Sebab, pelanggan bisa mengetahui detail produk melalui video promosi tersebut. Namun, kamu harus mencari tahu tips video marketing yang nampol gaet pembeli.

Video marketing adalah sebuah sarana untuk mempromosikan produk melalui audio visual. Strategi ini banyak diterapkan oleh brand besar maupun yang masih merintis. Apalagi cost untuk pembuatannya masih terjangkau.

Lalu bagaimana cara membuat video marketing yang baik? Baca artikel ini untuk mengetahui tipsnya.

Jenis Video Marketing untuk Brand Kosmetik

Sebelum mengetahui cara membuatnya, kamu harus memahami beberapa jenis video marketing untuk produk kosmetik. Sedikitnya ada empat jenis video marketing yang bisa dipelajari.

Live Video

Live video adalah penayangan video marketing dalam bentuk siaran langsung. Macam-macam pengemasan video antara lain: demo produk, tutorial makeup atau sekadar membuat question and answer.

Produk live ini bisa kamu buat di beberapa media sosial atau bekerja sama dengan media massa. Biasanya untuk penayangan video di media sosial tidak membutuhkan biaya yang banyak dibanding media massa. 

Media sosial yang bisa digunakan untuk live yakni Facebook, TikTok, Instagram, Shopee dan Youtube. Sementara untuk media massa, kamu harus melakukan kerja sama berbayar dengan stasiun televisi, radio, atau pemilik iklan billboard.

Video Informasi

Jenis yang kedua adalah berbentuk informasi. Pada jenis yang satu ini, hal yang dibahas adalah seputar produk secara lebih detail. Mulai dari bahan pembuatan, tekstur hingga cara mengaplikasikannya.

Pengambilan gambar pada video informasi ini dilakukan secara close up. Pembuat video harus menonjolkan produk kosmetik yang dipromosikan secara lebih dekat. 

Supaya pesan yang disampaikan bisa masuk secara maksimal, video informasi ini biasanya berdurasi singkat. Bahkan durasinya hanya sekitar 30 detik saja. 

Meski begitu, pesan pada video harus langsung ke pelanggan. Contoh video iklan brand Make Over di setiap peluncuran produk baru. Kamu bisa menjumpai durasi yang singkat di setiap video.

Biasanya video informatif ini digunakan pada iklan televisi. Tak hanya itu, iklan di Youtube juga menampilkan video brand kosmetik ini. Salah satu iklan yang tidak bisa di skip.

Video Tutorial

Berikutnya adalah video tutorial yang pasti sering kamu temui di berbagai platform. Sebenarnya video ini masih bisa dimasukkan ke dalam video yang bersifat informatif, sebab isinya berupa informasi produk. Namun pada video tutorial, terdapat langkah-langkah yang bisa ditiru oleh audiens sehingga video memiliki daya pikat untuk menarik pelanggan.

Sesekali, kamu perlu membuat video tutorial make up untuk mempromosikan brand kosmetikmu. Cara ini merupakan strategi soft selling, supaya pelanggan mau membeli produk make up kamu.

Selain bisa dilakukan sendiri, video tutorial juga bisa kolaborasi dengan influencer. Sistemnya, kamu bisa membayar seorang beauty enthusiast untuk membuat video yang berisi tutorial make up.

Video Review

Terakhir adalah video review. Jenis ini termasuk video marketing dengan pembuat konten adalah seorang vlogger atau beauty enthusiast. Jadi, kamu tidak bisa membuat video untuk mereview produk kamu sendiri.

Tujuan dari pembuatan video ini adalah untuk meningkatkan trust pelanggan terhadap produk kosmetik kamu. Sebab yang melakukan review adalah seorang influencer yang telah memiliki popularitas.

Tips Video Marketing yang Harus Diperhatikan

Setelah kamu memahami berbagai jenis dari video marketing, kini saatnya mengetahui tips untuk pembuatannya.

Tentukan Jenis Video

Sebelum membuat video promosi, kamu harus tahu jenis video apa yang akan dibuat. Apakah video yang bersifat informatif, tutorial atau bahkan live video. 

Cara menentukannya dengan mengetahui goals apa yang jadi prioritas. Misal kamu ingin membuat video promosi untuk televisi, berarti yang harus dibuat adalah video informatif yang berisi brand kosmetik kamu.

Pikirkan Ide

Tips video marketing berikutnya adalah memikirkan ide video. Mau seperti apa video dibuat? Siapa talent yang akan melakukan? Lalu berapa biaya dari pembuatan video.

Semua ini harus kamu pikirkan dan dituangkan dalam rancangan video. Perencanaan yang matang akan memudahkan kamu untuk membuat video. 

Buat Storyboard

Setelah mengetahui ide video yang akan dibuat, rancang storyboard: sebuah skrip cerita pada video. 

Supaya mudah dalam membuat video, maka storyboard harus dibuat detail dan jelas. Selain memudahkan saat take, storyboard yang jelas bisa memudahkan editor saat menyunting gambar.

Misal kamu akan membuat tutorial make up. Tulis rangkaian make up yang akan dipakai sesuai urutan. Bahkan skrip untuk pembukaan dan penutupan video tutorial juga bisa ditulis. 

Eksekusi

Proses pembuatan video harus diawasi dengan matang. Pastikan talent dan peralatan siap untuk membuat video make up.

Tak hanya itu, catat juga hal-hal penting yang bisa ditonjolkan saat melakukan editing. Bahkan, bagian video yang harus mengalami penyuntingan juga bisa dicatat.

Setelah masuk dalam meja editor, jangan lupa untuk melakukan review secara teliti agar detail make up atau scene tutorial yang kurang match bisa dihilangkan atau disamarkan.

Penayangan Video

Kamu harus memperhatikan betul waktu penayangannya supaya banyak audiens yang menonton. Selain itu, pastikan kata kuncinya sudah sesuai. Misal make up natural, no make up challenge atau yang lain. Copywriting yang baik juga bisa membuat video marketing jadi lebih menarik.

Pada dasarnya pembuatan video marketing untuk bisnis kosmetik ini tidak begitu rumit jika membaca tips video marketing tersebut. Perhatikan betul langkah-langkahnya ya!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kosmetik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​