Home » Strategi-bisnis » Strategi Mendapat Testimonial Positif dari Konsumen dalam Bisnis Boba

Strategi Mendapat Testimonial Positif dari Konsumen dalam Bisnis Boba

Strategi Mendapat Testimonial Positif dari Konsumen dalam Bisnis Boba

Strategi mendapat testimonial positif dari konsumen adalah salah satu cara yang harus kamu kuasai agar produk Boba yang kamu jual makin laris. Coba kamu bayangkan, jaman sekarang berapa banyak dari kita yang ketika ingin membeli makanan atau minuman atau juga barang yang lainnya. 

Melihat dahulu rating dan komentar atau testimoni dari konsumen lain yang sudah membeli barang tersebut? Kalau banyak mendapatkan bintang lima atau penuh dengan testimonial positif, rasa ingin membeli dan rasa percaya kita terhadap produsen akan bertambah dan akhirnya kita memesan makanan/minuman atau membeli barang yang mereka jual. 

Nah, konsep seperti ini juga berlaku pada usaha kecil menengah (UMKM) yang bergerak di bidang F&B seperti menjual minuman kekinian khususnya minuman Boba. Supaya tidak bingung, ini daftar strategi agar mendapatkan testimonial positif dari konsumen kamu. 

Daftar Strategi Mendapat Testimonial Positif Dari Konsumen

  • Buat Giveaway

Strategi yang pertama adalah membuat giveaway. Ini adalah cara yang bagus untuk menarik beberapa pelanggan pertama adalah dengan membuat giveaway atau memberikan hadiah secara cuma-cuma.

Meskipun namanya cuma-cuma, kamu bisa menggunakan cara ini untuk meminta review atau testimoni kepada pelanggan atau calon pelanggan terhadap produk yang kamu jual (dalam kasus ini minuman Boba). 

Nah, misalkan kamu mau membagikan voucher minuman Boba sebesar Rp 100 ribu untuk 3 orang pemenang. Tetapi dengan syarat memberikan review atau testimoni terbaik di akun Instagram (pada kolom komentar) postingan Boba kamu. 

Bisa juga meminta komentar testimoni pada website, google atau bahkan online shop yang kamu miliki. 

Selain bisa menaikan engagement, dengan adanya testimoni positif, orang yang tadinya tidak mengenal atau masih ragu-ragu membeli minuman Boba kamu, bisa jadi berubah pikiran dan makin yakin untuk membeli.

Selain giveaway, kamu juga bisa memberikan penawaran khusus. Ini bisa datang dalam bentuk diskon (dalam waktu terbatas) kepada siapa saja yang baru membeli produk Boba milikmu. Yang perlu kamu lakukan adalah meminta mereka untuk memberikan testimoni sebagai balasannya.

Untuk mempermudah testimoni, kamu juga dapat membuatnya dalam poin-poin pertanyaan, seperti: 

  • Apakah rasa Boba merk A sesuai dengan seleramu?
  • Apa rasa/varian Boba merek A yang paling kamu sukai?
  • Apa rasa/varian Boba merek A yang paling kamu tidak sukai?
  • Apakah kamu menyukai suasana toko Boba merek A?
  • Selain Boba, menu apa yang kamu sukai di toko Boba merek A?
  • Dan lain lain…
  • Minta Review di Tempat 

Cara lain adalah meminta review atau testimoni langsung ke pelanggan yang datang ke tempat kamu berjualan Boba. Kamu juga bisa menerapkan sistem loyalitas pelanggan, dan itu dapat digunakan untuk mendapatkan testimoni dari pelanggan. 

Misalnya, dengan membuat testimoni yang positif, pelanggan akan mendapatkan poin. Kamu juga bisa membuat promosi seperti ketika poin itu sudah mencapai nilai tertentu, poin dapat ditukarkan dengan Boba gratis. 

Sebenarnya ini terkait dengan apa pun yang dapat memotivasi pelanggan kamu untuk mengambil tindakan untuk memberikan testimonial tentang betapa mereka menyukai Boba yang kamu jual. 

  • Gunakan Media Sosial

Saat mencari tempat makan atau tempat minum, kadang kita mengeceknya di Google Maps, kan? Kemudian kalau kita scroll ke bawah, maka kita akan menemui bagian ulasan dan penilaian dengan bintang dari satu hingga lima. 

Salah satu dari strategi mendapat testimonial positif dari konsumen adalah dengan menggunakan platform jejaring sosial. Tidak hanya itu, kamu juga dapat meningkatkan penjualan minuman Boba kamu dengan teknik media sosial untuk bersosialisasi secara online. 

Tidak hanya Google, Facebook juga memiliki fitur testimonial bernama tab ulasan. Orang-orang menggunakannya untuk menulis ulasan untuk perusahaan favorit dan paling tidak favorit mereka, dan segala sesuatu di antaranya.

Di sisi lain, ketika pelanggan ingin membicarakan produk yang mereka sukai, beberapa dari mereka memutuskan untuk membuat video dan mengunggahnya ke YouTube. Nah, kolom komentar Youtube dapat menjadi wadah mendapatkan testimoni positif. 

Selanjutnya, meskipun tidak ada fitur khusus di Twitter untuk ulasan pelanggan, itu tidak berarti bahwa pelanggan tidak dapat memberikan umpan balik positif tentang produk kamu. Orang-orang Twitter suka menaikan hashtag tertentu sebagai bagian dari menilai suatu barang atau jasa. 

  • Gunakan Influencer untuk Mereview Produk 

Influencer bisa menjadi salah satu strategi untuk mendapatkan testimonial positif dari konsumen. Karena dengan menggunakan influencer kamu telah membangun hubungan, kepercayaan, dan kredibilitas dengan penggemar mereka. 

Dengan membagikan konten yang berkolaborasi dengan influencer, kamu akan segera mendapatkan perhatian dari fansnya dan mereka akan mulai penasaran dengan produk Boba yang kamu jual.

Keuntungan lain menggunakan influencer adalah dapat sangat memperluas jangkauan dan posisi produk kamu secara online. Pengguna media sosial akan mulai mengetahui lebih banyak tentang merek Boba kamu, sejarah pendirian Boba, kelebihan Boba kamu dari merek Boba dan lain-lain. 

Namun, saat menggunakan strategi ini kamu harus hati-hati karena tarif influencer sangat beragam dan tidak dapat diprediksi. Influencer biasanya akan membebankan biaya tetap untuk setiap posting yang dibuat. 

Kadang-kadang, ada influencer yang bisa dibayar dengan produk gratis tapi ada juga yang mematok harga tinggi. Meskipun ada banyak cara berbeda untuk memberi kompensasi kepada influencer, mereka cenderung meminta kompensasi tetap atau pembayaran dalam bentuk uang. 

Jadi bagaimana, sudah siap untuk menerapkan strategi mendapat testimonial positif dari konsumen agar produk Boba yang kamu jual makin terkenal?


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Strategi Mendapat Testimonial Positif dari Konsumen dalam Bisnis Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​