Home » Strategi-bisnis » Macam-Macam Jenis Media Sosial yang Perlu Dimanfaatkan dalam Bisnis Boba

Macam-Macam Jenis Media Sosial yang Perlu Dimanfaatkan dalam Bisnis Boba

Jenis Media Sosial yang Perlu Dimanfaatkan dalam Bisnis Boba

Di zaman modern seperti sekarang, sebagai pelaku usaha kamu harus melek media sosial yang perlu dimanfaatkan. Termasuk jika kamu adalah salah satu pengusaha UMKM yang bergerak di F&B seperti usaha minuman kekinian khususnya minuman boba. 

Perlu kamu ketahui juga bahwa Indonesia termasuk salah satu negara pengguna media sosial terbanyak di dunia. Nah, dengan banyaknya orang yang menggunakan medsos, kamu dapat menggunakan jaringan ini sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis boba kamu. 

Tapi, dengan banyaknya jenis medsos sekarang. Seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya. Kira-kira medsos mana yang paling cocok untuk dimanfaatkan dalam bisnis boba?

Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Jenis-Jenis Media Sosial yang Perlu Dimanfaatkan dalam Bisnis Boba

  • Instagram 

Siapa yang tidak punya akun media sosial yang satu ini? Rasanya pasti akan sangat ketinggalan zaman, kan?

Instagram adalah salah satu platform atau jenis media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia termasuk di Indonesia. Dengan jumlah pengguna yang banyak, medsos yang satu ini tentunya punya kemampuan menjangkau audience luas. 

Karena itulah Instagram harus masuk dalam media sosial yang perlu dimanfaatkan dalam bisnis Bobamu. Kelebihan Instagram adalah platform ideal untuk merek dengan produk yang menarik secara visual.

Kamu dapat memanfaatkan fitur-fitur Instagram seperti reels, snapgram, hingga highlight untuk mempermudah pelanggan atau calon pelanggan mengenal produk minuman Boba yang kamu jual. 

Dan kalau kamu punya website penjualan Boba dan ingin meningkatkan pengunjung di website kamu bisa membawa mereka dari Instagram dengan cara menautkan link website di Bio Instagram akun bisnis Boba kamu. 

Kamu juga punya pilihan untuk memasang iklan Instagram dan dapat langsung ditautkan ke halaman produk (misalnya link toko online) atau link penjualan melalui jasa pengiriman online (Gojek, Grab, Traveloka Eats, dll).

  • Facebook 

Kebanyakan orang sekarang menganggap Facebook sebagai salah satu medsos untuk pengguna yang sudah berusia paruh baya ke atas, tapi benarkah itu?

Pamor Facebook tidak menurun, meskipun banyak anak-anak muda di Indonesia menganggap medsos yang satu ini untuk kalangan ibu-ibu dan bapak-bapak. 

Justru, ibu-ibu dan bapak-bapak inilah yang mungkin bisa saja menjadi calon pelanggan produk bobamu. Sebagai platform media sosial terbesar di dunia, bisa dikatakan kalau Facebook merupakan pilihan yang bisa diandalkan saat memutuskan tempat untuk beriklan. 

Selain memungkinkan setiap pengguna Facebook terhubung satu sama lain dan saling berbagi konten secara online, media sosial yang satu ini pun menawarkan kesempatan kepada para pengusaha untuk mengiklankan layanan dan produk mereka secara online. 

Kamu dapat menggunakan fitur-fitur Facebook seperti Toko Facebook untuk memberi pelanggan pengalaman berbelanja yang lebih lancar, mendorong lalu lintas ke toko online dan toko fisik tempat kamu berjualan Boba. 

Kamu juga dapat memasang iklan Facebook yang memungkinkan pelaku untuk menargetkan pelanggan berdasarkan lokasi, pekerjaan, minat, aktivitas masa lalu, dan lain-lain.

  • Twitter

Media sosial dengan lambang burung biru ini menjadi salah satu media sosial favorit kawula muda. Twitter telah menjadi salah satu saluran media sosial paling populer semenjak diluncurkannya pada tahun 2006.

Kalau kamu sering mendengar istilah trending, nah Twitter adalah satu-satunya media sosial dengan fitur tersebut. Kalau sudah ada satu isu trending di Twitter, biasanya semua platform media sosial akan mengikuti hashtag atau isu yang sedang ramai tersebut. 

Sama seperti Instagram dan Facebook, kamu juga bisa menggunakan fitur Iklan di Twitter. Twitter akan secara otomatis mempromosikan Tweet berisi iklan produk Boba kamu ke target audiens.

Nah, yang harus kamu lakukan adalah memilih Tweet yang dapat dipromosikan di timeline dan menentukan audiens target untuk membeli produk minuman boba kamu. 

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan platform audio milik Twitter bernama Twitter Spaces. Ini adalah fitur percakapan yang bisa kamu gunakan agar lebih dekat dengan pelanggan dan calon pelanggan. 

Keuntungan paling signifikan dari Twitter Spaces adalah munculnya perhatian dan keterlibatan tinggi dari pendengar yang ikut serta.

  • Tiktok

TikTok memang merupakan salah satu media sosial baru jika dibandingkan dengan Facebook, Instagram dan Twitter. Tetapi, TikTok mempunyai potensi besar untuk menjangkau pelanggan potensial, terutama audiens yang lebih muda.

Dalam sebuah survey, lebih dari 60% pengguna di TikTok berada dalam kelompok usia 16 dan 24 tahun; dengan tingkatkan usia maksimum adalah 34 tahun. Oleh karena itu, TikTok adalah platform terbaik untuk menangkap audiens muda.

Kekuatan TikTok berada pada video yang menarik perhatian dan mendorong kesadaran penonton akan merek suatu produk termasuk produk Boba seperti yang kamu jual.

TikTok juga merupakan salah satu platform yang sering memiliki konten konten viral. Untuk membuat suatu brand atau merek Boba milkmu viral, kamu memerlukan tema atau koneksi audiens yang kuat untuk membuatnya. 

Apalagi sekarang TikTok sudah punya fitur TikTok Shop yang bisa kamu gunakan untuk menjual dan mengenalkan produk jualanmu. Nantinya, para pelanggan atau calon pelanggan bisa membeli barangmu saat kamu live di akut Tiktok.

  • LinkedIn

Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengenal LinkedIn sebagai platform media sosial yang sifatnya formal dan untuk mencari pekerjaan professional. Padahal LinkedIn juga bisa berguna untuk membangun strategi bisnis termasuk bisnis Boba. 

Namun, tidak seperti kebanyakan platform lain, yang berfokus pada iklan B2C, sifat LinkedIn membuatnya lebih cocok untuk kampanye iklan B2B. Jadi, bisnis jasa dan bisnis produk B2B cenderung mendapatkan hasil yang lebih baik di LinkedIn daripada platform lain.

Kamu dapat menggunakan konten bersponsor dari LinkedIn. Konten ini akan menampilkan foto, video, atau carousel yang muncul dalam bentuk umpan berita LinkedIn untuk menjangkau audiens yang lebih besar.

Oke, itu tadi macam-macam media sosial yang perlu dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis Boba kamu. Jadi bagaimana, sudah siap meraup keuntungan dari strategi bisnis bermodalkan media sosial?


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Macam-Macam Jenis Media Sosial yang Perlu Dimanfaatkan dalam Bisnis Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​