Home » Strategi-bisnis » Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik dalam Bisnis Laundry

Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik dalam Bisnis Laundry

Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik dalam Bisnis Laundry

Sama halnya seperti menjalankan bisnis pada umumnya, kamu juga membutuhkan cara menciptakan kualitas produk terbaik dalam mengelola bisnis laundry agar bisnis tetap bisa bersaing di tengah kompetitor yang semakin ketat.

Bisnis laundry atau binatu kini sudah kian menjamur dimana-mana, bahkan sudah menjamah daerah pedesaan. Jenisnya pun berbeda-beda, ada yang sistemnya kiloan, satuan, menggunakan koin, atau bahkan menggunakan ketiganya. Karena itu, kamu perlu membaca informasi yang satu ini!

Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik dalam Mengelola Bisnis Laundry

Seperti yang kita ketahui, satu-satunya produk yang kita tawarkan dalam bisnis laundry ialah pelayanan mencuci yang baik. Karena itu, kita bisa menciptakan produk terbaik dengan memberikan pelayanan terbaik. Begini caranya!

Gali Pengetahuan tentang Bahan Pakaian

Tidak ada salahnya kamu belajar untuk mengetahui informasi tentang serat kain saat mengelola bisnis laundry. Dengan begitu, kamu bisa mencuci baju pelanggan dengan cara yang lebih sesuai dengan jenis kain dari pakaian tersebut. Cara ini bisa membantu kamu untuk mencuci pakaian dengan lebih bersih tanpa merusak serat pakaian. 

Hal ini bisa menjadi poin lebih di mata konsumen untukmu. Tidak hanya itu, untuk menambah kredibilitas kamu juga dapat memberikan edukasi secara kecil-kecilan pada pelanggan mengenai cara mencuci pakaian. Misalnya, memberikan saran untuk memisahkan pakaian yang luntur saat dicuci, atau yang lainnya. 

Kamu juga bisa melakukan hal ini untuk dirimu sendiri. Meskipun pemisahan pakaian pelanggan saat mencuci cukup menyita waktu, hal ini akan berbuah manis saat kamu menyampaikannya pada pelanggan. Jadi, mereka tidak akan ragu untuk kembali datang menggunakan jasa laundry-mu.

Efisiensi Layanan

Siapapun yang menggunakan jasa laundry, pasti ingin pakaiannya segera bisa diambil kembali dalam keadaan bersih, wangi, dan rapi dalam waktu yang singkat. Karena itu, kamu bisa membuat beberapa pilihan layanan untuk menjaring berbagai keinginan pelanggan.

Jika kamu membuka laundry di daerah pedesaan, mungkin masih tidak mengapa jika durasi proses mencuci pakaian mencapai 3 hari. Berbeda halnya saat kamu membuka bisnis laundry di kawasan kos atau apartemen. 

Umumnya, mereka lebih suka dengan segala sesuatu yang cepat dan praktis. Karena itu, jasa laundry yang mereka cari ialah jasa yang bisa memberikan pelayanan yang instan dan cepat. Tidak masalah bagi mereka untuk mengeluarkan sedikit budget tambahan agar pakaiannya bisa segera selesai.

Melihat hal ini, tentu kamu tidak boleh diam saja. Bukalah berbagai pilihan paket dengan harga yang berbeda pula. Kamu bisa memasang tarif lebih pada layanan laundry instan untuk menjangkau para penghuni kos atau apartemen, dan memasang paket reguler untuk menjangkau penghuni perumahan atau pedesaan.  

Tawarkan Diskon

Memberikan diskon pada pelayanan tertentu juga menjadi salah satu cara menciptakan kualitas produk terbaik. Hal ini akan membuat produk layanan laundry yang kamu tawarkan bernilai lebih di mata pelanggan. Ini juga bisa jadi salah satu strategi pemasaran untuk memikat pelanggan agar memilih kamu sebagai jasa penatunya.

Pasalnya, pelayanan yang diberikan oleh jasa penatu sudah cukup jelas. Jasa ini menerima titip cuci dan setrika pakaian atau kain kotor agar kembali bersih. Tidak ada yang bisa divariasikan dari hal tersebut. 

Karena itu, kamu bisa bermain dalam strategi pemasarannya. Salah satunya yaitu dengan menawarkan diskon pada setiap pelanggan dengan kriteria tertentu. Hal ini bisa membantu kamu untuk menjaring pelanggan lebih banyak lagi.

Buka Jasa Cuci Selain Pakaian

Jika jasa laundry pakaian sudah terlalu banyak, tidak ada salahnya kamu membuka jasa cuci selain pakaian. Ada variasi layanan yang bisa kamu cuci selain pakaian, seperti boneka, gorden, karpet, bed cover, dan sebagainya.

Kamu bisa terima layanan untuk mencuci beberapa barang tersebut agar bisa menjaring lebih banyak pelanggan. Pasalnya, tidak semua laundry menyediakan layanan ini. Jadi, ini bisa dijadikan sebagai poin lebih dari jasa laundry-mu dibanding yang lain.

Jika memiliki modal lebih, kamu bisa membeli mesin cuci khusus untuk mencuci beberapa barang tersebut. Dengan begitu, hasil cucian akan lebih berkualitas dan produk tersebut tetap aman.

Buat Inovasi Baru

Memastikan layanan bisnis laundry kamu berbeda dari kompetitor merupakan salah satu cara terbaik untuk menciptakan produk terbaik. Seandainya, kamu membuka jasa laundry dengan sistem self service, cobalah untuk menyediakan fasilitas yang menarik untuk mereka.

Laundry self service merupakan jenis bisnis laundry modern yang bisa memfasilitasi pelanggan untuk mencuci pakaian mereka sendiri di tempatmu. Tipe laundry seperti ini belum banyak digunakan di pasaran. Ini bisa jadi sebuah inovasi baru untuk bisnis penatu kamu.

Untuk membuat mereka nyaman saat mencuci, kamu bisa memfasilitasinya dengan beberapa fitur yang memanjakan. Beberapa fitur antara lain seperti wifi, kursi pijat, atau TV dengan program acara premium. Hal ini bisa membuat jasa laundry kamu tampak berbeda dari yang lain dan menarik pelanggan. 

Nah, selain menerapkan cara diatas, jangan lupa selalu memperhatikan cashflow untuk memastikan finansial bisnis tetap sehat. Kamu juga bisa mengevaluasi cara menciptakan kualitas produk terbaik di atas agar bisa menemukan mana yang ampuh digunakan untuk mengelola bisnis laundry-mu.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik dalam Bisnis Laundry

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​