Home » Strategi Bisnis » 5 Cara Jitu Mengembangkan Cabang Bisnis Kue yang Patut Dicoba

5 Cara Jitu Mengembangkan Cabang Bisnis Kue yang Patut Dicoba

Mengembangkan cabang bisnis kue adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis kue agar menambah omset penjualan. Maka dari itu, ada banyak strategi khusus yang harus dilakukan agar cabang bisnis kue berjalan dengan lancar.

Nah, buat kamu pemilik bisnis kue yang sedang kebingungan bagaimana cara mengembangkan cabang yang benar, simak cara jitunya hanya di artikel ini, yuk!

5 Cara Jitu Mengembangkan Cabang Bisnis Kue

Membuka cabang bisnis kue memang membutuhkan banyak pertimbangan. Hal ini bertujuan agar cabang bisnis kue berjalan sesuai dengan harapan, yaitu meningkatkan keuntungan. Kamu bisa mencoba 5 cara jitu untuk mengembangkan cabang bisnis kue milikmu, seperti berikut ini:

Lokasi yang Tepat

Pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah lokasi cabang bisnis kue berada. Lokasi memang menjadi penentu berkembang atau tidaknya cabang bisnis kue yang kamu kelola.

Lokasi yang dimaksud adalah berada di pusat kota atau biasa disebut dengan lokasi strategis. Usahakan untuk memilih lokasi yang dekat dengan target pasar agar cepat berkembang.

Misalnya, kue yang kamu jual adalah kue khas daerah tempat kamu berada dan target pasarnya adalah para pendatang dari luar daerah. Maka lokasi yang tepat adalah dekat dengan bandara atau stasiun.

Faktor lain yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih lokasi, antara lain kemudahan akses jalan, serta keberadaan toko yang mudah dilihat atau ditemukan oleh pelanggan. 

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan situasi lingkungan sekitar toko, seperti kemacetan, bebas banjir atau tidak, dan keberadaan parkir yang luas.

Biaya sewa bangunan di lokasi strategis memang cenderung lebih mahal, yaitu sekitar Rp 70-80 juta per tahun untuk luas tanah 80 m2 dengan luas bangunan kurang lebih 40 m2.

Namun, biaya sewa ini tidak akan membuat kamu rugi, jika mempertimbangkan beberapa faktor-faktor di atas tadi saat menentukan lokasi. Jadi, pemilihan lokasi yang tepat bisa mempengaruhi perkembangan cabang bisnis kue milikmu nantinya.

Konsep Toko yang Menarik

Cara berikutnya untuk mengembangkan bisnis cabang kue yang kamu kelola saat ini adalah mengemas toko dengan konsep yang menarik dan sesuai. Sebab, konsep toko ini nantinya akan menjadi identitas bisnis kue milikmu nantinya.

Ide konsep toko yang menarik biasanya tidak jauh dari desain yang minimalis, pemilihan cat tembok, pemilihan furniture, hingga tata letak furniture yang tepat.

Contoh, kamu ingin menunjukkan identitas bisnis kue yang elegan. Maka konsep toko cabang tersebut juga harus elegan dengan pemilihan warna cat tembok, seperti hitam-keemasan atau perpaduan warna coklat dengan warna gold.

Kemudian, tambahkan furniture seperti lampu gantung dengan warna yang sama dengan cat tembok. Lampu gantung ini termasuk furniture yang bisa membuat ruangan terlihat elegan. Soal harga, lampu gantung biasanya dijual sekitar Rp 750 ribu sampai Rp 1 juta, tergantung desain dan jumlah yang kamu butuhkan.

Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Berikutnya adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan yang datang. Berikanlah sapaan yang ramah, sopan, dan hangat.

Selain itu, kamu juga harus sigap melayani pelanggan mulai dari menjelaskan kue-kue yang ada di toko hingga proses pembayarannya yang cepat. Agar tidak menimbulkan antrian yang panjang.

Maka, pilihlah SDM atau karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja yang sesuai. Solusi lainnya adalah rutin memberikan pelatihan untuk meningkatkan kinerja karyawan agar sesuai SOP. Alternatif lainnya, kamu bisa mendaftarkan karyawan kamu pada lembaga pelatihan, seperti MauBelajarApa.

Rutin Melakukan Inovasi

Supaya pelanggan tidak bosan, kamu harus rutin melakukan inovasi terhadap cabang bisnis yang kamu kelola. Inovasi ini bisa seperti menambah atau mengganti furniture hingga menambah varian menu kue yang dijual.

Contoh, salah satu jenis kue yang kamu jual hanya terdapat satu rasa. Demi meningkatkan jumlah penjualan, kamu bisa menambahkan rasa lain, seperti durian, nanas, cokelat, hingga matcha. Agar lebih jelas, kamu bisa mencontoh varian jajanan daerah seperti dodol yang saat ini sudah banyak variasi rasanya.

Perhatikan Keberadaan Pesaing

Salah satu hal yang menyebabkan cabang bisnis kue tidak berkembang adalah keberadaan pesaing di sekitar lokasi. Meski bisnis kue milikmu sudah terkenal, tetap saja persaingan sesama kompetitor tidak bisa dihindari.

Selain memilih lokasi yang tidak dekat dengan pesaing, kamu juga bisa melihat seperti apa perkembangan dari pesaing-pesaing tersebut. Hal ini bertujuan agar cabang kue milikmu tidak ketinggalan.

Kamu bisa melihat perkembangan dari para pesaing lewat media sosial mereka. Catat apa saja keunggulan mereka yang tidak ada pada cabang bisnis kue milikmu. Misalnya, jumlah varian kue, varian rasa, hingga adanya potongan harga untuk menu-menu tertentu.

Keunggulan-keunggulan tersebut bisa dijadikan sebagai referensi baru. Lalu, jangan lupa untuk mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada supaya cabang bisnis kue milikmu semakin mudah berkembang di tengah ketatnya persaingan bisnis kue di lokasi sekitar.

Yuk, Kembangkan Cabang Bisnis Kue Sekarang Juga!

Itulah lima cara jitu mengembangkan cabang bisnis kue yang bisa kamu lakukan. Jadi, jangan pernah takut untuk memperluas bisnis kue dengan membuka cabang terbaru, ya.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​