Home » Strategi-bisnis » Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang Bisnis Boba

Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang Bisnis Boba

Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang Bisnis Boba

Sebagai pebisnis pemula di bidang usaha minuman boba, kamu mungkin masih awam mengenai besaran biaya, syarat dan cara mendaftarkan merek dagang. Beberapa aspek terkait penting untuk dilakukan demi kelancaran bisnis yang kamu jalani. 

Pasalnya, merek dagang memiliki hubungan erat dengan jasa layanan atau produk tertentu karena berfungsi sebagai pembeda dengan produk atau jasa lainnya, terutama yang sejenis. 

Yuk, cari tahu apa saja syarat dan biaya serta cara melakukan pendaftaran merek dagang melalui ulasan di bawah ini.   

Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Walau tidak memahami secara mendetail, penting bagi setiap pengusaha untuk memahami langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mendaftarkan merek dagangnya. Perlu diketahui bahwa pengajuan pendaftaran merek dagang di Indonesia bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online maupun secara manual atau offline. Agar tidak salah langkah dan terhindar dari masalah yang berkaitan dengan hukum, simak ulasan mengenai biaya, syarat dan cara mendaftarkan merek dagang bisnis boba berikut ini. 

Biaya Pendaftaran Merek Dagang

Biaya yang harus dibayar untuk legalitas sebuah merek dagang dibedakan menjadi dua kategori pemohon dengan tarif yang berbeda, yaitu kategori umum dan UMKM. Masa berlaku merek dagang yang sudah terdaftar secara resmi adalah 10 tahun. Kamu bisa mengajukan perpanjangan perlindungan merek dagang bisnis boba milik kamu setidaknya 6 bulan sebelum masa berlakunya berakhir. 

Ketentuan tarif tersebut tertuang dalam PP Nomor 28 Tahun 2019, masuk dalam kategori PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Selain itu, PP Nomor 28 Tahun 2019 juga mengatur tentang tarif perpanjangan waktu perlindungan merek dagang. Berikut uraiannya. 

Tarif Pendaftaran untuk Merek Dagang Baru 

Kategori Online Offline

UMKM Rp 500.000,00 Rp 600.000,00

Umum Rp 1.800.000,00 Rp 2.000.000,00

Tarif Perpanjangan Perlindungan Merek Dagang

Kategori Online Offline

UMKM Rp 1.000.000,00 Rp 1.200.000,00

Umum Rp 2.250.000,00 Rp 2.500.000,00

Syarat yang Harus Dipenuhi 

Demi kelancaran usaha, penting untuk memperhatikan prosedur apa saja yang harus kamu lakukan terkait biaya, syarat dan cara mendaftarkan merek dagang. Setelah mengetahui kisaran biaya yang harus disiapkan, langkah berikutnya adalah mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipenuhi. Terdapat tiga syarat yang harus kamu penuhi sebelum melakukan pendaftaran merek dagang, antara lain: 

  • Label Merek atau Etiket 

Pastikan bahwa merek dagang bisnis minuman boba yang kamu ajukan belum pernah digunakan oleh bisnis lain yang serupa. Kemudian, siapkan label merek dagang bisnis boba kamu dengan ukuran 2×2 (minimal) dan 9×9 (maksimal) menggunakan format JPG. 

Jika merek yang kamu ajukan ternyata telah terdaftar sebagai brand milik kompetitor boba lainnya, maka kamu wajib mencari merek dagang yang lain. Namun jika merek tersebut sama dengan brand bisnis fashion, maka tidak jadi masalah. Untuk memastikan hal tersebut, kamu bisa melakukan pengecekan melalui https://pdki-indonesia.dgip.go.ip. 

  • Tanda Tangan Pemohon

  • Surat Rekom UKM Binaan dan Surat Pernyataan UMK

Bagi pemohon UMKM harus menyiapkan bukti berupa surat rekomendasi dari UKM Binaan atau melampirkan surat keterangan UKM Binaan Dinas yang asli. Selain itu, pemohon UMKM juga harus melampirkan surat pernyataan UMK bermaterai. Dokumen tersebut diperoleh ketika kamu mendaftarkan bisnis boba tersebut ke UMKM dan Dinas Koperasi yang ada di kota atau kabupaten sekitar domisili usaha. 

Cara Mendaftarkan Merek Dagang Baru 

Berikut tata cara pendaftaran merek dagang mengutip laman dgip.go.id

  • Pemesanan Kode Billing

Merupakan tahap mengajukan permohonan merek dagang bisnis boba untuk  mendapatkan invoice yang pembayarannya bisa dilakukan melalui bank. Pada tahap awal, bukalah laman http://simpaki.dgip.go.id/. Usahakan untuk membuka laman tersebut melalui browser yang terbaru. 

Hal ini untuk menghindari masalah saat proses pemesanan kode billing sedang berlangsung. Isilah kolom yang tersedia dengan data pribadi yang valid sesuai dengan permintaan pihak DJKI. Pilih menu sesuai dengan kondisi kamu, misalnya memilih opsi “Usaha Mikro dan Kecil Menengah” pada menu pemilihan kategori pemohon. 

Setelah sudah mengisi semua data, centang kolom yang bertuliskan “Saya telah membaca syarat dan ketentuan di atas” di bagian bawah formulir. Kemudian, klik menu “Proses” dan tunggu hingga muncul file invoice. Segera lakukan pembayaran melalui bank karena kode billing tersebut hanya berlaku 24 jam setelah dibuat. 

  • Pendaftaran Merek Dagang

Setelah ada pembayaran, Kamu akan mendapatkan kode pengajuan untuk merek dagang bisnis boba yang hanya berlaku selama 14 hari. Jadi, jangan sampai terlewat atau kamu harus mengulangi prosesnya dari awal. Langkah berikutnya, kamu harus masuk kembali ke laman http://simpaki.dgip.go.id/ untuk permohonan pendaftaran. 

Isilah semua kolom dengan benar sesuai dengan pengajuan brand milik kamu dan lanjutkan prosedur pengisian hingga pada tahap resume. Pastikan isi semua data dengan benar sebelum kamu klik menu “Selesai”. 

Ayo Segera Mendaftar

Bagaimana, tidak sulit bukan untuk mendapatkan merek dagang? Kamu hanya perlu mempelajari biaya, syarat dan cara mendaftarkan merek dagang sesuai dengan informasi di atas agar brand impian kamu aman dan legal di mata hukum.

Yuk, segera amankan merek dagang bisnis bobamu agar legal di mata hukum.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis minuman boba kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Biaya, Syarat dan Cara Mendaftarkan Merek Dagang Bisnis Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​