Home » Strategi Bisnis » Wajib Tahu! Ini Cara Branding Bisnis Pembuatan Website

Wajib Tahu! Ini Cara Branding Bisnis Pembuatan Website

Bagaimana cara memulai branding yang baik dan tepat sasaran pada sebuah bisnis pembuatan website?

Di masa yang serba digital dan online seperti sekarang ini, memiliki website bagi sebuah bisnis adalah suatu keharusan.

Hal ini seringkali bertujuan untuk memudahkan konsumen mendapatkan informasi tentang bisnis tersebut, sekaligus untuk menunjukkan bahwa bisnis tersebut dikelola secara profesional.

Jika kamu memiliki rencana untuk membuat sebuah bisnis yang menyediakan layanan pembuatan website, tentu saja akan banyak bisnis lain yang membutuhkan bantuanmu.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk membangun branding bisnis pembuatan website yang kamu miliki?

Apakah serupa dengan bisnis lain, atau ada yang berbeda?

Cara Jitu untuk Membangun Branding Bisnis Pembuatan Website

Bagi kamu yang baru saja merintis bisnis pembuatan website, mungkin masih bingung bagaimana cara yang efisien untuk membangun branding, dan memperkenalkan bisnis ke masyarakat.

Nah, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan agar bisnis pembuatan website yang kamu miliki cepat dikenal, dan mendatangkan lebih banyak konsumen dalam waktu singkat.

Silakan disimak!


1. Membuat website bisnis

Langkah pertama untuk membuat branding bisnismu makin dikenal adalah dengan membuat konsep bisnis, logo, dan tentu saja membuat website bisnis.

Konsep bisnis dan branding, serta logo, biasanya sudah kamu tentukan dari awal. Sedangkan untuk website bisnis bisa kamu buat setelahnya.

Ini cukup penting, karena produk bisnismu adalah pembuatan website; dengan memiliki website bisnis yang baik dan responsif, tentu ini menjadi semacam portfolio untuk bisnismu.

Tentu akan terlihat tidak meyakinkan bagi konsumen, jika bisnis pembuatan website milikmu malah tidak memiliki sebuah website sendiri.

Buatlah sebuah website profesional yang mencakup semua informasi dasar mengenai bisnismu; mulai dari nama bisnis, alamat dan nomor kontak, serta jenis produk pembuatan website dan harga-harganya.

Jangan lupa pastikan juga website tersebut bisa diakses oleh siapa saja, ya.


2. Menggunakan media sosial untuk promosi

Selain memiliki website resmi, bisnis pembuatan website milikmu juga perlu menunjukkan brand melalui penggunaan media sosial.

Contohnya, seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan Tiktok. Kamu bahkan juga bisa membuat halaman bisnis pada LinkedIn, lho.

Gunakan beragam media sosial tersebut untuk berpromosi dan beriklan, serta berinteraksi dua arah dengan para konsumen.

Di Instagram, Facebook, dan Tiktok, kamu bisa mengunggah konten-konten menarik (foto/gambar dan video pendek) seputar dunia pembuatan website.

Sedangkan di YouTube, kamu bisa mengunggah video-video tutorial teknis seputar pembuatan website,  dan informasi-informasi lainnya.

Jika bisnismu memiliki lokasi fisik atau toko offline untuk konsumen berkonsultasi, sebaiknya daftarkan juga bisnismu pada Google Business Profile.

Hal ini bertujuan agar nantinya lokasi tersebut lebih mudah ditemukan oleh konsumen.

Jangan lupa cantumkan nomor layanan chat (WhatsApp, Telegram) dan juga alamat e-mail yang jelas pada tiap akun media sosial tersebut, ya.


3. Melakukan networking

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memperkenalkan brand bisnis pembuatan website adalah dengan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan publik untuk menjalin networking.

Ya, menjalin networking yang luas adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Terutama pada bisnis pembuatan website yang baru dirintis.

Kamu bisa bergabung pada komunitas-komunitas web developerdigital marketing, SEO, hingga ke forum-forum bisnis digital dan konvensional.

Hal ini diperlukan agar kamu semakin mengenal banyak orang yang mungkin menjadi konsumenmu nantinya.

Berkenalanlah dengan siapa saja, dan gunakan momen tersebut untuk saling bertukar pikiran sekaligus memperkenalkan bisnis pembuatan website milikmu.

Jika kamu memiliki kartu nama, sebaiknya kamu siapkan juga untuk dibagikan pada acara-acara tersebut. Kamu juga bisa membagikan brosur yang berisi informasi tentang bisnismu.


Pentingnya Melakukan Branding pada Bisnis Pembuatan Website

Itulah beberapa cara mudah dan efisien yang bisa kamu segera terapkan, untuk mengembangkan & memperkenalkan branding dari bisnis pembuatan website yang kamu miliki.

Mulai dari pembuatan website resmi, penggunaan media sosial, hingga aktif dalam acara-acara publik untuk memperluas networking.

Hal-hal tersebut terbukti ampuh untuk membuat bisnismu semakin dikenal orang luas, dan juga oleh orang-orang yang berpotensi menjadi konsumenmu nantinya.

Selamat mencoba!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​