Home » Strategi-bisnis » Wajib Tahu! Strategi Membangun Bisnis Madu Supaya Sukses

Wajib Tahu! Strategi Membangun Bisnis Madu Supaya Sukses

strategi membangun bisnis madu

Berdasarkan data dari situs Perhutani, kebutuhan madu di Indonesia mencapai 15.000-150.000 ton per tahunnya.

Data ini menunjukkan bahwa bisnis madu merupakan bisnis dengan peluang yang sangat menggiurkan. Asalkan kamu memiliki strategi membangun bisnis madu yang baik, peluang suksesmu juga pasti besar.

Selain itu, meskipun terdengar tradisional dan tidak populer, madu merupakan produk yang banyak dicari orang, karena khasiatnya yang melimpah.

Lantas, strategi apa yang bisa kamu lakukan dalam membangun bisnis madu?

Simak ulasan berikut ini!

Strategi Membangun Bisnis Madu

Madu adalah produk yang manfaatnya sudah dikenal dan dipercaya masyarakat sejak lama. Apalagi madu bisa diolah menjadi banyak produk dengan cakupan pasar yang luas, sehingga menjadi kesempatan emas untuk para pebisnis. Berikut adalah strategi yang bisa kamu terapkan untuk membangun bisnis madu:

1. Perhatikan Kualitas Produk

Strategi membangun bisnis madu pertama adalah dengan memperhatikan kualitas dari produk yang kamu jual. Konsumen pasti selalu ingin mendapatkan produk dengan kualitas yang terbaik, apalagi jika produk tersebut berguna untuk kesehatan tubuh. 

Karena itu, sebagai penjual, kamu harus memastikan bahwa madu yang kamu jual murni dan berkualitas. Jangan pernah mencoba untuk menipu konsumen dengan menjual madu palsu atau campuran! Karena risikonya, kamu akan kehilangan kepercayaan dan reputasi bisnis akan buruk jika sampai ketahuan.

Hal yang bisa kamu lakukan sebagai penjual untuk memastikan keaslian madu adalah dengan mengetahui ciri-cirinya. Misalnya, madu asli sulit menyatu dengan air dan teksturnya padat juga kental, sehingga sulit terserap. Ciri lainnya adalah madu asli akan menjadi karamel jika dipanaskan, sedangkan madu palsu akan berbusa.

Selain mengetahui ciri-ciri perbedaan madu asli dan palsu, hal lain yang juga harus dipastikan adalah kamu memiliki distributor madu terpercaya. Aspek ini sangat penting, apalagi untuk kamu yang berperan sebagai reseller dan bukan pemilik ternak lebah yang bisa menghasilkan madu sendiri.

Sebaiknya, kamu memilih distributor yang merupakan tangan pertama, sehingga harga yang kamu dapat juga akan lebih terjangkau. Sedangkan untuk memastikan keaslian produk dari distributor, kamu bisa mencoba melakukan riset dengan melihat review dari pelanggan lain. 

Contoh distributor madu ternak yang bisa kamu pertimbangkan adalah Madu Nafiza dan Kembang Joyo. Kamu juga bisa bergabung dalam komunitas madu online untuk mendapatkan informasi seputar distributor. Contoh komunitas online Facebook yang bisa kamu coba adalah Komunitas Lebah Madu Indonesia

2. Lakukan Promosi Secara Online

Saat ini melakukan promosi secara online adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua pemilik bisnis. Karena promosi online akan membantu produk untuk semakin dikenal oleh lebih banyak orang dan dapat meningkatkan penjualan. Kamu juga bisa sekaligus membangun reputasi bisnis dengan memanfaatkan media sosial.

Misalnya, untuk melakukan promosi kamu bisa menggunakan media sosial dengan memberikan berbagai konten seputar produk. Contohnya dengan memberikan konten tentang produk apa saja yang kamu jual. Kamu juga bisa memberikan konten edukasi tentang manfaat madu atau cara mengolah madu menjadi sajian yang lezat. 

Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial ads agar kamu dapat menjangkau konsumen yang lebih luas! Biayanya sendiri akan tergantung pada media sosial yang kamu gunakan. Jika kamu ingin menggunakan Instagram dan Facebook, maka kamu perlu membayar ads minimal Rp10.000,00 per harinya.

Contoh akun media sosial bisnis madu yang telah melakukan promosi online dan bisa menjadi inspirasi adalah Madu Persada dan Sarang Madu Murni.

3. Kreatif dan Inovatif

Strategi membangun bisnis madu terakhir adalah harus berpikir kreatif dan inovatif. Menjual madu bukan berarti kamu hanya bisa menjual madu murni. Karena madu sendiri bisa diolah menjadi berbagai produk yang menarik. Semakin beragam produk yang kamu jual, semakin menarik dan luas target pasar yang bisa kamu tuju.

Contohnya, kamu membuat produk permen madu yang banyak disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Permen madu sendiri memiliki resep yang mudah. Berikut adalah resep singkat untuk membuat permen madu kira-kira sebanyak satu toples kecil:

Bahan

  • 6 sendok makan gula
  • 4 sendok makan air
  • 2 sendok perasan lemon
  • 2 sendok makan madu

 

Cara Membuat

  • Campurkan air, gula, dan perasan lemon dalam wajan, lalu masak dalam api kecil.
  • Setelah mendidih, campurkan madu dan aduk hingga merata.
  • Pastikan adonan sudah terkaramelisasi dan memiliki 146-155 derajat celcius.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung mencetak adonan permen dengan cetakan silikon dan diamkan di suhu ruangan hingga turun sebelum dimasukkan dalam kulkas.
  • Permen sudah siap dan bisa kamu bungkus dan jual.

 

Agar produk yang kamu jual semakin menarik, kamu harus memperhatikan kemasannya. Untuk permen madu, bisa kamu bungkus dalam kertas warna-warni atau kamu jual langsung dalam toples plastik. Sedangkan untuk madu murni, bisa kamu jual dalam jar kaca yang bisa memberikan kesan berkualitas dan mewah. 

Kamu bisa menemukan macam-macam wadah yang menarik di berbagai marketplace online, seperti Shopee dan Tokopedia. Contohnya adalah botol kaca twist shape 350 ml dengan harga satuan sekitar Rp23.500,00 untuk madu murni.

Lalu, bungkus permen plastik dengan harga rata-rata sekitar Rp8.750,00 untuk 50 pcs. Atau toples permen plastik bundar kecil dengan harga satuan sekitar Rp5.600,00. Kamu bisa memilih jenis kemasan yang menurutmu paling baik.

Sudah Tahu Apa Saja Strategi Membangun Bisnis Madu?

Nah, itulah strategi membangun bisnis madu yang bisa kamu terapkan.

Membangun sebuah bisnis tentu tidak mudah. Karena itu, memiliki strategi yang tepat adalah salah satu upaya agar kamu bisa mencapai keberhasilan dalam bisnis.

Kalau ingin bisnismu untuk terus berkembang, KoinWorks siap membantu segala kebutuhan finansial bisnismu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman.

Semua dapat kamu temukan dalam satu genggaman melalui KoinWorks NEO.

Semoga informasi di atas bisa membantu kamu untuk memajukan bisnis.

Selamat mencoba!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Wajib Tahu! Strategi Membangun Bisnis Madu Supaya Sukses

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​