Home » Strategi Bisnis » 5 Cara Jitu Memulai Bisnis Kue untuk Pemula

5 Cara Jitu Memulai Bisnis Kue untuk Pemula

Hampir semua orang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak, suka bersantai di rumah sembari ditemani dengan kue kesukaan.

Di negara kita banyak sekali jenis kue, dari kue tradisional hingga ke jenis kue kekinian yang sedang populer di masyarakat. Karena disukai oleh banyak orang, dan variasinya yang sangat banyak, membuat potensi bisnis kue di Indonesia menjadi lumayan besar.

Hal ini tentu sebaiknya dimanfaatkan oleh kamu yang punya hobi memasak & membuat kue sendiri di rumah.

Bisnis kue ini tidak harus dijalankan dengan modal yang besar, dengan modal yang kecil pun sudah bisa dijalankan kok sebagai usaha rumahan. Jika bisnis kue ini dijalani dengan tekun dan dengan strategi yang tepat, bukan tidak mungkin bisnis kue ini bisa menjadi pemasukan yang besar untuk kamu.

Namun, sebelum benar-benar terjun dalam bisnis kue, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan agar bisa lebih lancar menjalankan bisnis kue ke depannya.

Apa saja hal yang sebaiknya dilakukan tersebut? Berikut adalah tips dan cara memulai bisnis kue yang bisa segera kamu lakukan.

Rencanakan dengan Matang

Semua bisnis termasuk bisnis kue sudah pasti membutuhkan perencanaan yang matang. Perencanaan ini berguna untuk membantu mengantisipasi segala kesulitan yang mungkin dihadapi ketika bisnis kue ini mulai berjalan.

Sebagai pelaku bisnis, kamu sebaiknya benar-benar paham dan menguasai dunia kue ini. Sebaiknya kamu juga memiliki minat dan passion yang tinggi dalam bidang pembuatan kue, sehingga saat terjadi hambatan di tengah jalan, kamu tidak akan cepat merasa bosan dan langsung menyerah.

Persiapkan Modal Bisnis

Modal utama untuk berbisnis kue adalah pengetahuan dan ketrampilan dalam membuat kue yang enak dan lezat.

Tapi tidak cukup hanya itu, karena kamu juga harus mempersiapkan modal untuk membeli alat-alat dan juga bahan-bahan untuk membuat kue. Modal juga diperlukan untuk membeli atau menyewa toko, jika nanti kamu memutuskan membuka bisnis kue di tempat yang strategis. Terakhir, modal awal tersebut juga dibutuhkan untuk menggaji pegawai yang akan membantu kamu dalam produksi kue.

Tentukan Jenis Kue yang akan Dijual

Sebelum memulai bisnis kue, sebaiknya kamu melakukan survei tentang jenis kue apa saja yang paling disukai & banyak dicari oleh masyarakat saat ini.

Setelahnya, kamu bisa menentukan jenis kue yang paling tepat untuk diproduksi dan dijual. Hal ini penting untuk dilakukan agar biaya produksi dan modal awal yang harus kamu sediakan tidak terlalu besar. Selain itu, peluang kue yang kita produksi laku di pasaran juga menjadi lebih besar.

Belajar dari Kompetitor

Sebagai pebisnis pemula, kamu sebaiknya mencoba “belajar” dari kompetitor agar bisa benar-benar mengerti tentang usaha dan bisnis kue ini.

Contohnya, kamu bisa mempelajari konsep bisnis kue yang cocok dijual di banyak tempat dan tidak musiman. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu penyebab pengusaha kue yang tutup atau tidak dapat berkembang, serta contoh bisnis kue yang sukses di pasaran.

Dengan demikian, kamu akan mendapat banyak petunjuk yang valid sebelum memulai bisnis kue, serta bisa menghindari risiko kerugian yang besar sebagai pebisnis kue pemula.

Gunakan Alat-alat dan Bahan Kue yang Berkualitas

Agar kue buatanmu bisa diproduksi maksimal, pastikan alat-alat dan bahan kue yang kamu pakai itu adalah bahan yang berkualitas.

Hal ini penting karena kamu menjual kue sebagai makanan, calon konsumen tentu akan memilih kue yang memiliki kualitas dan rasa yang enak. Dari mana kualitas dan rasa kue yang enak didapat? Sudah pasti dari alat-alat dan bahan-bahan kue yang berkualitas.

Saat konsumen cukup puas dengan kue yang kamu jual, mereka pasti akan kembali datang ke tokomu, dan mungkin menceritakan kepuasan mereka ke orang lain. Ini bisa jadi semacam promosi gratis ya.

Dari sini, konsumen kamu bisa menjadi lebih banyak dan akhirnya bisnis kue yang kamu miliki berpeluang menjadi lebih besar.

Pasang Harga yang Kompetitif

Saat menentukan harga jual kue, sebaiknya tidak sembarangan.

Kenapa begitu? karena kalau terlalu murah, bisa jadi bisnis kamu malah merugi. Sedangkan jika terlalu mahal, kue milikmu bisa jadi malah dihindari konsumen. Jadi, ada baiknya untuk menentukan harga yang kompetitif; yaitu harga yang menguntungkan bisnis kamu, tapi juga tidak terlalu mahal bagi para konsumen.

Penetapan harga bisa dilakukan dengan cara menghitung total biaya yang dikeluarkan selama proses produksi. Catat segala pengeluaran secara rinci di awal saat memulai bisnis kue, agar nantinya akan lebih mudah untuk menetapkan harga jual yang kompetitif.

Tentukan Lokasi yang Tepat

Kamu sangat disarankan untuk memilih lokasi yang tepat sebelum memulai usaha atau bisnis, termasuk bisnis kue.

Hal ini penting, mengingat persaingan yang ketat di dunia bisnis. Para pemilik bisnis kue sebaiknya lebih cermat dan berhati-hati sebelum memilih lokasi. Jika lokasi yang dipilih kurang strategis, bisnis kue yang baru dibuka malah sulit berkembang, dan akhirnya malah harus tutup.

Sebelum menetapkan pilihan lokasi terbaik, sebaiknya lakukan survei untuk mengetahui potensi pasar serta jenis kue yang disukai oleh calon konsumen di area lokasi tersebut. Saat kue yang akan kamu jual dan potensi calon konsumen di lokasi tersebut cocok, maka kamu bisa mulai membangun bisnis kue di lokasi tersebut.

. . .

Itulah beberapa cara jitu untuk memulai bisnis kue bagi pemula.

Dengan mengikuti cara-cara di atas tersebut, bisnis kue kamu harusnya bisa berjalan lancar dan memiliki potensi untuk terus berkembang.

Selamat mencoba!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​