Home » Strategi Bisnis » Cara Mudah Memulai Bisnis Nasi Goreng untuk Pemula

Cara Mudah Memulai Bisnis Nasi Goreng untuk Pemula

Pernahkah kamu terpikir untuk memulai sebuah bisnis kuliner dengan menu nasi goreng?

Nasi goreng merupakan salah satu menu andalan di Indonesia, di mana kamu akan selalu menemukan variasi menu nasi goreng di hampir seluruh tempat makan.

Mulai dari warung di pinggir jalan, hingga ke restoran mewah di pusat perbelanjaan.

Peminatnya selalu ada, dan permintaan akan menu ini tidak pernah redup.

Karena alasan inilah usaha nasi goreng bisa menjadi bisnis yang menjanjikan, dan bisa membawa banyak keuntungan.

Jika kamu tertarik untuk terjun ke dunia bisnis nasi goreng, yuk disimak ulasan berikut mengenai cara-cara mudah dalam memulai bisnis nasi goreng.

9 Cara Mudah Memulai Bisnis Nasi Goreng untuk Pemula

Nah, berikut adalah beberapa cara memulai bisnis nasi goreng yang tepat:

1. Menyiapkan modal bisnis

Setiap bisnis selalu memerlukan modal awal, termasuk bisnis nasi goreng.

Modal ini akan digunakan untuk membeli peralatan masak, membeli bahan baku untuk membuat nasi goreng, menyewa lokasi atau warung, dan lain-lain.

Untuk jumlahnya, kamu sebaiknya menentukan terlebih dahulu konsep bisnis nasi goreng seperti apa yang ingin kamu jalankan.

Apakah bisnis dengan model warung kecil, atau langsung membuka rumah makan yang lebih besar?

Semakin besar bisnis yang akan kamu buka, maka akan semakin besar pula modal yang harus kamu siapkan.

2. Memilih lokasi bisnis yang strategis

Setelah modal sudah disiapkan, hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk disiapkan adalah lokasi bisnis.

Kamu sebaiknya memilih lokasi bisnis yang cukup ramai dan aman untuk membuka bisnis nasi goreng. Contohnya seperti di pinggir jalan raya, atau di sekitar area perkantoran/kampus.

Jika tidak berada di pinggir jalan raya, pastikan tempat bisnismu mudah ditemukan oleh konsumen yang berjalan kaki, maupun yang berkendara.

3. Menyiapkan perlengkapan bisnis nasi goreng

Karena bisnis yang akan kamu buka adalah bisnis nasi goreng, maka kamu harus mempunyai peralatan dan perlengkapan untuk memasaknya.

Persiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk memasak nasi goreng seperti kompor, tabung gas, wajan, dan peralatan pendukung lainnya.

Jika kamu menyediakan layanan makan di tempat, jangan lupa untuk menyiapkan alat-alat makan seperti piring, sendok, garpu, dan gelas.

Untuk menekan pengeluaran di awal, saat memulai bisnis nasi goreng mungkin kamu bisa memakai peralatan dan perlengkapan memasak yang ada di rumah terlebih dahulu.

4. Menggunakan bahan baku berkualitas

Setelah peralatan sudah siap, selanjutnya pastikan untuk selalu memakai bahan memasak yang berkualitas.

Masakan yang enak sudah pasti selalu diawali dengan bahan yang kualitasnya baik, dan karena itulah saat ingin membuka bisnis nasi goreng, pastikan untuk memakai bahan dengan kualitas baik, serta aman untuk dikonsumsi.

Ingat, kenyamanan dan keselamatan konsumen harus jadi prioritas kamu, ya.

5. Memastikan kualitas dan rasa nasi goreng sesuai harapan konsumen

Nasi goreng ada banyak sekali macamnya, dan untuk bisnis nasi goreng yang akan kamu buka sebaiknya disesuaikan dengan selera target konsumen kamu.

Cobalah memasak berbagai resep nasi goreng terlebih dahulu, dan tawarkan kepada orang-orang sekitar. Kemudian kamu bisa tanya pendapat mereka.

Dari informasi yang kamu dapat, kamu bisa menentukan komposisi bahan baku dan masakan mana yang paling cocok di lidah kebanyakan orang.

Dengan begitu kamu bisa menemukan rasa nasi goreng yang seperti apa yang paling sesuai dengan selera konsumen.

6. Menentukan harga yang kompetitif

Nasi gorengmu ternyata enak, dan disukai orang banyak. Namun, jika harganya masih terbilang mahal, banyak konsumen yang mungkin akan sesekali saja membeli masakanmu.

Kamu bisa melakukan riset mengenai harga, tanyakan kepada konsumen langsung dan juga lakukan observasi terhadap para kompetitor.

Dari informasi yang kamu dapat, kamu bisa membandingkan harga-harga tersebut dengan biaya produksi dan operasional.

Dengan begitu, kamu akan bisa menentukan harga jual nasi goreng yang pas untuk para konsumen, dan masih menguntungkan untuk bisnismu.

7. Melakukan promosi dan pemasaran

Pada tahap awal, kamu bisa menggunakan media sosial untuk berpromosi dan beriklan. Misalnya seperti melalui layanan chat WhatsApp, dan juga media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan YouTube.

Melalui media sosial juga, kamu dapat berinteraksi tidak hanya dengan calon konsumen di sekitar lokasi, namun juga calon konsumen lain yang berada jauh dari lokasi bisnismu.

8. Memberikan pelayanan terbaik dan personal kepada konsumen

Kamu juga bisa memberikan pembeda antara bisnismu dengan bisnis nasi goreng yang lain, melalui pelayanan yang prima.

Caranya cukup mudah, jalinlah hubungan yang baik dengan para konsumen. Responlah pertanyaan-pertanyaan mereka, dan selalu sigap dalam mengatasi keluhan-keluhan yang ada.

9. Mempersiapkan tenaga kerja tambahan

Jika nantinya bisnis nasi goreng milikmu sudah mulai ramai dengan pesanan konsumen, ada baiknya jika kamu mempekerjakan pegawai lain untuk membantu.

Jangan lupa untuk melatih tenaga tambahan tersebut, ya.

Pastikan kualitas pelayanan yang mereka berikan kepada para konsumen, setara dengan pelayanan yang telah kamu berikan sendiri sebelumnya.

Dengan mempekerjakan pegawai dan membentuk tim yang tepat, bisnis nasi goreng kamu dijamin akan mendapatkan image yang baik, serta dipastikan tumbuh dengan pesat.

. . .

Sudah Siap untuk Memulai Bisnis Nasi Goreng Milikmu?

Itu tadi beberapa cara memulai bisnis nasi goreng yang bisa segera kamu terapkan.

Jangan terburu-buru, ya. Matangkan dulu tahap perencanaan dan perhitungan modal, sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk membuka bisnis nasi goreng.

Pastikan juga bahwa kenyamanan dan keselamatan konsumen adalah prioritas dari bisnis nasi goreng milikmu.

Selamat mencoba!


Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​