Sukses Berbisnis Pakaian Anak, Brand Ini Patut Kamu Tiru

Salah satu tips menjalankan bisnis pakaian anak adalah menganalisis brand yang telah meraih sukses terlebih dahulu. Karena berbisnis pakaian anak bisa dibilang cukup ‘tricky’, sebab target pasarmu bukanlah sang anak, tetapi orang tuanya.

Hal ini pun menjadi tantangan, karena kamu harus membuat produk yang tidak hanya bagus untuk digunakan oleh sang anak. Tetapi juga bisa menarik perhatian orang tua agar membeli produk kamu.

Brand Pakaian Anak Sukses yang Patut Kamu Tiru

Kamu masih pemula dalam bisnis pakaian anak? Cobalah untuk belajar dari berbagai brand pakaian anak yang ada saat ini. Inilah kisah sukses brand pakaian anak yang patut ditiru:

1. Mac Bear

Mac Bear adalah salah satu brand pakaian anak Indonesia yang menyediakan berbagai jenis pakaian untuk anak mulai dari usia 0 bulan sampai dengan 12 tahun. Target pasar brand ini adalah dari kalangan menengah ke bawah, dengan harga pakaian di bawah Rp 100 ribuan.

Brand ini juga melakukan interaksi yang cukup baik dengan customernya di akun Instagram. Mereka kerap membagikan fakta-fakta menarik seputar anak serta melakukan giveaway.

Hal ini tentunya menarik perhatian para orang tua untuk mengikuti akun Instagram brand ini dan membeli produknya sewaktu-waktu. Selain itu, brand ini juga memberikan kemudahan dalam membeli produknya dengan pembelian melalui e-commerce.

2. Little X Eight

Brand ini menargetkan pasar di berbagai kalangan dengan variasi harga mulai dari Rp 30 ribuan hingga Rp 500 ribuan. Kualitas produk ini pun tidak perlu diragukan lagi. Little X Eight menyediakan pakaian anak mulai dari usia 3 bulan sampai dengan 14 tahun.

Produk ini mengusung slogan #detailsmatter, yang berarti produknya berfokus pada detail-detail kecil. Misalnya jahitan, potongan pakaian, hingga model pakaian yang pastinya membuat para orang tua ingin membeli pakaian tersebut.

Brand Little X Eight juga mampu menjangkau customer yang lebih luas dengan tidak hanya berjualan melalui sosial media saja. Tetapi juga melalui toko fisik yang tersebar di berbagai kota seperti Jakarta, Makassar, Palembang, hingga Jayapura.

3. Boho Panna

Boho Panna adalah brand pakaian anak asal Indonesia yang sudah mendunia. Brand ini bisa kamu temui di berbagai negara, seperti Eropa, United Kingdom, Singapore, Malaysia, dan tentunya Indonesia. Kualitas dari pakaian ini tentu tidak perlu diragukan lagi.

Brand pakaian anak ini diciptakan oleh Devy Natali dan Irene Kristi pada tahun 2017. Kala itu, Devy sedang mengandung anak pertama. Ia mengakui, kala itu cukup sulit menemukan pakaian bayi berkualitas dan modis. Oleh karena itu, ia pun menciptakan brand pakaian bayi sendiri yang diberi nama Boho Panna.

Brand ini menyediakan berbagai pakaian anak yang fashionable dengan desain yang unik dan menarik khas anak-anak. Pakaian dari brand ini juga terbuat dari bahan berkualitas yang dapat menyerap keringat, sehingga cocok untuk anak-anak yang aktif bergerak.

Harga yang ditawarkan untuk brand ini pun cukup affordable, yakni mulai dari Rp 50 ribu sampai dengan Rp 300 ribuan saja. Pakaian yang disediakan pun cukup beragam, mulai dari pakaian anak usia 0 bulan sampai dengan 10 tahun.

4. CUIT Baby & Family Wear

Salah satu keunikan brand ini adalah menyediakan pakaian antimicrobial yang diklaim bisa menangkal virus. Hal ini tentunya menarik banyak pelanggan, terutama para orang tua yang khawatir dengan virus dan bakteri yang bisa menjangkit anak-anak mereka.

Pakaian ini juga memiliki sertifikasi organik yang mana bahan pakaian mereka terbuat dari bahan-bahan organik dan baik untuk keberlangsungan alam. 

Brand ini bahkan mengedepankan slogan #cintauntukbumi yang memberi kesan bahwa customer mencintai bumi dan menjaga keberlangsungan bumi jika membeli produk CUIT.

Ini adalah salah satu langkah yang sangat baik untuk CUIT. Karena mampu membuat diferensiasi produk serta menjawab kebutuhan konsumen terutama di masa endemik seperti saat ini. Selain itu, juga sebagai solusi dari isu kerusakan lingkungan yang salah satunya diakibatkan oleh limbah industri fashion.

Menariknya lagi, CUIT tidak hanya menyediakan pakaian anak, CUIT juga menyediakan pakaian untuk keluarga. Hal ini tentunya menjawab kebutuhan customer yang ingin memiliki pakaian seragam dengan seluruh anggota keluarga.

5. Libby Baby

Libby Baby adalah brand pakaian khusus untuk bayi dan balita. Jika brand-brand sebelumnya banyak menawarkan pakaian yang modis dan fashionable untuk bayi, Libby Baby justru memberikan model pakaian yang simpel dan casual untuk anak-anak.

Libby Baby mengklaim bahwa pakaian yang mereka jual aman dan nyaman untuk bayi, sehingga model yang ditawarkan pun cenderung simpel. Berupa kaos, celana, dan dress yang polos, maupun memiliki motif khas anak-anak.

Hal ini pun menjadi diferensiasi yang unik bagi Libby Baby. Karena, di tengah-tengah persaingan brand pakaian anak yang memberikan beragam model unik, ia justru memberikan model pakaian yang cenderung “back to basic”. 

Model pakaian ini pun akan disukai oleh orang tua yang lebih suka tampilan simpel dan kasual untuk anak mereka.

Yuk, Buat Brand Pakaian Anak Kamu Menjadi Sukses!

Persaingan dalam brand pakaian anak saat ini sudah mulai ketat. Jika kamu ingin memiliki brand pakaian anak sendiri, ingatlah untuk menonjolkan keunikan serta diferensiasi dari brand yang kamu miliki dibanding kompetitor.

Beberapa contoh brand pakaian anak di atas mungkin bisa kamu tiru untuk menciptakan sebuah brand pakaian anak yang sukses.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Artikel Terkait

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​