Home » Strategi-bisnis » 5 Platform Online yang Sesuai untuk Bisnis Boba

5 Platform Online yang Sesuai untuk Bisnis Boba

5 Platform Online yang Sesuai untuk Bisnis Boba

Apa saja platform & media online yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis minuman boba?

Beberapa tahun belakangan ini, perkembangan media digital dan online merupakan suatu hal yang juga ditunggu-tunggu oleh para pemilik bisnis.

Pasalnya, platform & media tersebut dapat membantu membuat bisnis mereka menjadi lebih cepat berkembang.

Hampir semua jenis bisnis kini mulai beralih menggunakan media online untuk memasarkan produk mereka, loh. Tidak terkecuali untuk bisnis food & beverage seperti bisnis minuman boba.

Lantas, apa saja sih contoh platform online yang bisa bisnismu gunakan?


5 Platform Online yang Sesuai untuk Bisnis Boba

Banyaknya pilihan platform & media online yang tersedia bukan berarti kamu harus menguasai & menggunakan semuanya, ya.

Cukup gunakan yang memang bermanfaat untuk jenis bisnismu saja.

Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi platform digital & media online yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk minuman boba milikmu.

Silakan disimak!


1. Instagram

Platform pertama yang bisa kamu gunakan untuk berpromosi adalah media sosial Instagram.

Menurut banyak pakar marketing, sebuah konten yang baik & berkualitas adalah konten yang shareable, atau cukup pantas dan mudah untuk dibagikan oleh audience ke kelompok audience lainnya.

Sharable content seperti ini dapat meningkatkan jumlah audiencefollowers, dan engagement dari akun bisnis Instagram bisnismu.

Apabila kamu memiliki modal lebih, kamu pun juga bisa memanfaatkan fitur dari Instagram Ads; di mana bisnismu dapat memasang iklan yang bisa pengguna Instagram lainnya lihat.

Menariknya, kinerja iklan di Instagram ini bisa kamu evaluasi, loh.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kelompok konsumen mana yang paling tertarik terhadap produk minuman boba yang kamu jual.

Berbekal informasi tersebut, kamu bisa lebih menyesuaikan strategi pemasaran dan inovasi produk, dengan apa yang sebenarnya mayoritas konsumen butuhkan.


2. Facebook

Serupa dengan platform sebelumnya, media sosial Facebook merupakan salah satu platform yang cukup banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Maka dari itu, platform online ini pun menjadi salah satu pilihan yang cukup tepat untuk berpromosi & memasarkan produk minumanmu.

Bersama dengan media sosial Instagram, bisnismu bisa mengatur semua akun bisnis (Facebook & Instagram) tersebut melalui Meta Business Suite (sebelumnya bernama Facebook Business Manager).

Melalui menu dashboard Meta Business Suite kamu bisa mulai membuat ad accountcampaignad set, dan ad.

Di level campaign, kamu bisa menentukan objektif atau tujuan dari iklan yang akan kamu buat.

Apakah bisnismu lebih fokus ke brand awareness, meningkatkan traffic & engagement, atau malah meningkatkan jumlah pemasangan aplikasi (app install, jika bisnismu memiliki aplikasi smartphone sendiri)?

Pada level ad set, kamu perlu fokus untuk menentukan bagaimana kamu ingin iklan dijalankan.

Di sini kamu perlu menentukan jenis audience berdasarkan aspek demografis, biaya iklan, jadwal penayangan, serta pengaturan penempatan iklan (bisa di Facebook, bisa di Instagram, atau di keduanya).

Di bagian ad, kamu bisa mengatur bagaimana iklanmu ditampilkan. Mulai dari pengaturan gambar, video, teks, dan bahkan opsi call to action.

Sebuah ad account dapat memiliki hingga 5.000 campaign, dan sebuah campaign dapat memiliki hingga 5.000 ad set, serta 50 ad untuk masing-masing ad set tersebut.

Biaya iklan untuk kedua platform ini ditentukan berdasarkan CPC (cost per click) dan CPM (cost per mille).


3. GoFood

Platform online berikutnya adalah sebuah aplikasi smartphone yang dirilis oleh platform Gojek, yaitu GoFood.

Pasti kamu sudah sering sekali mendengar, atau bahkan menggunakan layanan ini, ‘kan?

Kamu bisa mendaftkarkan bisnis minumanmu ke aplikasi ini, dan mulai membuka channel penjualan di sana.

Melalui GoFood, kamu bisa lebih leluasa mengatur program promo & potongan harga yang pastinya menggiurkan untuk para konsumen.

Di samping itu, sistem penilaian atau rating score pada platform ini juga memudahkan konsumen untuk menentukan pilihan mereka.

Dengan begitu, kamu pun harus bisa menyediakan produk yang tidak hanya nikmat, tetapi juga aman dan berkualitas bagi para konsumen.

Jangan lupa pasang foto produk minuman yang jelas dan menarik agar konsumen semakin tergoda untuk membeli.


4. ShopeeFood

Platform online satu ini jelas merupakan besutan platform marketplace Shopee, dan cukup populer karena program promo & potongan harganya yang variatif.

Serupa dengan platform GoFood, kamu bisa mendaftkarkan bisnis minumanmu ke aplikasi ini, dan mulai melakukan penjualan.

Melalui ShopeeFood, kamu bisa lebih leluasa mengatur program promo & potongan harga, dan juga berinterkasi dua arah dengan para konsumen.


5. Website

Platform online terakhir yang bisa kamu gunakan adalah tentu saja sebuah website.

Jika bisnismu memiliki sebuah website resmi, tentu hal ini akan membuat bisnismu terlihat semakin kredibel dan profesional.

Website bisa kamu gunakan memperkenalkan bisnismu kepada audience atau konsumen secara keseluruhan.

Di sana, kamu bisa memasang informasi & sejarah bisnis, daftar produk yang lengkap, serta informasi kontak yang bisa dihubungi jika suatu saat ada pihak yang ingin bekerja sama atau berinvestasi.

Tautan untuk website ini bisa kamu pasang di media sosial, atau bahkan di halaman profil jasa online delivery seperti GoFood dan ShopeeFood.

Jangan lupa untuk menghubungkan website milikmu dengan Google Analytics agar dapat mengetahui detail aktivitas audience yang berkunjung ke sana.


Platform Online Mana yang Terbaik untuk Bisnis Boba?

Itulah beberapa rekomendasi online platform yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis, sekaligus meningkatkan penjualan pada bisnis minuman boba.

Mulai dari menggunakan media sosial seperti Instagram & Facebook, menggunakan layanan online delivery seperti GoFood & ShopeeFood, hingga membuat website bisnis secara profesional.

Semuanya sama-sama bermanfaat, namun pilihlah satu atau dua platform online untuk kamu coba terlebih dahulu, agar kamu bisa lebih fokus menggunakannya.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Platform Online yang Sesuai untuk Bisnis Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​