Home » Strategi-bisnis » Daftar Alat Perlengkapan dan Harganya dalam Bisnis Madu

Daftar Alat Perlengkapan dan Harganya dalam Bisnis Madu

alat perlengkapan dan harganya dalam bisnis madu

Bisnis madu saat ini begitu menjanjikan apalagi setelah adanya pandemi Covid-19. Bisnis madu sangat direkomendasikan karena dapat memberikan berbagai manfaat, seperti memelihara kesehatan, pemulihan penyakit dan mendukung program diet. Untuk itu, tidak ada salahnya memulai bisnis. Namun, apa saja ya alat perlengkapan dan harganya dalam bisnis madu?

Artikel ini akan menjelaskan jika kamu berbisnis madu dari skala kecil hingga besar. Jadi simak sampai rampung ya!

Alat untuk Bisnis Madu Skala Kecil

Dalam memulai bisnis apapun, kamu perlu melakukan beberapa persiapan yang matang, termasuk mempersiapkan alat-alat produksi. Ada beberapa alat yang harus kamu persiapkan untuk berbisnis madu dalam skala kecil. Untuk berbisnis ini, kamu cukup mempersiapkan modal pembelian madu, dan botol. Berikut rincian dan harganya:

Gelas Ukur

Peralatan pertama adalah gelas ukur. Belilah yang ukurannya 500 mili liter. Pilih bahan plastik yang kokoh agar tidak gampang pecah.

Harga dari gelas ukur ini beragam. Mulai dari harga Rp20.000 sampai dengan Rp175.000. Jadi, kamu harus menyesuaikan dengan budget kamu ya.

Botol/Jar

Untuk pemula, gunakan saja botol atau jar sebagai tempat madu. Tapi jangan memakai botol bekas pakai ya. Beli botol baru yang layak untuk berjualan madu.

Sebaiknya pilih botol yang terbuat dari kaca. Agar rasa dan kandungan dari madu tetap terjaga dengan baik. 

Harga dari botol kaca sendiri lebih murah lho. Mulai dari Rp2.500 sampai Rp7.000 ada. Tentu itu untuk ukuran sekitar 100 ml – 300 ml.

Apabila pelanggan ingin membeli madu dengan ukuran lebih besar, maka sebaiknya gunakan botol dengan ukuran sekitar 500 ml – 1 liter.

Berapa harganya? Mulai dari Rp20.000-an saja, sudah bisa mendapatkan botol yang bagus kok.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan madu pada gelas jar. Biasanya gelas ini memang umum digunakan untuk meletakkan madu.

Harga dari gelas jar ini bervariasi. Mulai dari Rp7.500 untuk ukuran 250 ml. Kamu bisa mendapatkannya di toko online terdekat.

Steril Botol

Sebelum kamu melakukan packing bisnis madu, sebaiknya siapkan alat steril botol otomatis. Supaya botol bisa bersih dan siap untuk menampung madu.

Harga untuk alat steril ini mulai dari Rp200.000 an saja. Kamu bisa memakai steril botol untuk anak bayi, jika masih kesusahan dalam membelinya.

Namun jika kamu memiliki modal yang cukup besar, sebaiknya beli yang harganya di atas Rp1.000.000 saja. Agar kualitasnya juga bisa lebih tahan lama ketimbang yang murah.

Stiker

Sebenarnya ini bukan alat, melainkan keperluan untuk packing madu. Lengkapi dengan stiker yang ditempel pada botol, untuk identitas usaha. Hal ini penting, jadi jangan sampai ketinggalan ya.

Untuk cetak stiker sendiri, harganya bervariasi. Mulai dari Rp6.000 per lembar ukuran A3, sampai dengan Rp8.000 dengan ukuran yang sama.

Alat untuk Bisnis Madu Skala Besar

Alat perlengkapan dan harganya dalam bisnis madu khusus untuk orang yang memiliki modal cukup besar. Tidak disarankan untuk patungan dengan pengusaha lain, agar lebih enak pemakaiannya.

Kemasan Madu

Jika kamu mengetahui Madu TJ, maka kamu akan menemukan bungkusan kecil siap minum. Untuk membangun bisnis skala besar, maka sebaiknya kamu menjual madu siap minum dengan kemasan kecil.

Harga cetak dari kemasan ini cukup murah kok. Apalagi jika kamu mencetak dalam jumlah besar. 

Mulai dari Rp1.500 untuk kemasan beserta sablon. Namun jika minimal pemesanan yaitu 1000 pcs.

Sementara jika kamu tidak ingin cetak sablon, kamu bisa membeli kemasan madu ukuran sachet dengan harga Rp50.000 per 100 pcs.

Alat Filling Madu

Untuk pengisian yang akurat, kamu bisa membeli mesin untuk filling madu. Mesin ini akan memudahkan kamu mengisi madu ke dalam kemasan baik botol maupun sachet. 

Tak hanya itu, proses pengisian juga dijamin akan lebih tepat dan tak gampang tumpah. Wajar saja karena harganya mulai dari Rp16.000.000.

Selain untuk mengisi madu, kamu bisa juga sekalian membangun usaha saos, minyak goreng, atau hal lain yang memanfaatkan mesin filling. Agar alat-alat ini tidak tergeletak karena jarang terpakai.

Mesin Segel Botol

Alat perlengkapan dan harganya dalam bisnis madu yang wajib dibeli adalah mesin untuk segel botol. Agar botol yang telah dipacking, tidak mudah terbuka. 

Harganya bervariasi, mulai dari Rp2.000.000 sampai Rp37.000.000 juga ada. Tergantung jumlah produksi kamu setiap hari.

Selain tiga alat tersebut, kamu juga tetap membutuhkan botol/jar seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama. Kemudian jangan lupa untuk membeli alat steril botol. Sebab kamu tidak tahu kualitas botol madu yang dijual bebas.

Apabila kamu masih baru dalam melakukan bisnis madu, sebaiknya bangun saja dengan skala kecil. Lalu jika bisnis ini mulai merangkak naik, maka bersiaplah untuk membangun usaha yang lebih besar.

Demikian alat perlengkapan dan harganya dalam bisnis madu. Sudah jelas kan jika biaya untuk bisnis cukup menguras kantong? Tapi tenang saja, keuntungan yang dihasilkan juga bakal memanjangkan dompet kamu.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis madu kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Daftar Alat Perlengkapan dan  Harganya dalam Bisnis Madu

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​