Home » Strategi Bisnis » Strategi Mendapatkan Bahan Baku Pakaian Anak yang Berkualitas

Strategi Mendapatkan Bahan Baku Pakaian Anak yang Berkualitas

Memilih bahan baku berkualitas adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh para pemilik bisnis pakaian anak. Karena dengan bahan baku yang berkualitas, maka pakaian-pakaian anak yang sudah diproduksi pun akan terjamin kualitasnya sampai di tangan pelanggan.

Sayangnya, tidak semua pemilik bisnis tahu bagaimana cara atau strategi mendapatkan bahan baku pakaian anak yang berkualitas. Jika kamu juga masih bingung seperti apa mendapatkan bahan baku yang berkualitas, simak strateginya hanya di artikel ini, yuk!

Strategi Mendapatkan Bahan Baku Pakaian Anak Berkualitas

Agar mendapatkan bahan baku yang berkualitas, kamu harus menerapkan berbagai macam strategi khusus. Selain bertujuan untuk mendapatkan bahan baku pakaian anak yang berkualitas, strategi-strategi tersebut nantinya juga bisa membuat bisnis pakaian anak milikmu berkembang dan sukses. Berikut strateginya:

Pilih Jenis Bahan Baku

Strategi pertama adalah menentukan jenis bahan baku atau kain yang akan kamu gunakan untuk memproduksi pakaian anak. Umumnya pakaian anak lebih mengutamakan kenyamanan saat digunakan.

Ada beberapa tips yang bisa kamu jadikan sebagai acuan saat memilih kain bahan pakaian anak yang nyaman saat digunakan. Tips tersebut antara lain:

  • Breathability: Pastikan kain yang kamu gunakan memiliki kemampuan menyerap udara yang baik atau breathability. Jenis kain yang memiliki daya serap udara cukup baik antara lain wool, linen, dan rayon.
  • Lembut: Kain yang lembut di kulit juga membuat anak-anak merasa nyaman saat memakainya. Jenis kain yang memiliki serat bagus dan nyaman di kulit adalah sutra, katun, flannel, linen, jersey, satin, chiffon, dan rayon.
  • Tidak Mudah Berkerut: Kenyamanan kain untuk pakaian anak berikutnya juga ditentukan oleh ketahanan terhadap kerutan. Kain yang tidak mudah berkerut antara lain flannel, jersey, denim, chiffon, wool, dan nylon.
  • Sesuaikan Fungsinya: Misalnya, untuk pakaian musim dingin seperti jaket atau sweater menggunakan kain jenis nylon, satin, velvet, flannel, dan polyester. Sedangkan untuk pakaian musim kemarau harus menggunakan jenis kain yang tipis dan mudah menyerap keringat, seperti sutra, linen, katun, dan chiffon.

Pilih Supplier yang Tepat

Setelah menentukan jenis-jenis kain apa saja yang akan kamu gunakan untuk memproduksi pakaian anak, maka strategi berikutnya adalah memilih supplier yang menyediakan bahan baku yang kamu butuhkan.

Supplier atau pemasok bahan baku adalah bagian penting dalam mendapatkan kain-kain berkualitas untuk pakaian anak. Namun, dalam menentukan supplier yang tepat tentu saja membutuhkan banyak pertimbangan.

Pertimbangan pertama dalam memilih supplier atau distributor pertama adalah memastikan bahan baku tersebut berkualitas dan harganya tidak terlalu mahal. Contoh supplier kain yang bisa kamu pilih, yakni Knitto Tekstil, Kain.id, atau atau Fabriku.

Cara melihat berkualitas atau tidaknya bahan baku tersebut adalah datang ke tempatnya langsung. Lihatlah jenis-jenis kain yang kamu butuhkan dengan meraba permukaan kain, melihat serat-serat kainnya, dan memastikan warna kainnya tidak luntur atau kotor.

Usahakan membeli bahan baku pakaian anak hanya pada satu supplier agar mendapatkan potongan harga. Yup, dengan membeli banyak jenis kain tentu saja pihak supplier akan memberikan potongan harga supaya kamu terus berlangganan dengan mereka.

Potongan harga ini akan mengurangi biaya pengeluaran, sehingga sisa biaya pengeluaran bisa disimpan atau digunakan untuk keperluan lainnya, seperti merawat mesin jahit dan lain sebagainya.

Langkah kedua saat memilih supplier yang tepat adalah melihat track record-nya selama menjalankan bisnis. Perjalanan mereka bisa kamu cari tahu di internet atau dengan meninjau langsung lokasi supplier berada.

Ciri-ciri supplier yang memiliki track record bagus dan bertanggung jawab pasti akan memberikan pelayanan terbaik dan memastikan bahan baku pakaian anak tetap terjaga dengan baik selama dalam perjalanan.

Demi meyakinkan pelanggan, biasanya pihak supplier bahan baku pakaian anak tersebut akan memberikan garansi selama proses pengiriman. Adanya garansi ini, kamu bisa mengembalikan kain-kain yang rusak atau cacat dan diganti dengan yang baru.

Update Perkembangan Pasar

Meski sudah memiliki supplier terpercaya, tidak ada salahnya untuk terus update seputar perkembangan pasar, lho. Hal ini bertujuan agar pakaian-pakaian anak yang kamu produksi semakin berkualitas dan diminati banyak orang.

Perkembangan pasar tidak hanya terjadi pada model pakaian, tetapi juga keberadaan bahan baku yang semakin baik. Contohnya bahan baku yang bisa didaur ulang atau mudah terurai.

Bahan baku tersebut juga disebut dengan kain sustainable yang biasanya terbuat dari serat alami. Misalnya kain katun organik seharga Rp 128 ribu per meter, kain sutra Rp 190 ribu per meter, atau wool Rp 650.000 per meter. Kain sustainable ini selain nyaman, juga aman digunakan oleh anak-anak yang kulitnya rentan sensitif.

Selain bahannya, kamu juga harus memperhatikan pewarna yang digunakan. Demi keamanan anak-anak, tidak ada salahnya untuk memilih kain yang menggunakan pewarna alami.

Pewarna alami tersebut biasanya diambil dari ekstrak tumbuhan seperti buah, daun, akar, biji, bunga, hingga kulit kayu. Bahan pewarna alami tersebut tentu lebih aman untuk kulit anak-anak. Tidak perlu khawatir akan kualitas warnanya karena bahan pewarna alami memiliki rentang warna lebih tajam dan luas.

Yuk, Dapatkan Bahan Baku Berkualitas Sekarang Juga!

Itulah tiga strategi mendapatkan bahan baku berkualitas untuk bisnis pakaian anak yang kamu kelola saat ini. Tunggu apalagi? Yuk, dapatkan bahan baku berkualitas sekarang juga!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​