Home » Strategi-bisnis » 6 Cara Efektif Menambah Followers untuk Akun Instagram Bisnis Kue

6 Cara Efektif Menambah Followers untuk Akun Instagram Bisnis Kue

6 Cara Efektif Menambah Followers untuk Akun Instagram Bisnis Kue

Memiliki akun bisnis di Instagram menjadi salah satu hal yang sebaiknya dilakukan oleh para pelaku usaha yang ingin bisnisnya berkembang.

Termasuk kamu yang saat ini sedang menekuni bisnis kue.

Tapi apakah itu cukup?

Selain memiliki akun bisnis Instagram, jumlah followers yang cukup banyak juga lumayan berpengaruh pada branding bisnis kamu.

Nah, berikut adalah ulasan cara-cara mudah, murah, dan efektif untuk menaikkan followers Instagram bisnis kamu, agar bisnis kue yang sedang kamu jalani bisa lebih cepat berkembang.

Unggah Konten yang Atraktif dan Informatif

Membagikan konten yang menarik & informatif adalah langkah awal yang sebaiknya kamu lakukan untuk menaikkan jumlah followers.

Hal ini penting untuk dilakukan, karena followers yang sudah ada sebelumnya pun tidak akan segan-segan melakukan unfollow jika konten yang kamu share kurang menarik & informatif bagi mereka.

Selain menarik & informatif, pastikan konten Instagram yang kamu bagikan memiliki kualitas gambar yang baik.

Hindari mengunggah foto/gambar dan menulis caption, tanpa tahu apa yang dimaksud serta tidak relevan dengan produk yang kamu jual.

Kamu juga sebaiknya tidak mengunggah foto milik orang lain tanpa izin atau tanpa mencantumkan sumbernya. Hal ini bisa berakibat fatal, dan kamu bisa terkena permasalahan hak cipta, yang mana bisa memberikan dampak buruk pada brand image kamu di publik.

Pastikan Feed Terlihat Rapi & Menarik

Langkah selanjutnya yang sebaiknya kamu lakukan untuk menaikkan followers adalah memastikan feed terlihat rapi & menarik.

Untuk kamu yang belum tahu apa itu feed, feed merupakan keseluruhan foto yang ada dalam akun Instagram bisnis kue yang kamu miliki.

Jika memang belum terlihat rapi, kamu bisa mengatur feed sedemikian rupa agar terlihat serasi & enak dilihat.

Contohnya, kamu bisa mengunggah foto/gambar memakai tone warna yang sama atau senada, untuk tiap foto. Kemudian, kamu bisa juga menempatkan konten video di baris tengah, agar terlihat rapi & menarik.

Gunakan Tagar (hashtag) di Tiap Postingan

Menggunakan hashtag di tiap postingan penting untuk dilakukan agar konten akun bisnis kue kamu bisa lebih mudah ditemukan oleh user lainnya.

Berikan hashtag yang beragam, dan masih relevan dengan brand kamu, serta merepresentasikan produk kue yang kamu jual. Kamu bisa menggunakan maksimal 30 hashtag untuk tiap unggahan di akun bisnis Instagram kamu.

Pastikan Mengunggah Konten di Saat yang Tepat

Cobalah untuk mengnggah konten di saat banyak orang sedang mengakses akun Instagram mereka.

Hal ini penting dilakukan agar konten kamu bisa segera terlihat, dan mendapatkan like atau komentar yang bisa meningkatkan engagement agar tidak tenggelam oleh postingan dari akun-akun lain.

Nah, untuk mengetahui kapan waktu terbaik, kamu bisa melakukan percobaan dengan melakukan posting di beberapa waktu.

Bandingkan hasilnya dari tiap-tiap waktu posting tersebut, dan tentukan waktu mana yang terbaik untuk mengunggah konten-konten kamu.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur insights dan identifikasi followers pada akun Instagram for Business.

Dari fitur di akun bisnis ini, kamu bisa melihat waktu rata-rata followers menggunakan Instagram tiap harinya, dan pada jam berapa/hari apa mereka sibuk.

Kamu juga bisa mengetahui pada jam berapa/hari apa mereka biasanya mengakses Instagram.

Tinggalkan Jejak di Banyak Akun yang Relevan

Pengguna Instagram bisa lebih mudah menemukan akun bisnis kue yang kamu miliki jika akun kamu “terlihat” di banyak tempat.

Karena itu, cobalah untuk lebih aktif memberi like dan menulis komentar di unggahan Instagram orang lain atau bisnis lain.

Dengan begitu, akun bisnis kue yang kamu miliki akan lebih sering terlihat, dan membuat banyak orang tahu akun bisnis Instagram kamu.

Jika di antara mereka ada yang menyukai kue, bukan tidak mungkin mereka akan langsung klik follow dan mengikuti akun bisnis kue kamu.

Tapi ingat, jangan melakukan spam, menulis komentar yang kurang relevan, dan sering terlihat melakukan hard-selling, ya.

Hal-hal tersebut dapat dianggap mengganggu oleh users yang lain.

Promosikan Akun Bisnis Kue di Platform Lain

Kamu juga bisa berkolaborasi dengan platform lain untuk meningkatkan followers di akun Instagram bisnis kue yang kamu miliki.

Kamu bisa menggunakan platform lain seperti Facebook, Twitter, atau Youtube, untuk mempromosikan akun Instagram kamu.

Agar lebih menarik, kamu juga mungkin bisa memberikan promosi atau potongan harga dari produk kue; khusus untuk mereka yang telah menjadi followers di akun Instagram bisnis kue kamu.

. . .

Nah, itulah 6 cara yang bisa segera kamu coba untuk menaikkan followers Instagram secara aman dan efektif.

Selamat mencoba ya!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
6 Cara Efektif Menambah Followers untuk Akun Instagram Bisnis Kue

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​