Home » Strategi Bisnis » Trik Menarik Konsumen Baru Khusus Pebisnis

Trik Menarik Konsumen Baru Khusus Pebisnis

Saat ini, bisnis kosmetik sedang mekar-mekarnya atau digandrungi banyak orang. Tak jarang meski sudah jualan sejak lama, namun omset masih segitu-gitu saja. Kalau sudah begini, kamu membutuhkan trik menarik konsumen baru buat kelangsungan bisnismu.

Sebagai seorang pebisnis, hal yang harus diingat adalah terus mengeksplor cara jualan. Apalagi kosmetik saat ini sangat beragam bentuknya. Perlu untuk memperlebar sayap supaya pelanggan baru berdatangan!

Strategi Jualan Kosmetik untuk Online Shop

Strategi jualan produk kosmetik ini akan lebih mengutamakan berjualan melalui media online. Yuk simak penjelasannya!

Perbanyak Ragam Produk

Sebagai seorang pebisnis kosmetik, kamu harus memperbanyak jenis produk. Jangan ragu untuk menambahkan daftar dagangan supaya pelanggan berdatangan. 

Misal pada awal jualan, kamu hanya fokus pada kosmetik paket yang terdiri dari day-night cream, toner dan facial wash. Sekarang coba tambahkan produk seperti essence, sunscreen hingga serum.

Menambahkan ragam produk kosmetik, bisa membawa konsumen baru pada bisnis kosmetikmu. Pelanggan yang biasanya membeli di toko lain karena di tempat kamu tidak ada, kini bisa beralih. 

Untuk tes pasar, kamu bisa menambahkan sedikit demi sedikit dulu produknya. Misal masing-masing produk coba stok 5 pcs. Kamu juga bisa melakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui produk kosmetik apa yang diminati oleh pelanggan. 

Ikuti Tren

Tidak ada salahnya jika kamu mengikuti tren yang ada seperti saat tren menggunakan kosmetik asal Korea Selatan. Kamu bisa ikut menjualnya untuk memancing pelanggan baru yang suka sekali K-beauty.

Untuk menghindari risiko barang tak laku, kamu bisa menggunakan konsep pre order terlebih dahulu. Tapi kalau kamu punya modal, lebih baik stok produk di toko kamu, meski hanya sedikit.

Keuntungan lain jika kamu berjualan dengan mengikuti tren adalah, kamu bisa numpang promosi. Sebab biasanya banyak influencer atau brand besar yang membuat materi promosi kosmetik secara besar-besaran. Kamu bisa “nyempil” di situ untuk turut promosi.

Namun harus tetap hati-hati ya. Kalau hanya menulis komentar di kolom brand untuk memberitahu jika tokomu menjual produk itu, masih tidak apa-apa. Tapi kalau kamu ingin mengambil konten mereka, sebaiknya izin terlebih dahulu.

Buat Konten Menarik

Zaman sekarang tidak lepas dari konten menarik. Trik menarik konsumen baru berikutnya adalah membuat konten dengan mempertimbangkan soft selling maupun hard selling.  

Konten soft selling adalah postingan yang berisi iklan, namun secara tersirat. Sementara hard selling adalah konten iklan yang berisi ajakan membeli secara terang-terangan.

Konten menarik bisa berupa edukasi, quotes bahkan konten humor. Kamu bisa membuat banyak konten secara berkala di media sosial. Lalu jangan lupa untuk melakukan interaksi dengan pelanggan ya.

Perluas Platform Jualan

Memperbanyak platform jualan juga sangat diperlukan. Seperti saat ini, TikTok sedang digandrungi kawula muda. Tidak ada salahnya jika kamu juga membuka toko kosmetik di tiktok.

Konten yang bisa kamu buat untuk bahan promosi seperti tutorial menggunakan kosmetik, edukasi manfaat kosmetik, atau bahkan konten yang sedang tren di TikTok.

Membuat konten yang sedang populer di TikTok bisa membantu mendongkrak usaha kamu. Sebab TikTok bakal mengumpulkan konten dengan tema serupa untuk ditampilkan di beranda.

Tambah Cara Jualan

Masih seputar tren jualan masa kini. Cara jualan yang sedang digandrungi adalah dengan live session. Live ini bisa dilakukan melalui platform Shopee, TikTok hingga Facebook. Apabila toko kamu sudah memiliki fitur ini, maka kamu bisa jualan kosmetik secara langsung. Namun jika tidak, kamu bisa menggandeng seorang beauty influencer untuk mempromosikan kosmetik kamu.

Salah satu toko yang sering melakukan live promo kosmetik adalah Beauty Haul Indonesia. Mereka melakukan edukasi mengenai produk melalui live session, sekaligus membuka toko untuk berjualan. 

Cara berjualan seperti ini sangat menguntungkan dua belah pihak. Misal, calon pelanggan bisa menanyakan langsung tentang produk kosmetik melalui kolom komentar. Sementara untuk penjual, mereka bisa melakukan penjualan langsung ke pelanggan.

Promosi dengan Influencer

Trik menarik konsumen baru yang terakhir adalah dengan mencari beauty influencer. Buat yang belum tahu, influencer adalah orang yang bisa mempengaruhi orang lain. Seperti halnya selebritis, namun ini di media  sosial.

Namun sebelumnya, kamu harus memperhatikan hal ini ya:

  • Pastikan influencer yang kamu pilih adalah kosmetik enthusiast. Artinya, mereka adalah orang yang suka mereview kosmetik dan memiliki pengikut serupa.
  • Cari influencer yang sedang viral. Cara ini juga boleh dicoba. Seperti yang baru-baru ini sedang trending, yaitu Tante Lala. Ia viral karena promo kosmetik dengan cara unik.
  • Pilih influencer dengan perilaku yang baik. Tentu kamu tidak ingin jika review produk jadi jelek gara-gara influencer. Jadi, kamu harus pastikan catatan perilaku dari seleb tersebut baik ya.
  • Gunakan micro influencer. Maksudnya adalah dengan membayar banyak orang sekaligus, yang memiliki pengikut cukup banyak. Biasanya proses promo dilakukan secara serentak untuk mengangkat produk.

Berbisnis butuh konsistensi untuk menuai hasil yang optimal. Jadi tetaplah berusaha dengan menerapkan strategi tersebut untuk kelangsungan bisnis kosmetik kamu. Semoga trik menarik konsumen baru untuk bisnis kosmetik kamu ini bermanfaat ya.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​